Honda CR-V Hybrid Siap Gantikan Versi Diesel

Honda CR-V Hybrid Siap Gantikan Versi Diesel
0  komentar

AutonetMagz.com – Sejatinya, Honda CR-V generasi kelima punya opsi mesin 1.600 cc 4 silinder turbo diesel i-DTEC selain dari versi 1.500 cc 4 silinder VTEC Turbo dan 2.000 cc 4 silinder i-VTEC yang sudah kita kenal. Nah, di beberapa negara di Eropa, Honda CR-V diesel rencananya akan dipensiunkan dan diganti dengan Honda CR-V hybrid yang akan tampil di Frankfurt Motor Show setelah memamerkan diri di China.

Tidak ada mesin turbo di Honda CR-V hybrid ini, yang ada adalah mesin 2.000 cc 4 silinder i-VTEC dengan siklus Atkinson plus unit twin motor Intelligent Multi-Mode Drive (i-MMD). Sedikit banyak, pondasi sistem hybrid CR-V ini mirip dengan Accord hybrid. Setelah digabungkan, total tenaganya mencapai 215 hp dan klaim konsumsi BBM-nya sekitar 20,4 km/liter. Tidak buruk kan? Girboks Honda CR-V hybrid memakai E-CVT.

Ada 3 mode berkendara di Honda CR-V hybrid : EV Drive, Hybrid Drive dan Engine Drive. EV Drive sudah jelas artinya, mobil hanya akan berjalan menggunakan tenaga baterai dan motor listrik saja. Jika masuk ke Hybrid Drive, mesin 2.000 cc 4 silindernya akan menyala, tapi tidak menyalurkan tenaga dan torsinya ke roda. Tidak, sebab mesin itu menyala untuk menyediakan listrik ekstra buat baterai dan mesin listriknya, macam genset di ruko seberang.

Pindah ke Engine Drive, maka mesin bensinnya langsung pindah tugas untuk menyalurkan tenaga dan torsinya untuk menjalankan mobil, sementara mesin listriknya akan memberi electric boost kala pengemudi butuh lompatan instan untuk berakselerasi. Secara penampilan, nyaris tak ada beda signifikan antara Honda CR-V hybrid ini dengan Honda CR-V Turbo yang ada di Indonesia.

Rencananya, Honda CR-V hybrid akan hadir dengan fitur Honda Sensing yang lengkap, di mana itu sudah termasuk Adaptive Cruise Control (ACC), Collission Mitigation Braking System (CMBS), Road Departure Mitigation (RDM), Lane Departure Warning (LDW) dan Lane Keeping Assist System. Sayang, belum diketahui apakah CR-V hybrid ini 5 seater atau 7 seater. Apa opinimu? Sampaikan di kolom komentar!

Read Prev:
Read Next: