Ikuti Gogoro & SWAP, Honda Akhirnya Buat Layanan Tukar Baterai

by  in  Berita & Honda & International
Ikuti Gogoro & SWAP, Honda Akhirnya Buat Layanan Tukar Baterai
0  komentar

AutonetMagz.com – Perkembangan industri motor listrik memang cukup pesat dalam beberapa waktu terakhir karena awareness masyarakat untuk menggunakan kendaraan listrik makin besar. Dan sejumlah pabrikan roda dua kelas kakap pun sudah mulai melirik segmen ini. Salah satunya adalah Honda yang baru – baru ini meresmikan sebuah layanan swap baterai bernama Honda Power Pack Exchanger e: alias HPPE. Ketinggalan dari Gogoro maupun SWAP Indonesia, tapi mending telat daripada tidak sama sekali kan.

baca juga : Sinergi Smoot, SWAP, Grab, dan PLN Wujudkan Ekosistem Motor Listrik

Bisa Tukar Baterai Motor Listrik Honda

Kalau kalian berharap layanan HPPE sudah ada di Indonesia, mohon bersabar dan gigit jari terlebih dahulu. Layanan HPPE sementara ini hanya ada di Jepang saja, terutama di Tokyo. Toh Honda Indonesia juga belum menjual atau berencana menjual massal motor listrik, jadi percuma juga ada HPPE di Indonesia. Konsep yang ditawarkan oleh HPPE sebenarnya sama saja seperti Gogoro dan SWAP, dimana pengguna bisa menukar baterai motor mereka dengan baterai lain yang sudah terisi penuh di exchange station system-nya. Konsep ini memang jauh lebih hemat waktu ketimbang harus mengisi baterai di charging station secara langsung.

baca juga : SWAP Gandeng Circle-K di Bali, Charging Motor Listrik Cuma 9 Detik!

Nah, HPPE sendiri akan menjadi bagian dari Gachaco, sebuah perusahaan swap baterai yang merupakan hasil joint venture antara Honda, Yamaha, Kawasaki, dan Suzuki. Jadi, nantinya akan ada standarisasi baterai diantara merk – merk tersebut, dan jelas ini adalah kabar baik. Selain Jepang, nantinya HPPE juga akan dibangun di India dan akan digunakan oleh Honda Power Pack Energy India untuk sarana penukaran baterai motor 3 roda di sana. Semacam bajaj listrik kalau di Indonesia. Salah satu keunggulan HPPE adalah memiliki slot baterai yang cukup banyak yaitu 12 unit dalam sebuah wadah yang irit tempat.

baca juga : Yamaha E01, Bukti Komitmen Pengembangan Kendaraan Listrik

Pakainya Gampang?

Lantas, bagaimana cara menggunakan HPPE? Apakah semudah swap di swap point milik SWAP Indonesia? Jadi, pengguna akan memiliki chip card untuk berkomunikasi dengan HPPEe: station dan mereka bisa menaruh baterai lamanya di slot kosong lalu mengambil baterai lain yang sudah terisi. HPPE sendiri akan terintegrasi pada Honda Power Pack Cloud dan akan menghimpun berbagai data seperti status pengisian daya, lokasi baterai, registrasi pengguna, hingga pembayaran. Oiya, HPPE juga punya teknologi pendingin khusus supaya baterai tidak rusak saat kondisi panas.

baca juga : IIMS 2022 : Yamaha Pamerkan E01 EV Concept, N-Max Bertenaga Listrik?

Menarik? Tentunya, namun memang belum ada tanda – tanda Astra Honda Motor (AHM) akan mengarah ke sana. Setidaknya, dalam hal ini Yamaha satu step lebih maju dengan Yamaha E01 mereka. Bagaimana menurut kalian?

Sumber : Honda

Read Prev:
Read Next: