Ini Faktor Kemenangan Mitsubishi Xpander AP4!

by  in Berita&Mitsubishi
Ini Faktor Kemenangan Mitsubishi Xpander AP4!
0  komentar

AutonetMagz.com – Jika ditanya soal multi-purpose vehicle (MPV) paling fenomenal, banyak yang langsung teringat dengan Mitsubishi Xpander. Memulai debutnya dalam pasar MPV global sejak 2017, Xpander selalu menjadi buah bibir berkat bahasa desain dynamic shield-nya. Ditambah lagi, mobil ini turut digunakan oleh pereli kelas Internasional asal Indonesia, Rifat Sungkar, dalam ajang reli nasional hingga regional.

Memiliki nama Mitsubishi Xpander AP4, Rifat bersama timnya yaitu Xpander Rally Team (XRT) telah memodifikasi MPV tersebut guna memenuhi regulasi mobil reli kelas AP4. Baru saja mendulang sukses pada gelaran pertamanya di Tanjung Lesung, Banten pada Minggu (11/04) lalu, apa faktor yang membuat Xpander AP4 dapat meraih kemenangan dalam debut perdana?

Konstruksi Kaki-Kaki Dan Bobot

Pertama-tama, kelebihan dari Xpander sudah terlihat oleh Rifat sejak pertama kalinya mencoba mobil tersebut di pusat riset Mitsubishi di Okazaki, Jepang pada 2017. Memiliki kontrol yang sangat baik walau memiliki wheelbase panjang, ternyata hal tersebut disebabkan oleh konstruksi kaki-kakinya. “Filosofi konstruksi kaki-kakinya mirip sedan legendaris reli, Mitsubishi Evolution,” ucap Rifat.

Selain itu, bobot yang dimiliki sang MPV juga menarik perhatian Rifat. Memiliki bobot mencapai 1,780 kilogram. Mitsubishi Xpander ternyata sangat cocok jika diubah menjadi mobil reli di kategori AP4. Reli kelas AP4 sendiri memiliki regulasi yang mewajibkan bobot mobil berada di antara 1.230 kg hingga 1.300 kg. “Bobot Xpander masuk kategori ini, kemudian yang lebih baik lagi ia punya weight balance yang baik,” ujar pereli tersebut.

Modifikasi Yang Dilakukan

Bersama dengan Ralliart Selandia Baru, XRT akhirnya memodifikasi Mitsubishi Xpander sesuai dengan regulasi AP4. Karena memiliki weight distribution serta weight balance yang sangat ideal untuk regulasi tersebut, hal pertama yang dilakukan oleh kedua pihak adalah mengurangi bobot Xpander. Modifikasinya meliputi pelepasan seluruh interior mobil dari dashboard hingga jok mobil, serta menggunakan bahan plexiglass untuk kaca mobil yang menghemat berat hingga 8 kg.

Walaupun memiliki dimensi yang lebih besar dibanding mobil reli biasa, namun Mitsubishi Xpander AP4 akhirnya bisa memenuhi regulasi. Dengan mobil yang mumpuni serta berbekal pengalaman, tim XRT dan Mitsubishi Xpander AP4 mendulang kemenangan dalam ajang Fortuna Nusantara Tropical Rally 2021 di Sirkuit Badak, Tanjung Lesung, Banten pada 10-11 April 2021 lalu.

“Selamat dan apresiasi tertinggi untuk Rifat Sungkar dan Xpander Rally Team yang telah berhasil menjuarai kejuaraan Fortuna Nusantara Tropical Rally 2021 dengan Xpander AP4. Ini kembali membuktikan beragam keunggulan Mitsubishi Xpander, yang tidak hanya dapat menjawab kebutuhan dan keinginan masyarakat Indonesia sebagai mobil keluarga favorit, namun juara di kompetisi motor sport,” ungkap Naoya Nakamura, President Director PT Mitsubishi Motors Krama Yudha Sales Indonesia (MMKSI).

Read Prev:
Read Next: