All New Honda PCX 160 & Hybrid Rilis di Thailand, Mulai 40 Jutaan!

by  in Berita&Honda&International
All New Honda PCX 160 & Hybrid Rilis di Thailand, Mulai 40 Jutaan!
0  komentar

AutonetMagz.com – Akhirnya, setelah cukup lama dinantikan, Honda menghadirkan generasi terbaru dari Honda PCX untuk pasar Asia Tenggara. Dan seperti biasa, pasar Thailand menjadi yang pertama menikmati All New Honda PCX. Nah, sesuai dengan gosip yang sudah beredar sebelumnya, All New Honda PCX hadir dalam 2 pilihan utama yaitu All New Honda PCX bermesin 160cc dan juga All New Honda PCX e:HEV alias versi hybrid. Yuk kita bahas.

All New Honda PCX 160

Oke, kita mulai dengan model yang pastinya akan lebih banyak diminati, yaitu All New Honda PCX 160. Sebenarnya, angka 160 disini adalah pembulatan ke atas untuk mesin baru PCX. Kini, All New Honda PCX 160 memanfaatkan mesin 157cc 4 katup dengan teknologi eSP+.All New Honda PCX hadir dengan rangka baru dan dilengkapi juga dengan tambahan fitur HSTC (Honda Selectable Torque Control). FYI, HSTC sendiri sejatinya adalah traction control yang mencegah ban belakang selip. Fitur serupa juga sudah kita temukan di rival abadinya, Yamaha N-Max.

Nah, untuk sistem pengereman, All New Honda PCX 160 masih mengandalkan dual cakram depan dan belakang dengan ABS dual channel. Honda juga mengklaim bahwa suspensi belakang All New Honda PCX 160 sudah disempurnakan sehingga menghasilkan bantingan yang lebih empuk. Untuk kelengkapan fiturnya, All New Honda PCX 160 dibekali lampu LED depan dan belakang, bagasi 30 liter yang cukup untuk helm full face dengan stopper, Honda smart key dengan mekanisme keyless, USB Power Socket yang sudah Type C, dan panel instrumen full digital dengan model negatif.

Secara desain, sebenarnya All New Honda PCX 160 tampil tidak terlalu jauh dari generasi sebelumnya. Honda nampak memberikan revisi pada bentuk lampu depan dan belakangnya. Selain itu, detail lain seperti bentuk knalpot, velg, dan lekukan di bodynya juga diberikan penyegaran. Oiya, kaki – kaki mobil ini juga ‘belang’ dengan profil 110/70 R14 di depan dan 130/70 R13 di belakang. Sayangnya, AP Honda Thailand tidak mencantumkan berapa keluaran tenaga dan torsi maksimalnya. Hanya ada ukuran bore x stroke di angka 60 x 55,5 dan kompresi 12:1. Dimensinya 742mm x 1,935mm x 1,108mm dengan tinggi jok 764mm dan bobot 129 kg hingga 131 kg tergantung tipe.

All New Honda PCX e:HEV

Nah, selain All New Honda PCX 160, pihak Honda Thailand juga memperkenalkan All New Honda PCX e:HEV. Sebenarnya, varian ini adalah kelanjutan dari Honda PCX Hybrid yang sempat diperkenalkan beberapa tahun lalu. Kini, Honda menyeragamkan penggunaan nama e:HEV untuk line uphybrid mereka, baik roda 2 maupun roda 4. Secara spesifikasi, All New Honda PCX e:HEV masih sama dengan All New Honda PCX 160, hanya saja kini ditambah dengan motor listrik AC dan baterai lithium ion.

Nah, versi e:HEV ini juga dibekali dengan 2 mode berkendara yaitu D (Normal), dan S (Sport). Oiya, All New Honda PCX e:HEV versi Thailand ini berbeda dengan versi Jepang. Di Jepang, varian e:HEV dari All New Honda PCX ditandemkan dengan mesin 125cc. Sedangkan di Thailand mengandalkan mesin 160cc, jadi jelas tenaga yang dihasilkan keduanya juga berbeda.

Harga Mulai 40 Jutaan!

Yang menarik, harga jual dari All New Honda PCX terbilang cukup tinggi. All New Honda PCX 160 dipasarkan dalam 2 opsi yaitu Standard Version, dan ABS Version. Untuk All New Honda PCX 160 versi Standard diharga 85.900 Baht atau setara 40 jutaan Rupiah, sedangkan untuk ABS Version dihargai 91.900 Baht atau setara dengan 42,8 jutaan Rupiah. Untuk All New Honda PCX e:HEV, pihak AP Honda memasarkan motor ini dengan banderol 107.500 Baht atau setara dengan 50 jutaan Rupiah. Oiya, ada juga varian spesial dari All New Honda PCX 160 yaitu versi Custom dengan aksesoris H2C yang terbatas hanya 900 unit dengan harga 98.300 Baht atau setara 45,7 jutaan Rupiah.

Jadi, bagaimana menurut kalian? Btw, Astra Honda Motor (AHM) telah mengirimkan undangan kepada kami berupa virtual launching di tanggal 12 Januari mendatang. Akankah All New Honda PCX 160 dirilis di tanggal itu? Kita tunggu saja.

Read Prev:
Read Next: