Resmi Dijual, Pemilik Nissan Leaf Dapat Diskon Listrik 30 Persen!

Resmi Dijual, Pemilik Nissan Leaf Dapat Diskon Listrik 30 Persen!
0  komentar

AutonetMagz.com – Beberapa minggu yang lalu, akun Instagram Nissan Indonesia menyatakan bahwa akan ada mobil listrik Nissan yang dijual secara resmi di Indonesia. Hari ini (18/8), kehadiran Nissan Leaf sebagai mobil listrik murni merek Jepang pertama yang dijual bebas di Indonesia sudah sah. Kemarin Nissan sudah membuka pemesanan khusus untuk mobil listrik Nissan ini, dan saat itu pun harganya sudah diumumkan.

Harga Nissan Leaf sendiri disebutkan mulai 649 juta, sudah termasuk wallbox untuk mengisi baterai di rumah. Setelah diluncurkan resmi pun harganya tidak berubah, Nissan Leaf tetap dijual seharga 649 juta Rupiah untuk bodi single tone dan 651 juta Rupiah untuk bodi two tone, keduanya harga on the road (OTR) Jakarta. Apa saja bekal Nissan Leaf untuk bisa membuat kelas mobil listrik di Indonesia semakin menarik?

Jarak Tempuh Hingga 311 Kilometer

Baterai Nissan Leaf berjenis lithium-ion dengan kapasitas 40 kWh dan pendingin kipas. Baterai ini memberi tenaga ke motor listrik di roda depan sebesar 150 PS dan torsi 320 Nm. Akselerasi 0-100 bisa sekitar 7,9 detik dan kecepatan puncaknya diklaim mencapai 155 km/jam, meski terakhir kali kami mencobanya kecepatan tertinggi baru sampai 144 km/jam. Saat baterai penuh, Nissan Leaf disebutkan dapat berjalan sejauh 311 km menurut tes NEDC.

Mengenai garansi, Nissan Leaf mendapatkan garansi kendaraan selama 3 tahun atau 100.000 km, jaminan untuk baterai selama 8 tahun atau 160.000 km serta bebas biaya perawatan selama 5 tahun atau 70.000 km. Ini berarti, misalnya anda beli Nissan Leaf dan 3 tahun kemudian dijual, pemilik selanjutnya juga tetap bisa menikmati jaminan baterai dan biaya servis meski jaminan kendaraan sudah habis.

Mengisi Baterai Nissan Leaf Bisa Dapat Diskon PLN

Seperti mobil listrik lainnya, terdapat macam-macam metode ketika ingin men-charge baterai Nissan Leaf ini. Jika memakai portable charger standarnya, Nissan Leaf dapat diisi daya dengan kekuatan hingga 3,3 kW yang memungkinkan baterai dapat terisi penuh dalam waktu 12 hingga 15 jam. Cara lain yakni menggunakan pengisi daya Home Charger atau wallbox AC berdaya maksimal 7,4 kW yang dapat mengisi penuh baterai dalam waktu 5 hingga 7 jam.

Ingat, kedua cara tadi menggunakan arus listrik AC. Jika ingin fast charging dengan lsitrik DC pengisiannya dapat dilakukan di SPKLU atau di diler Nissan terdekat yang menyediakan charging station. Jika menggunakan listrik DC, baterai bisa terisi dari 0 ke 80 persen dalam waktu 40-60 menit dengan daya pengisian maksimal 50 kW. Jenis colokan Nissan Leaf Indonesia adalah CCS Type 2 untuk isi daya dengan listrik AC, sementara untuk fast charger menggunakan CHAdeMO.

Namun satu hal yang menarik adalah,”PT Nissan Motor Distribution Indonesia juga telah bekerjasama dengan PLN untuk memberikan diskon 30 persen kepada para pembeli The All-New Nissan Leaf ketika mereka melakukan pengisian baterai mulai pukul 10 malam sampai dengan pukul 5 pagi,” ujar Bapak Bagus Susanto, Direktur Representatif Nissan. Lumayan kan, paling tidak tarif listriknya jadi agak sedikit menarik.

Fitur Nissan Leaf Spek Indonesia

Nissan Leaf di Indonesia dilengkapi dengan lampu depan LED plus DRL beserta rem cakram di keempat roda. Teknologi head unit Nissan Leaf sudah kompatibel dengan Apple CarPlay dan Android Auto, sementara fitur andalan Nissan yakni e-Pedal yang bisa membuat mobil melaju dan berhenti total hanya dengan 1 pedal saja turut dipertahankan. Nissan Leaf spek Indonesia tidak dilengkapi dengan sistem canggih ProPILOT, tapi masih ada teknologi lain yang lumayan.

Sebut saja 6 airbags, rem otomatis, stability control, kamera 360 derajat, driver atention alert dan masih banyak lagi. Untuk konsumen yang penasaran, Nissan Leaf bisa ditemui secara langsung di diler Nissan MT. Haryono (Jakarta Timur), Nissan TB Simatupang (Jakarta Selatan) dan Nissan Puri Indah (Jakarta Barat), Nissan Roxy (Jakarta Pusat), Nissan Bekasi Barat (Bekasi). Apa opinimu mengenai Nissan Leaf ini? Sampaikan opinimu di kolom komentar!

Read Prev:
Read Next: