Intip Kuota Produksi Nissan Livina di Indonesia, Fokus Ekspor?

by  in  Berita & Merek Mobil & Mitsubishi
Intip Kuota Produksi Nissan Livina di Indonesia, Fokus Ekspor?
0  komentar

AutonetMagz.com – Kalian masih ingat dengan Nissan Livina? Yap, LMPV dari Nissan dengan nafas Mitsubishi ini memang sebelumnya hanya eksklusif di Indonesia saja. Namun per tahun ini, Nissan Livina juga menjadi komoditas ekspor yang dijual ke negeri tetangga, Filipina. Dan kali ini, tim AutonetMagz kepo dengan kuota atau jumlah produksi Nissan Livina di Indonesia. Apakah lebih besar produksi untuk keperluan dalam negeri, atau malah lebih besar untuk ekspor? Yuk kita bahas lebih lanjut.

baca juga : Honda Mobilio & Nissan Livina : Nasibmu Kini

Produksi 5 Bulan Terakhir Untuk Ekspor

Jadi, kami membuka data yang dikeluarkan oleh pihak GAIKINDO yang menyajikan jumlah produksi setiap model dari brand otomotif yang ada di Indonesia. Dan mata kami langsung tertuju pada nama “Livina Export To Philippine”. Setidaknya begitulah yang tertulis di data GAIKINDO. Nah, kami pun memperhatikan bahwa produksi Nissan Livina sebenarnya sempat terhenti di bulan April 2022 kemarin. Jadi, 3 bulan pertama di tahun ini pihak Mitsubishi Motors Krama Yudha Indonesia (MMKI) memproduksi Nissan Livina untuk pasar lokal dengan jumlah total 1.012 unit. Tipe terbanyak yang diproduksi adalah tipe VL dengan jumlah 757 unit.

baca juga : Nissan Ingin Ekspor Livina ke Negara Lain di Asia

Pada bulan April 2022, tidak ada produksi Nissan Livina sama sekali di pabrik MMKI. Baru di bulan Mei 2022 ada produksi Nissan Livina dengan catatan sebagai produk ekspor ke Filipina dengan jumlah 3 unit dari 4 tipe yang diproduksi. Jadi 1 tipe ada 1 unit kecuali tipe keempat. Baru di bulan Juni 2022 produksi unit Nissan Livina untuk pasar Filipina naik menjadi 186 unit, diikuti bulan Juli 2022 dengan 180 unit dan bulan Agustus 2022 dengan 61 unit. Bulan lalu, produksi Nissan Livina untuk keperluan ekspor ada di angka 102 unit. Jadi, selama 5 bulan terakhir, produksi Nissan Livina untuk pasar ekspor mencapai 542 unit banyaknya.

baca juga : First Impression Nissan Livina Sporty Package : Worth The Money?

Livina Kurang Laku di Indonesia

Lantas, apa kabar Nissan Livina untuk pasar lokal? Setelah berhenti produksi di bulan April 2022, Nissan Livina baru diproduksi oleh MMKI di bulan September kemarin. Ada 200 unit Nissan Livina tipe VL AT alias tipe tertinggi yang diproduksi. Tipe lain? Tidak diproduksi. Alhasil, kalau ditotal, produksi Nissan Livina di Indonesia tahun 2022 ini mencapai 1.212 unit untuk pasar lokal dan 542 unit untuk diekspor. Total keseluruhan adalah 1.754 unit. Banyak? Tentu kurang untuk sebuah LMPV, namun apa daya karena Nissan Livina jelas kalah menarik ketimbang Mitsubishi Xpander yang sudah 2 kali facelift. Lantas, bagaimana penjualannya? Sepanjang Januari hingga September, wholesales-nya mencapai 894 unit.

baca juga : Test Drive Nissan Livina VE : Lahap Tanjakan Cangar!

Jadi kami menduga masih ada sisa stok Nissan Livina yang berada di pabrik MMKI karena jumlah yang diproduksi lebih banyak ketimbang yang dikirim ke diler – diler Nissan. Bagaimana menurut kalian? Kalau kami, kami berharap Nissan dan Mitsubishi akan segera memberikan penyegaran pada LMPV kolaborasi mereka ini.

Read Prev:
Read Next: