KIA Seltos Dirilis, Pakai Mesin Turbo & DCT Mulai 295 Jutaan!

by  in Berita&Kia&Merek Mobil
KIA Seltos Dirilis, Pakai Mesin Turbo & DCT Mulai 295 Jutaan!
0  komentar

Jakarta, AutonetMagz.com – Akhirnya,s etelah menjadi gosip selama beberapa bulan terakhir, pihak PT Kreta Indo Artha (KIA) sebagai APM resmi KIA di Indonesia sekaligus anak perusahaan Indomobil memperkenalkan sosok KIA Seltos. Sub Compact SUV alias Crossover bermesin turbo ini diperkenalkan secara resmi di beberapa Mall di bilangan Jakarta Selatan dan juga Jakarta Utara melalui pameran untuk beberapa hari ke depan. Lantas, bagaimana sosok KIA Seltos versi Indonesia? Yuk kita bahas.

Dalam peluncuran ini, turut hadir Presdir PT KIA, Bapak ANdrew Nasuri. Andrew menyebutkan, “All New KIA Seltos merupakan model penting bagi KIA karena Seltos memiliki peran penting dalam perluasan jejak global KIA. KIA telah mengadaptasi kekuatan dalam desain, kualitas, dan teknologi untuk memenuhi kebutuhan pelanggan di pasar Indonesia. Dengan All New KIA Seltos, kami membidik konsumen muda yang dekat dan sangat paham teknologi karena mobil ini sarat dengan teknologi dan perangkat keselamatan mutakhir”. Nah, pihak KIA sendiri menjual KIA Seltos dalam 3 varian, yaitu E, EX, dan EX+ yang mana dilepas dengan banderol 295 jutaan, 320 jutaan dan 355 jutaan OTR Jakarta.

Secara desain, sebenarnya kami sudah sempat membahas desain mobil ini di artikel sebelumnya. Kali ini akan kami bahas sedikit, dimana mobil ini terbilang cukup unik. Jikalau kebanyakan crossover kini dibuat ke-coupe-coupe-an, KIA Seltos malah tampil dengan desain mengotak dan atap yang tinggi. Di sisi depan, lampu dan grille menjadi elemen penting yang mana nampak terintegrasi dengan cantik. Bumper depannya minimalis, dan dihiasi dengan lampu kabut model ice cube untuk versi EX+. Pindah ke samping, velg yang digunakan berwarna silver dan sama saja dengan versi India. Sedang di belakang, lampu LED mendominasi lampu belakangnya, kecuali lampu mundur dan lampu sein yang masih halogen.

Secara spesifikasi, KIA Seltos versi Indonesia ditawarkan dengan mesin Kappa Engine 1.400cc T-GDI Dual CVVT. Yap, mesinnya turbo dan mampu menghasilkan tenaga maksimal 140 hp pada 6.000 rpm dan juga torsi maksimal di angka 242 Nm pada rentang 1.500 hingga 3.200 rpm. Yang menarik, mesin berturbo tersebut dipadukan dengan transmisi otomatis 7 percepatan dual clutch, yap DCT sob. Perpaduan ini membuat kami agak de javu dengan mobil lansiran VW ataupun Ford. Untuk kaki – kaki, KIA Seltos menggunakan McPerson Strut di sisi depan dan Coupled Torsion Beam di belakang. Ban 215/60 R 17 diberikan di varian EX keatas, sedangkan 205/60 R16 di varian E alias terendah.

Untuk urusan fitur yang terlihat dari luar, KIA Seltos mendapatkan Sunroof, lampu LED berjejer dengan fitur autolight, dan lampu belakang LED, namun itu untuk varian EX+. Untuk varian EX dan E, KIA Seltos tidak mendapatkan sunroof, lampu LED-nya menggunakan model proyektor, lampu kabut biasa, dan lampu belakang model biasa. Oiya, auto light juga bisa kita temui di varian EX. Untuk semua varian, KIA Seltos dibekali dengan spion elektrik dengan pemanas dan electric fold. Masuk ke sisi dalam, KIA Seltos dibekali dengan setir yang bisa tilt dan telescopicplus ada audio steering switch.

Tetapi, untuk varian EX keatas pihak KIA memberikan setir yang lebih sporty dan berbalut kulit. MID di varian E menggunakan ukuran 3,5 inci, sedangkan di varian EX keatas menggunakan model supervision 7 inci. Jok kulit bisa kita temui di mobil ini, tapi khusus varian tertinggi. Untuk sistem infotainment, KIA Seltos menawarkan head unit 8 inci model floating dengan voice rexognition dan juga android auto dan apple carplay, namun hanya untuk varian EX dan EX+. Varian E hanya mendapatkan layar 3,5 inci dan konektivitas bluetooth. AC digital dengan auto climate juga hanya hadir di varian EX dan EX+ saja.

Sedangkan wireless charging hanya ada di varian EX keatas. Dalam hal keamanan, KIA Seltos dibekali dengan airbags, dimana varian E hanya ada 2 dan varian EX keatas ada 6 buah. Fitur lain seperti ABS, EBD, ESC, HSA, TC Smart keyless entry dengan start/stop button, dan kamera parkir, serta sensor parkir 4 titik pun sudah ada di mobil ini. KIA Seltos juga dibekali dengan drive mode dimana ada beberapa mode berkendara seperti Sport, Eco, Normal, Mud, dan Snow & Sand. Jadi, bagaimana menurut kalian sosok KIA Seltos versi Indonesia ini? Sudah sesuai harapan kalian?

Read Prev:
Read Next: