Porsche Ingin Pertahankan Mesin Naturally Aspirated

Porsche Ingin Pertahankan Mesin Naturally Aspirated
0  komentar

Autonetmagz.com – Memasuki dekade baru ini, mesin-mesin berkapasitas besar bertipe Naturally Aspirated merupakan spesies yang mulai punah. Banyak manufaktur sudah bertransisi menggunakan mesin hybrid atau pindah ke teknologi listrik dan downsizing dengan menambah Turbocharged atau supercharged. Tapi ditengah masa transisi ini, masih ada beberapa manufaktur yang ingin mempertahankan mesin old school tersebut, salah satu diantaranya adalah Porsche.

Lebih tepatnya, Porsche ingin mempertahankan mesin Naturally Aspirated atau NA mereka setidaknya untuk 10 tahun kedepan. Sejak berdiri, pabrikan asal Stuttgart, Jerman ini terkenal dengan mesin-mesin flat six dan flat four mereka yang Naturally Aspirated. Tapi dengan ketatnya regulasi emisi di Eropa, beberapa model Porsche sudah mulai menggunakan turbocharger seperti Porsche Boxster, Porsche Cayman dan sebagian dari lineup Porsche 911 mereka. Namun, masih ada beberapa yang menyimpan DNA Naturally Aspirated-nya seperti Porsche Cayman GT4, Porsche Boxster Spyder dan generasi 992 terbaru dari Porsche 911 GT3 serta Porsche 911 GT3RS.

Frank-Steffan Walliser, selaku Kepala Direksi Program Porsche 911 dan Porsche 718 Cayman menjelaskan dalam wawancara bersama Autocar bahwa Porsche sangat termotivasi untuk mempertahankan mesin NA mereka, walaupun akhirnya mereka harus menggabungkannya dengan teknologi hybrid. Beliau menambahkan kalau ciri khas mesin NA yang high revving dan torsi bawah dari motor listrik merupakan kombinasi yang menarik. Bicara soal hybrid, Porsche sendiri sudah memperlihatkan rencana mereka untuk masa depan dengan program mobil listrik dan hybrid. Porsche berinvestasi sebesar 10,8 miliar dollar untuk merombak lineup mobil mereka menjadi hybrid dan listrik.

Lantas, menurut kalkulasi Porsche, pada tahun 2025 penjualan mobil PHEV (Plug In Hybrid Electric Vehicle) dan mobil listrik akan mengakomodir setengah dari seluruh penjualan mereka. Untuk sekarang kita belum tahu pasti kapan Porsche akan perkenalkan teknologi hybrid kedalam mobil-mobil mereka. Beberapa rumor menyatakan kalau Porsche 911 akan menggunakan teknologi hybrid dalam waktu dekat tapi itu pun tidak pasti. Porsche mengatakan kalau model legendaris mereka tersebut belum siap menggunakan hybrid karena berat baterainya akan berdampak pada bobot dan performa mobilnya.

Menurut kalian bagaimana? Akankah era baru Porsche ini menarik atau kalian lebih memilih mesin NA mereka? Tulis di kolom komentar dibawah ya.

Read Prev:
Read Next: