Ini Spesifikasi Pajero Sport CKD, Varian Tertinggi Punya 7 Airbag dan Autonomous Braking!

by  in Mitsubishi&Mobil Baru
Ini Spesifikasi Pajero Sport CKD, Varian Tertinggi Punya 7 Airbag dan Autonomous Braking!
0  komentar

Jakarta, AutonetMagz – Pajero Sport akhirnya memulai darah Indonesia mulai bulan April 2017 ini. Setelah pabrik baru mereka beroperasi, Mitsubishi Pajero Sport CKD akan diluncurkan dalam waktu dekat ini dengan improvement di sektor safety dan entertainment. Kali ini AutonetMagz mendapatkan bocoran terbaru mengenai apa saja fitur-fitur dan ubahan spek dari Mitsubishi Pajero Sport rakitan lokal.

Varian

Mitsubishi Pajero Sport akan memiliki varian terbaru yang dinamakan Mitsubishi Pajero Sport Dakar Ultimate. Sebagai varian tertinggi, model ini akan memiliki beberapa ubahan di sektor interior, pertama Mitsubishi Pajero Sport menyunat fitur sunroof yang sudah ada sejak generasi sebelumnya digantikan dengan sebuh roof monitor 9 inchi yang cukup besar. Monitor ini cukup unik karena tidak hanya terhubung dengan head unit depan saja, tetapi kita bisa menggunakannya tanpa harus terhubung dengan head unit dengan koneksi wireless, kita akan diberikan 2 buah headphone wireless untuk menikmati video dengan monitor tersebut.

Kemudian rona interior juga akan diubah, jika sebelumnya Mitsubishi Pajero Sport di dominasi oleh interior berwarna hitam, kini Mitsubishi Pajero Sport akan menggunakan interior berwarna beige yang lebih cerah mulai dari jok hingga panel kulit door trim. Sedangkan dashboard dan door trim plastik masih menggunakan warna hitam seperti yang kita kenal.

Fitur Keselamatan

Mitsubishi Pajero Sport Dakar Ultimate akan dibekali dengan sistem keamanan paling canggih di kelasnya. Okay, sebut saja seperti airbags. Jika anda mengeluhkan jumlah airbags di SUV diesel 7 seater ini umumnya hanya 2 atau 3 buah saja, maka Pajero Sport akan dibekali dengan 7 buah airbags sekaligus. Ditambah jika anda membawa baby seat di kursi penumpang depan, kita bisa mematikan airbag kursi penumpang.

Untuk menambah kenyamanan berkendara, Mitsubishi Pajero Sport juga ditambahkan fitur Adaptive Cruise Control yang berfungsi tidak hanya menjaga kecepatan kendaraan di jalan tol, ia juga bisa menyesuaikan kecepatan cruise control dengan mobil depan sehingga kita tidak perlu repot-repot menginjak pedal rem ketika mobil depan menurunkan kecepatan.

Lantas bagaimana jika mobil depan melakukan pengereman mendadak? Tenang, Mitsubishi juga menyediakan fitur Forward Collision Mitigation yang sudah terintagerasi dengan Autonomus Braking yang bisa memperingati jarak kendaraan dengan kendaraan di depan kita, termasuk membantu pengereman sekaligus melakukan pengereman darurat secara otomatis dibawah 30 kilometer perjam. Kita bisa mengatur jarak FCM ini menjadi 3 step mulai dari far, middle, near dan terakhir mematikannya. Ini adalah fitur pertama di kelas mobil ini yang patut kita apresiasi.

Ada yang menarik juga ketika Mitsubishi menjelaskan tentang FCM di presentasi ini, di salah satu slide-nya Mitsubishi mengatakan bahwa FCM tidak akan bekerja ketika HDC sedang beroperasi, apakah mobil ini sudah dilengkapi dengan Hill Descent Control? Semoga saja sudah ya!

Kemudian ada fitur yang cukup asing di telinga kita, yaitu UMS. UMS disini bukan utang mulu sana-sini ya, ini adalah singkatan dari Ultrasonic, Miss-Acceleration Mitigation System. Yaitu sistem yang bisa mencegah terjadinya akselerasi atau menekan gas saat mobil berada di depan tembok atau di belakang tembok. Sehingga jika kita tidak sengaja melakukan akselerasi ketika mobil di parkir menghadap tembok, itu tidak akan terjadi di Pajero Sport. Fitur ini juga tidak hanya untuk mobil di posisi D saja, tetapi di posisi R juga bisa bekerja.

Terakhir, Mitsubishi Pajero Sport juga akan dibekali dengan Blind Spot Monitoring atau BSM. Fitur ini sama seperti mobil-mobil masa kini lainnya yang punya sistem peringatan di spion mereka jika ada mobil yang berjalan di samping mobil kita. Dengan fitur-fitur tersebut, mungkin bisa kita bilang mobil ini adalah yang paling lengkap dan paling aman di kelasnya. Benar begitu bapak?

Harga

Namun meskipun mobil ini dirakit secara lokal atau CKD. Ternyata tidak membuatnya lebih murah dibandingkan versi CBU Thailand. Menurut salah satu narasumber, harga Mitsubishi Pajero Sport Dakar Ulimate CKD akan dibanderol dengan harga 545 juta Rupiah. Jika kemahalan, Mitsubishi juga masih mengeluarkan varian Dakar tanpa embel-embel Ultimate yang dibanderol dengan harga 500 juta lebih sedikit. Gimana?

Read Prev:
Read Next: