Geliat Segmen Coupe SUV di Indonesia : Dipuji Tapi Tak Dibeli?

by  in Berita&Mazda&Merek Mobil
Geliat Segmen Coupe SUV di Indonesia : Dipuji Tapi Tak Dibeli?
0  komentar

AutonetMagz.com – Sejak meningkatnya minat konsumen akan pasar SUV beberapa tahun terakhir, pabrikan roda 4 terus berinovasi untuk menghadirkan SUV namun dengan rasa berkendara, estetika, dan fitur yang beragam. Dan dari sana, muncullah segmen crossover baru, yang salah satunya adalah Coupe SUV. Dan varian ini bisa dikatakan banyak menorehkan pujian karena nilai estetikanya, namun bagaimana dengan penjualannya? Mari kita kupas.

Nah, kali ini kami akan batasi pembahasan pada segmen yang paling dekat dengan rakyat, jadi kita akan kesampingkan segmen premium. Dan di segmen ini, ada 3 pemain utama yang dipasarkan di Indonesia yaitu Toyota C-HR sebagai pelopor, disusul oleh Mitsubishi Eclipse Cross dan yang paling baru adalah Mazda CX-30. Kesemuanya menawarkan tampilan yang wah dan menjurus eksentrik, namun dengan harga jual yang juga tidak murah. Baik Toyota C-HR, Mitsubishi Eclipse Cross, maupun Mazda CX-30 banyak menorehkan pujian dan diharapkan masuk ke Indonesia di awal kemunculannya. Sekarang, saat ketiganya sudah dijual di Tanah Air, apakah penjualannya laris manis?

Nyatanya, pujian belum tentu membuat konsumen membeli mobil tersebut. Ketiganya memiliki angka penjualan yang biasa saja. Kami pun merangkum angka penjualan ketiganya secara wholesales. Untuk Toyota C-HR, mobil ini terkirim ke diler sebanyak 29 unit untuk versi non-hybrid, dan 46 unit untuk versi hybrid. Angka itu terakumulasi dari bulan Januari hingga April 2020 ini, sedangkan di tahun lalu, Toyota C-HR mampu mencatatkan angka 122 unit untuk versi standar, dan 320 unit untuk versi hybrid. Anehnya, versi dual tone mencatatkan angka 0 unit sejak tahun lalu hingga saat ini, bisa jadi sudah discontinue. Sedangkan Mitsubishi Eclipse Cross mencatatkan angka 117 unit dalam 4 bulan pertama tahun 2020 ini.

Untuk tahun 2019 lalu, Mitsubishi Eclipse Cross sudah dipasarkan sejak bulan Agustus dan mencatatkan angka 514 unit selaam 5 bulan. Sedangkan Mazda CX-30 sebagai pemain paling fresh mencatatkan angka paling impresif dengan 131 unit dalam 4 bulan pertama di tahun 2020 ini. Sedangkan di tahun lalu, Mazda CX-30 masih belum dipasarkan di Indonesia. Secara umum, penjualan dari coupe SUV masih belum impresif, dan belum mengalahkan penjualan SUV ‘normal’ seperti Honda CR-V, apalagi jajaran SUV ladder frame yang memang diminati di negeri ini. Namun setidaknya, penjualan mereka perlahan mulai mendekati angka penjualan SUV lain seperti Hyundai Tucson, Santa Fe, dan Nissan X-Trail.

Jadi, bagaimana kalau menurut kalian? Akankah segmen ini mampu bertahan di masa depan? Atau malah akan menjadi favorit baru? Atau justru akan tenggelam? Mari sampaikan di kolom komentar di bawah ini.

Read Prev:
Read Next: