Honda Indonesia Soal Mesin 1.000 cc VTEC Turbo : Kami Mau Bawa, Tapi…

by  in Berita&Honda&Mobil Baru
Honda Indonesia Soal Mesin 1.000 cc VTEC Turbo : Kami Mau Bawa, Tapi…
0  komentar

AutonetMagz.com – Sepeninggalan mesin 1.000 cc 3 silinder turbo EcoBoost yang ada di Ford Fiesta, sudah jarang kita mendengar pabrikan lain bermain mesin 1.000 cc plus turbo. Bukannya pabrikan lain tidak punya, namun memang nampaknya pasar Indonesia masih ada di tahap awal untuk berkenalan dengan mesin turbo, khususnya di segmen low-end. Merek Korea saja baru berani main turbo sekarang, khususnya dengan kehadiran KIA Stinger dan KIA Seltos.

Masih ingat dengan kemunculan Honda City 2020 di Thailand? Sedan kecil itu akhirnya menanggalkan mesin lamanya dan memperkenalkan mesin 1.000 cc 3 silinder VTEC turbo. Mesin ini baru debut di pasar Asean setelah sebelumnya wara-wiri di negara lain sekitar Asia dan Eropa, dan ini merupakan 1 dari 3 mesin turbo Honda yang ada buat mobil jalanannya. Selain mesin 1.000 cc turbo, Honda juga ada mesin 1.500 cc turbo seperti di Civic, Accord dan CR-V dan 2.000 cc turbo seperti di Civic Type R.

Sebagaimerek yang lagi senang main turbo di Civic, Accord dan CR-V, wajar jika kamipenasaran kapan mesin 1.000 cc 3 silinder VTEC Turbo ini bisa dinikmati diIndonesia. Bussines Innovation & Sales Marketing Director Honda Prospect Motor,Yusak Billy pun menjawab pertanyaan ini. Menurutnya, semuanya akan dikembalikanke kebutuhan konsumen. Maunya mobil/mesin yang bagaimana, maunya dipatok di hargaberapa, dan beberapa faktor lain masih jadi pertimbangan.

Keinginan untuk memasarkannya (mesin 1.000 cc VTEC Turbo) di Indonesia memang ada, tapi bagaimana dengan harganya? Apabila harganya jadi lebih mahal sekitar 30 juta Rupiah, apa masih mau beli?” Tukas beliau. Yusak Billy juga memberikan contoh andai mesin itu ada di Honda HR-V. Memasang mesin 1.000 cc VTEC Turbo di HR-V tentu bukan masalah besar bagi Honda, masalahnya adalah apa ada yang rela menebusnya?

Jika dipasang di Honda HR-V misalnya, dan terjadi kenaikan harga tersebut, biasanya konsumen akan langsung lompat ke CR-V. Jadi kami masih pelajari lagi, apa maunya pasar, apa maunya konsumen, karena kami mencari mana yang cocok,” tutup beliau. Bagaimana menurutmu, apakah mobil kecil Honda seperti Jazz, City, Mobilio, BR-V, Brio hingga HR-V sudah saatnya dipasang mesin turbo atau belum? Sampaikan di kolom komentar!

Read Prev:
Read Next: