Mitsubishi Indonesia Yakin Penjualan Naik Tahun Ini, Efek PPnBM?

Mitsubishi Indonesia Yakin Penjualan Naik Tahun Ini, Efek PPnBM?
0  komentar

AutonetMagz.com – Tahun 2020 kemarin memang menjadi tahun yang suram untuk dunia otomotif, termasuk di Tanah Air. Sejumlah pabrikan harus mengencangkan ikat pinggang sembari memutar otak dan bertahan di tengah kondisi pandemi. Nah, salah satu pabrikan yang survive dari kondisi ini adalah Mitsubishi. Mitsubishi Motor Krama Yudha Sales Indonesia (MMKSI) selaku APM dari Mitsubishi di Indonesia pun membagikan bagaimana perjalanan mereka di tahun 2020 silam, dan bagaimana pandangan mereka terhadap tahun 2021 ini. Sejauh ini, pihak Mitsubishi sendiri cukup yakin dan optimis bahwa penjualan mobil di Indonesia akan mengalami peningkatan di tahun 2021 ini. Yuk kita bahas lebih lanjut.

Mitsubishi Optimis di 2021

Di tahun 2020 silam, pihak MMKSI berhasil meraih penjualan di angka 54.768 unit. Nah, dari angka tersebut, 34.504 unit merupakan penjualan di segmen kendaraan penumpang. Angka ini terjun sejauh 57,2% dibandingkan dengan tahun sebelumnya. Untuk segmen kendaraan niaga, MMKSI berhasil mencatatkan penjualan di angka 20.264 unit, atau turun 47% dibandingkan tahun sebelumnya. Secara total, penjualan Mitsubishi terkoreksi 55,4% dibandingkan tahun 2019 silam. Kalau mau dibandingkan, penurunan penjualan Mitsubishi bisa dikatakan lebih besar dibandingkan penurunan penjualan Nasional yang ada di angka 44,59%. Walapun penurunan yang terjadi cukup ekstrim, namun beberapa produk Mitsubishi masih mampu meredam dampak yang lebih buruk. Contohnya, Mitsubishi Xpander dan Xpander Cross yang masih menguasai pangsa pasar 24,1%.

Selain itu, Mitsubishi L300 masih menguasai pangsa pasar di kelas pickup dan small van di angka 60,6%. Lalu ada Mitsubishi Triton yang masih menguasai pangsa pasar d-cab / pickup 4×4 di angka 53,6% dan Mitsubishi Pajero Sport yang memimpin segmen SUV 4×4 di angka 53,2%. Secara umum, marketshare dari Mitsubishi (Passenger dan LCV) ada di angka 10,4%. Angka – angka ini memang kurang menggembirakan, namun yang berlalu biarlah berlalu. Kini, pihak MMKSI sangat optimistis menatap tahun 2021. Ada beberapa alasan mengapa pihak MMKSI yakin dengan tahun 2021 ini. Pertama, GAIKINDO juga sudah mencanangkan target yang lebih tinggi dibandingkan tahun 2020 silam. Kedua, kita semua tahu bahwa ada relaksasi PPnBM yang juga melibatkan produk dari Mitsubishi. Bahkan relaksasi PPnBM ini sudah menunjukkan dampak yang signifikan.

Target & Strategi Mitsubishi Tahun Ini

Oleh karena itu, pihak MMKSI pun merancang target dan strategi untuk tahun 2021 ini. Strategi pertama dan terutama dari MMKSI di 2021 ini adalah peluncuran produk baru. Yap, MMKSI akan memperkenalkan beberapa produk baru dan versi penyegaran dari produk yang sudah ada. Sebagai gambaran, Mitsubishi Pajero Sport baru saja mendapatkan penyegaran untuk bersaing di segmennya tahun ini. Mitsubishi nampaknya juga akan menghadirkan produk yang sepenuhnya baru, yang sejauh ini juga belum bisa kami tebak apa. Selain memperkenalkan mobil baru dan versi facelift, pihak MMKSI juga berkomitmen mengembangkan jaringan diler dan fasilitas body dan cat. MMKSI juga ingin mempertahankan prestasi mereka dalam hal kepuasan konsumen dan juga meningkatkan komunikasi terintegrasi mereka.

Jadi, bagaimana menurut kalian, kawan?

Read Prev:
Read Next: