All New Honda City Diperkenalkan, Fix Pakai Mesin Turbo!

by  in Berita&Honda&International
All New Honda City Diperkenalkan, Fix Pakai Mesin Turbo!
0  komentar

AutonetMagz.com – Akhirnya, sebuah sedan berbasis All New Honda Jazz yaitu All New Honda City diperkenalkan secara resmi dalam world premiere di Thailand kemarin sore. Yap, All New Honda City tampil dengan tampang baru yang lebih segar, serta beberapa improvement lain di sisi fitur dan juga mesin. Nah, kehadiran All New Honda City juga menjadi momen dimana akhirnya pihak Honda menanamkan mesin 1.000cc 3 silinder VTEC Turbo untuk mobil kompak mereka di kawasan ASEAN. Oke, mari kita bedah mobil ini.

Seperti biasa, mari kita mulai dari desain eksterior dari mobil ini. Kalau kita amat – amati, siluet ala Honda Accord generasi sebelum sekarang nampak muncul di wajah depan All New Honda City. Hal ini wajar, karena All New Honda City menggunakan lampu depan LED model reflektor dengan bentuk yang mirip dengan Honda Accord old gen. Selain itu, All New Honda City juga masih menggunakan grille khas sold wing face Honda dengan laburan krom yang memanjang hingga membentuk alis di atas lampu depannya. Oiya, di antara lampu dan ornamen tersebut terdapat LED DRL tipis yang bak alis menyala. Nah, kalau tipe RS, grille-nya dilabur warna hitam.

Sedangkan Lekukan di bumpernya dihiasi oleh housing lampu kabut berwarna hitam, tapi hanya untuk trim atas saja. Di sisi samping, sayangnya tarikan garis desain sisi ini tidak secantik sisi depan dan belakangnya. Jujur saja, ada beberapa garis yang bertabrakan dengan bentuk depan dan belakang di sisi samping mobil ini. Untuk velg, All New Honda City menggunakan dual tone dengan model yang berbeda untuk 2 trim teratas. Spionnya sudah ada lampu sein, dan untuk trim RS dilabur warna hitam. Pindah ke belakang, All New Honda City menggunakan lampu belakang cantik dengan LED bar yang sekilas mirip milik BMW.

Padahal, kalau diperhatikan lagi, lampu belakang ini masih senada dengan bentuk lampu belakang All New Honda Jazz, dan All New Honda CRV Turbo. Bumper belakangnya minimalis dengan lekukan tegas di sisi terluar dan ada antena model sirip hiu di atapnya. Masuk ke interior, nuansa gelap dihadirkan melalui penggunaan material jok dan dootrim yang kehitaman, hingga dashboard dan atap yang juga hitam. Penggunaan warna semacam ini menghadirkan kesan sporty. Dashboard-nya masih memiliki sedikit kesamaan ide dengan saudara hatchback-nya, hanya saja setirnya masih palang tiga seperti mobil kebanyakan.

Panel instrumennya menggabungkan analog dan digital, dan sistem infotainment-nya tentu sudah layar sentuh serta terlihat integrated. AC sudah digital dan ada mode auto walaupun masih single zone. Namun kabar baiknya, kontroler AC sudah lebih ergonomis dengan model putar dibandingkan model touch panel yang senseless. Di sekitar kontroler AC terdapat beberapa colokan USB dan laci penyimpanan terbuka. Untuk urusan dapur pacu, All New Honda City menggunakan mesin 1.000cc 3 silinder DOHC VTEC-Turbo. Tenaga yang dihasilkan mobil ini mencapai 122 PS, yang mana unggul 2 PS dibandingkan mesin lawasnya yang berkubikasi 1500cc n/a.

Sedangkan torsinya mencapai 173 Nm pada rentang 2.000 hingga 4.500 rpm, sudah sangat cukup untuk sebuah sedan kompak perkotaan. Transmisi? Masih sama menggunakan model CVT dengan 7 percepatan virtual, dan di generasi ini sudah tidak ada transmisi model real man. Untuk urusan fitur keselamatan, All New Honda City dibekali dengan 6 buah airbags, ABS, EBD, BA, HSA, VSA, dan juga kamera mundur. All New Honda City dijual dalam 4 trim di Thailand, yaitu S dengan banderol 579.500 Baht (270,3 jutaan Rupiah), lalu V dengan banderol 609.000 Baht (284 jutaan Rupiah), SV dengan banderol 665.000 Baht (310,2 jutaan Rupiah) serta RS dengan banderol 739.000 Baht (334,7 jutaan Rupiah).

Nah, jadi bagaimana tanggapan kalian terkait sosok All New Honda City ini? Suka atau tidak? Jelaskan kenapa.

Read Prev:
Read Next: