Penjualan Honda Indonesia Naik (Lagi) Bulan Lalu, Efek All New HR-V?

by  in  Berita & Honda & Merek Mobil
Penjualan Honda Indonesia Naik (Lagi) Bulan Lalu, Efek All New HR-V?
0  komentar

AutonetMagz.com – Honda adalah salah satu pabrikan yang cukup optimistis menatap tahun 2022 ini, apalagi mereka telah memiliki sejumlah model baru di awal tahun ini. Sebut saja All New Honda BR-V, All New Honda HR-V, serta versi terbaru dari Honda Brio Urbanite dan Honda City Hatchback HS. Nah, dengan amunisi tersebut, ternyata Honda Indonesia mampu mencatatkan hasil yang positif selama 4 bulan berturut – turut. Yap, penjualan Honda bulan lalu bukannya turun atau stagnan, namun naik sebesar 8%. Yuk kita bahas.

Duet HR-V & BR-V Berbuah Manis

Sebenarnya, bulan lalu kami sempat memprediksi bahwa penjualan mobil di bulan April 2022 akan sedikit menurun. Ini imbas dari penjualan di bulan Maret 2022 yang cukup tinggi, dan juga momen bulan Ramadhan dan Lebaran yang dihimpit oleh tingginya harga BBM. Namun, Honda Prospect Motor (HPM) nampaknya bisa tersenyum lebar saat melihat capaian penjualan mereka bulan lalu. Selama 3 bulan berturut-turut sepanjang tahun 2022, penjualan Honda di Indonesia terus mengalami peningkatan. Pada bulan April lalu, HPM mencatat penjualan sebesar 10.289 unit, lebih banyak 8% dibandingkan bulan sebelumnya yang ada di angka 9.554 unit. Yap, ini merupakan sebuah hasil yang positif dan layak untuk disyukuri oleh Honda. Apakah capaian ini merupakan efek dirilisnya All New Honda HR-V di akhir Maret 2022?

Bisa jadi, karena All New Honda HR-V memberikan kontribusi sebesar 18% dari total penjualan HPM dengan penjualan sebanyak 1.892 unit di bulan April kemarin. Sedangkan SUV lain yang juga menyumbangkan kontribusi yang cukup besar adalah All New Honda BR-V dengan capaian yang sama yaitu 18% atau setara 1.811 unit. Duet dua SUV ini mendominasi 36% dari penjualan HPM saat ini. Lantas, bagaimana dengan Honda Brio? Tenang, Honda Brio masih menjadi ‘Raja’ bagi Honda Indonesia dengan dominasi 48% dari total penjualan HPM di bulan April silam. Kalau mau dibedah, Honda Brio Series mencatatkan total 4.914 unit, yang terdiri dari Honda Brio Satya sebesar 3,628 unit dan Honda Brio RS sebesar 1.286 unit. Mungkin, saat nanti sudah ada versi masspro dari Honda SUV RS Concept, bisa saja kombinasi SUV Honda akan mengalahkan Honda Brio Series.

Model Baru Diterima Konsumen

Yusak Billy sebagai Business Innovation and Sales & Marketing Director PT Honda Prospect Motor mengatakan, “Permintaan konsumen yang tinggi pada masa libur Lebaran dan aktivitas masyarakat yang semakin meningkat saat ini mendukung peningkatan penjualan di bulan April lalu. Kami juga bersyukur bahwa model-model baru khususnya All New BR-V, All New HR-V dan City Hatchback juga diterima dengan baik oleh konsumen dan berkontribusi signifikan terhadap penjualan Honda. Kami akan terus berusaha memaksimalkan produksi untuk dapat secepatnya memenuhi permintaan konsumen, sekaligus menawarkan berbagai program yang semakin memudahkan konsumen dalam melakukan pembelian mobil.

Model Honda lainnya juga turut memberikan kontribusi penjualan Honda pada bulan April 2022 Honda yaitu New Honda CR-V dengan total 775 unit, Honda City Hatchback RS sebesar 435 unit dan Honda Mobilio sebanyak 304 unit. Pada jajaran mobil sedannya, New Honda Accord mencatatkan penjualan sebesar 66 unit, diikuti All New Honda City sebesar 48 unit serta All New Honda Civic RS sebesar 42 unit. Jadi, bagaimana menurut kalian, kawan?

Read Prev:
Read Next: