First Impression Nissan Livina Sporty Package : Worth The Money?

by  in Berita&Merek Mobil&Nasional
First Impression Nissan Livina Sporty Package : Worth The Money?
0  komentar

AutonetMagz.com – Beberapa bulan lalu saat kami sedang menggarap video Review Nissan Livina, sempat muncul kasak kusuk mengenai sebuah edisi terbatas yang mencatut nama Nismo. Yap, ada kabar bahwa Nissan Livina akan mendapatkan varian Nismo Look. Namun pada akhirnya, nama Nismo tak dipakai, dan Nissan Indonesia menggunakan nama varian ‘Sporty Package’ untuk varian terbatas mereka. Dan kami pun diundang oleh Nissan Datsun Ahmad Yani Surabaya untuk melihat mobil ini lebih dekat.

Sekilas Pandang

Oke, sebagai sebuah varian baru, jelas kita tidak bisa mengharapkan ubahan yang signifikan pada mobil ini. Ingat, ini varian baru, bukan facelift. Jadi, Nissan Livina Sporty Package dibangun dari basis Nissan Livina VE, satu tingkat di bawah VL sebagai varian tertinggi. Oleh karenanya, seluruh fitur dan kelengkapan di varian VE dipastikan ada di mobil ini. Ubahan paling kentara pada Nissan Livina Sporty Package ada pada penggunaan warna merah sebagai ornamen eksteriornya. Jika ditotal, ada 4 part yang diberi sentuhan warna merah di interiornya. Pertama, ada di lip spoiler depan, lalu di ornamen side skirt, dan kemudian ada di ornamen ala diffuser di bumper belakangnya.

Nah, tiga bagian ini diberi sentuhan warna merah, namun kalian harus tahu bahwa warna merah ini bukan cat melainkan sticker. Berbeda dengan tiga bagian itu, spion di Nissan Livina Sporty Package ini menggunakan cat warna merah. Namun, kita semua tahu bahwa Nissan Livina memang memiliki varian berwarna merah, jadi spion ini dicomot dari versi berwarna merah tersebut. Oiya, Nissan Livina Sporty Package hanya ditawarkan dalam opsi warna hitam, dan cuma ada 100 unit saja. Untuk area Surabaya, display dari Nissan Livina Sporty Package hanya ada di cabang Ahmad Yani saja untuk saat ini.

Selain ubahan di ornamen eksterior, ubahan yang diberikan di Nissan Livina Sporty Package ada pada interior. Ada sill plate bertuliskan Livina, dan juga jok kulit baru yang berwarna hitam dan coklat dengan jahitan merah. Oiya, bentuk jok kulitnya sama dengan tipe VL, hanya saja beda warna. FYI, untuk tipe VE standar hanya mendapatkan sarung jok saja. Selain itu, ubahan berikutnya ada di sisi depan tuas transmisi, yaitu munculnya tombol baru di sebelah power outlet. Tombol ini berguna untuk mengoperasikan kamera 360 atau bahasa lainnya around view monitor (AVM). Dengan menekan tombol ini, maka kita bisa melihat citra 360 derajat mobil ini.

Oiya, saat mesin dinyalakan, ada animasi Nissan Livina dan citra 360 secara live di layar head unit-nya yang terbilang lumayan keren. Nah, AVM di mobil ini bukan hanya bertugas untuk memperlihatkan citra gambar secara live saja, namun juga merekam. Yap, AVM di mobil ini juga bertugas sebagai Digital Video Recorder (DVR) alias dashcam yang merekam 4 sudut mobil. Pembeli akan dibekali remote khusus untuk digunakan untuk mengoperasikan sistem perekaman ini. Di dalam head unit sendiri sudah tertanam memori walau belum jelas kapasitasnya. Namun, penggunak bisa menyalin atau memindahkan data via USB yang ada di glovebox. Catatannya, ada 2 kabel USB di glovebox, pastikan yang berkabel putih, karena kabel yang lain berguna untuk file audio di HU.

Layak dibeli?

Nah, dengan segala ubahan tersebut, Nissan Livina Sporty Package dijual di harga 265,4 jutaan Rupiah di Jakarta dan 273 jutaan di Surabaya. Artinya, ada kenaikan harga mencapai 6 juta Rupiah dibandingkan dengan versi VE standar, dan lebih murah 7 juta Rupiah dibandingkan versi VL. Lantas, apakah seluruh ubahan ini terbilang layak untuk ditebus? Itu kembali ke preferensi kalian. Sebagai gambaran, kalau kalian memasang kelengkapan yang sama di versi VE biasa, maka tentu lebih mahal. Sebagai contoh, sill plate dihargai 500 ribuan dengan ongkos pasangnya, lalu kamera 360 di pasar aftermarket juga beragam mulai 4 hingga 9 jutaan tergantung kualitas.

Sedangkan kembaran Livina dahulu menerapkan angka 3 jutaan untuk mendapatkan upgrade jok kulit. Jadi, dengan sejumlah tambahan di Nissan Livina Sporty Package, worth atau tidak tergantung ke preferensi beli kalian dan juga tentunya nominal rekening kalian. Penambahan AVM memang memberikan nilai tambah, bahkan melebihi tipe VL. Hanya saja, kelengkapan lain seperti keyless entry dan interior gelap hanya bisa ditemukan di tipe VL saja. Oiya, perlu dijadikan catatan, unit Nissan Livina Sporty Package ini menggunakan VIN 2019, namun tidak ada perbedaan signifikan dengan unit 2020. Kalau kalian fans die hard dari Nissan, memiliki Nissan Livina Sporty Package sebagai edisi terbatas tentu menjadi salah satu pertimbangan.

Namun, kalau kalian merasa ubahan di Nissan Livina Sporty Package hanya sekedar gimmick, maka tipe lain tentu lebih menarik dipinang. Nah, jadi bagaimana menurut kalian, kawan?

Read Prev:
Read Next:

Satria Katana Satu - satunya member AutonetMagz yang Domisili di Surabaya, dan punya Hobi Fotografi, Riding, & Kepo Informasi Dunia Otomotif | IG : @Satriakatana