Mitsubishi Outlander Baru Ini Hasil Kawin Silang Mitsu-Nissan!

Mitsubishi Outlander Baru Ini Hasil Kawin Silang Mitsu-Nissan!
0  komentar

AutonetMagz.com – Sejak Nissan resmi menjadi pemilik baru Mitsubishi, merek berlogo tiga berlian ini otomatis masuk ke dalam rumah milik keluarga aliansi Renault-Nissan. Kondisi ini memungkinkan adanya kerjasama baru antar merek tersebut, contoh yang paling jelas adalah mobil kembar Mitsubishi Xpander dan Nissan Livina baru. Kolaborasi Xpander-Livina ternyata sukses untuk keduanya, maka tak heran kalau proyek lainnya dibuat kolaborasi juga.

Sebagai contoh baru, mari kita berkenalan dengan Mitsubishi Outlander baru ini. Sebelumnya diperkenalkan sebagai mobil konsep Mitsubishi Engelberg, namun versi jadinya diperkenalkan sebagai Outlander (bukan Outlander Sport ya). Memang sudah waktunya, karena Mitsubishi Outlander sudah sangat tua dan akhirnya digantikan dengan generasi baru pada tahun ini. Jadi, apa saja yang baru di SUV andalan Mitsubishi ini?

Modelnya Persis Konsep

Penampilan Mitsubishi Outlander baru ini benar-benar persis konsepnya, Mitsubishi Engelberg. Mukanya khas Mitsubishi banget dengan lampu LED yang tipis di bagian atas dan lampu bagian bawah besar berteknologi LED juga. Lampu belakang juga pakai LED dan imbuhan detail eksterior yang menarik ada pada aksen floating roof di pilar D, pelek berdiameter besar dan roof rail yang hadir sebagai standar.

Mitsubishi Outlander baru juga ditawarkan dengan format kesukaan orang Indonesia, yakni 7-seater. Ya, ada baris pertama sampai ketiga yang bisa dipakai mengangkut orang, dan kunci kenapa ia bisa menawarkan 7 tempat duduk adalah karena yang kita lihat ini bukan versi PHEV. Mitsubishi Outlander PHEV yang beredar di Indonesia hanya ada versi 5-seater karena ruang belakang harus digunakan oleh baterai mobilnya.

Interior Keren!

Namun kalau melihat kabinnya, benar-benar rasanya beda dengan Mitsubishi mana pun yang beredar di Indonesia, bahkan dibandingkan dengan Pajero Sport facelift yang baru meluncur kemarin. Desain setirnya baru, tidak salam satu setir dengan Mitsubishi lain, dan Mitsubishi memberikan pilihan bahan beludru, kain atau kulit tergantung varian yang dipilih. Pada varian termahal, mobil ini dipercantik dengan trim aluminium.

Ada 2 layar besar di Mitsubishi Outlander baru, yang satu berfungsi sebagai panel instrumen berukuran 12,3 inci sementara yang satu lagi sebagai sistem infotainment utama berukuran 9 inci. Mobil ini sudah siap terhubung dengan Apple CarPlay dan Android Auto, namun Mitsubishi masih berbaik hati untuk tetap memberikan tombol fisik bagi setelan AC-nya. Serius, mengatur hal yang beginian lebih enak pakai tombol fisik daripada pakai layar.

Mengenai fitur, lengkap juga SUV terbaru Mitsubishi ini. Dalam keadaan standar, ia sudah memiliki 11 airbags dan beberapa charging port USB-A dan USB-C. Sistem audionya juga sudah memakai Bose, ada Head-Up Display untuk pengemudi, sistem adaptive cruise control dan lane keep assist. Tombol untuk mengubah mode berkendara kini punya lebih banyak mode mulai dari Eco, Normal, Tarmac, Gravel, Snow dan Mud, tapi mode Mud khusus untuk varian AWD.

Hasil Kawinan Mitsubishi-Nissan

Meski kalau dilihat-lihat secara penampilan mobil ini benar-benar nampak Mitsubishi banget, sejatinya Mitsubishi Outlander ini adalah saudara kandung Nissan X-Trail baru yang juga dikenal sebagai Nissan Rogue. Bahkan sasis Mitsubishi Outlander ini mirip dengan Nissan X-Trail meski Mitsubishi mengaku ada beberapa setelan yang mereka kerjakan sendiri. Mesin Outlander baru pun sama persis dengan X-Trail, yaitu mesin berkode PR25DD.

Ini adalah mesin 2.500 cc 4 silinder non turbo dengan output yang terbilang standar, yakni 184 PS dan 245 Nm. Transmisinya hanya ada 1 pilihan, yakni CVT dengan mode manual 8 percepatan. Selain pilihan FWD, ada juga Mitsubishi Outlander AWD dengan teknologi Super All-Wheel Control andalan Mitsubishi. Sampai saat ini, Mitsubishi belum memberi informasi kapan varian Mitsubishi Outlander PHEV akan muncul.

Lebih lanjut soal relasi Mitsubishi-Nissan di mobil ini, suku cadang Nissan bisa ditemui di beberapa bagian di interiornya. Tombol-tombol di setir itu dari Nissan, switch untuk rem parkir elektronik dan brake hold-nya juga Nissan, bahkan sebenarnya sistem infotainment-nya aslinya dari Nissan. Bagaimana menurutmu Mitsubishi Outlander baru ini? Apakah cocok untuk dijual di Indonesia? Sampaikan opinimu di kolom komentar!

Read Prev:
Read Next: