Ini Dia Mitsubishi Lancer Facelift, Bagaimana Menurutmu?

Ini Dia Mitsubishi Lancer Facelift, Bagaimana Menurutmu?
0  komentar
mitsubishi-lancer-io-dan-fortis-taiwan

AutonetMagz.com – Kemarin, kami sempat memberitakan kalau Mitsubishi Lancer akan mendapat sedikit facelift, tapi saat itu kami belum tahu akan seperti apa Mitsubishi Lancer kalau di-facelift. Akhirnya, setelah mencocokkan beberapa informasi, ternyata Mitsubishi Lancer sudah lama mendapat facelift di Taiwan, dan kemungkinan Lancer inilah yang akan diperluas ke pasar global.

Kalau di Indonesia kita mengenal Lancer sebagai Lancer EX GT, di Jepang sebagai Galant Fortis, maka di Taiwan Lancer bernama Lancer Fortis dan Lancer iO. Beda antara Lancer Fortis dan Lancer iO adalah pada tampilannya, di mana Fortis tampil lebih terondolan sementara iO lebih lengkap dengan body kit dan pelek besar.

mitsubishi-lancer-io-depan

Dibandingkan Lancer terdahulu, Mitsubishi Lancer iO punya bumper baru, gril chrome baru dengan sudut-sudut yang lebih tajam, desain rumah foglamp pun juga baru, dihiasi lis chrome dan LED DRL. Untuk headlamp-nya, kini sudah berteknologi HID dengan fitur Adaptive Front Light Steering, jadi arah sorot lampu depan bisa menyesuaikan dengan arah kemudi.

mitsubishi-lancer-io-belakang

Di sisi samping dan belakang, kita hanya melihat spion hitam, pelek berdesain baru dan lampu rem baru. Sementara pada Lancer Fortis, tampilannya jauh lebih polos dengan desain bumper dan gril yang sederhana, pelek 16 inci serta absennya spoiler belakang yang hadir pada Lancer iO, namun lampu belakang Lancer Fortis bentuknya sedikit berbeda dan punya aksen smoked lamp.

mitsubishi-lancer-fortis-taiwan

Tapi jujur saja, kami melihat sepertinya Mitsubishi sudah kehabisan ide untuk membuat Lancer tampil lebih segar, karena karakter Lancer yang seharusnya sporty malah sedikit berkurang di versi facelift ini. Malah dengan tampilan seperti ini, kami jadi makin yakin kalau Mitsubishi memang sudah tidak niat dalam membuat sedan. Satu-satunya ubahan yang kami suka adalah model pelek baru pada Lancer iO.

mitsubishi-lancer-fortis-belakang

Oke, lanjut ke interiornya. Secara desain, tak ada beda antara Lancer iO dengan Lancer EX yang sudah lama kita kenal, tapi nuansanya jauh lebih sporty dengan paduan warna hitam dan merah menyala di dashboard, jok kulit, karpet dan tuas transmisinya. Khusus Lancer iO, ada emboss logo iO pada setir dan sandaran jok.

interior-lancer-io

Head unit Lancer iO menggunakan merek Clarion yang bisa memutar CD, koneksi AUX dan bluetooth, tapi ia tak punya monitor sehingga terkesan agak jadul. Sama seperti Outlander Sport, Lancer iO punya layar MID dengan warna yang bagus, bukan monochrome sepeti MID di mobil lain. Fitur-fitur pada Lancer iO sudah termasuk keyless entry, steering switch control, cruise control, paddle shift dan AC dengan mode auto.

kabin-lancer-io

Bagaimana dengan fitur keselamatan? Sebagai standar, Lancer iO sudah punya 3 airbags, ABS+EBD+BA, brake override system seperti pada Outlander Sport,emergency stop signal dan coming home light (sejenis lampu follow me home). Yah, cukup lumayan meski tak bisa dibilang lengkap-lengkap amat.

wallpaper-mitsubishi-lancer-io

Urusan mesin, ada dua pilihan, yaitu mesin 1.800 cc dengan tenaga 141 hp dan torsi 178 Nm atau mesin 2.000 cc yang lebih mantap, karena punya tenaga 154 hp dan torsi 204,9 Nm, tentu saja dengan pilihan transmisi CVT INVECS yang punya 6 percepatan virtual. Untuk konsumsi BBM, versi 2.000 cc diklaim bisa mencapai 15,6 km/liter, sementara yang 1.800 cc lebih baik di angka 18 km/liter.

foto-mitsubishi-lancer-io-facelift

Salah satu negara yang diklaim akan mendapatkan Lancer facelift adalah India, lalu bagaimana dengan Indonesia? sepertinya tak mungkin Mitsubishi berani menjual Lancer untuk umum lagi, sebab rival-rivalnya kini jauh lebih lengkap, segar dan modern, bahkan mereka kini hanya menyediakan Lancer untuk keperluan mobil kepolisian Indonesia.

Lebih jauh lagi, kami lebih menyukai Lancer EX terdahulu dibanding yang versi facelift ini, karena masih ada kesan sangar dan sporty dari Lancer Evo X yang bisa ditangkap dari Lancer EX terdahulu, kalau yang sekarang? Ah, suka tak suka, Lancer yang sekarang bukanlah Lancer yang biasa kita kenal.

Bagaimana menurut anda mengenai Mitsubishi Lancer facelift ini? sampaikan di kolom komentar!

Read Prev:
Read Next: