United E-Motor T1800, Motor Listrik 27 Jutaan dari Merek Sepeda!

United E-Motor T1800, Motor Listrik 27 Jutaan dari Merek Sepeda!
0  komentar

AutonetMagz.com – Bagi mereka yang senang menggowes sepeda tiap ada kesempatan, pasti tak asing dengan merek sepeda United. Nah, sekarang United sudah resmi menjual motor listrik untuk digunakan oleh masyarakat dan sudah ber-STNK dan resmi memakai plat nomor khusus kendaraan listrik. Ingat, ini motor listrik ya, bukan sepeda listrik, dia tak ada pedal untuk kita menggowes. Nah, perkenalkan, motor ini adalah United E-Motor T1800.

Hari ini kami meluncurkan roda dua motor listrik bagi masyarakat Indonesia yang menghendaki sebuah kendaraan listrik yang stylish, futuristik dan ramah lingkungan, yang sekaligus menjadi komitmen kami dalam mendukung “Program Langit Biru” dari pemerintah Indonesia,” ujar Henry Mulyadi, Direktur PT Terang Dunia Internusa (TDI) selaku produsen United. Motor ini kini dijual dengan harga 27 juta Rupiah untuk harga OTR Jakarta.

Motor ini memiliki penampilan mirip Yamaha Nmax generasi sebelumnya, hanya saja ukurannya memang agak kecil. Lampu depan belakang sudah LED, namun tidak memakai auto on headlamp. Peleknya berukuran 12 inci dan ia pakai rem cakram di depan dan belakang, meski sebenarnya motor listrik harusnya bisa regenerative braking karena memang itu bakat alami kendaraan bermesin listrik, jadi mungkin rem cakram belakang akan jarang terpakai.

Karena kendaraan listrik tidak menghasilkan suara, United T1800 ini punya speaker yang bisa mengeluarkan suara palsu. Nama modenya “Racer Sound Mode” tapi karena namanya juga suara artifisial, saat mendengarnya lebih mirip mendengan Beat knalpot “Mbeeerrr” bergaya Cyberpunk. Selain untuk suara palsu, speaker ini bisa juga dipakai untuk mendengarkan radio atau musik melalui Bluetooth.

Motor listrik ini punya baterai 60V 28Ah yang saat penuh, bisa membawa motor ini sejauh 65 km sebelum harus di-charge lagi di rumah. Pengisian dayanya hanya 4 jam saja dan hanya memakan biaya sekitar 2.700 Rupiah. Murah ya? Oh ya, motor ini punya 3 mode berkendara, ada mode 1 yang kecepatannya dibatasi hingga 50 km/jam, mode 2 di 60 km/jam dan mode 3 di 70 km/jam. Ya, top speed motor ini maksimal 70 km/jam, tapi cukup lah dalam kota. Mau ngebut ke mana toh?

Itu semua berkat performa dari motor listrik buatan BOSCH berspesifikasi 60V 1800W dengan rated speed 620 rpm, torsi 27 Nm dan tenaga 1.800 watt. Motor United T1800 ini punya bagasi yang standar, tidak bisa dipakai untuk menyimpan helm namun masih bisa untuk menyimpan jas hujan. Ergonomi duduk sebagai rider pun oke, kaki tidak dingklik-dingklik amat untuk rider setinggi 178 cm, penumpang belakang juga dapat pegangan tangan di belakang motor.

Selain rangka motor yang digaransi selama 5 tahun, bagian lain dari motor (baterai, motor dll.) digaransi secara resmi oleh United selama 1 tahun. Dengan target penjualan 500 unit per bulan, untuk saat ini pelayanan penjualan dan purnajual United E-Motor T1800 tersedia di wilayah Jadetabek (Jakarta, Depok, Tangerang, dan Bekasi), sedangkan untuk wilayah lain di seluruh Indonesia tengah dipersiapkan. Apa opinimu? Sampaikan di kolom komentar!

Read Prev:
Read Next: