Generasi Baru Pesawat Honda, Inilah HondaJet Elite S!

by  in Berita&Hi-Tech&Honda
Generasi Baru Pesawat Honda, Inilah HondaJet Elite S!
0  komentar

Penulis : Franco Reynaldi

AutonetMagz.com – Beberapa tahun yang lalu, terjadilah pendaratan pertama dari salah satu kendaraan termahal buatan Honda di Indonesia yaitu HondaJet. Baru-baru ini pada tanggal 26 Mei 2021, pihak Honda Aircraft Company baru saja meluncurkan generasi terbaru dari pesawat light jet mereka yang bernama HondaJet Elite S. Divisi pembuatan pesawat terbang dari Honda tersebut mengutarakan bahwa terdapat beberapa peningkatan operasi penerbangan dengan fitur baru untuk kenyamanan.

Beberapa peningkatan itu sendiri berupa peningkatan berat lepas landas maksimum hingga 200 lbs (90,7 kg) dan dapat terbang hingga 138 mil (222 km) lebih jauh. Ya, bisa muat barang lebih banyak dan terbang lebih jauh. Selain itu, terdapat juga fitur baru seperti Federal Aviation Administration (FAA) Data Comm dengan Aircraft Communications Addressing and Reporting System (ACARS) yang merupakan teknologi yang dapat mengganti perintah suara menjadi pesan berbasis teks yang memungkinkan pilot untuk berkomunikasi dengan pengontrol lalu lintas udara secara efisien.

Posisi Mesin Unik

Konfigurasi Over-The-Wing Engine Mount (OTWEM), hidung dan sayap pesawat Natural Laminar Flow (NLF), badan pesawat komposit, serta rangkaian avionik yang telah disesuaikan di generasi sebelumnya pun masih terlihat digunakan pada generasi terbarunya ini. Sepertinya pihak Honda Aircraft Company masih sangat percaya dengan konstruksi bodi dari light jet ini, terutama konstruksi dari kedua posisi turbin jet yang membutuhkan waktu perancangan hingga 20 tahun lamanya.

Pesawat ini juga akan didukung dengan oleh GE Honda Aero Mesin HF120. Pihak Honda Aircraft Company juga mengatakan bahwa kabin pesawat HondaJet Elite S ini telah dimaksimalkan sehingga masih menjadi kabin pesawat terbesar di kelasnya dan juga akan menjadi pesawat yang hemat bahan bakar dan lebih sedikit mengeluarkan gas rumah kaca dibandingkan kompetitornya.

Berapa Harga Pesawat Honda?

Honda juga mengklaim bahwa pesawat ini masih menjadi pesawat yang paling efisien, paling senyap, tercepat, tertinggi, dan terbang terjauh di kelasnya. Presiden & CEO dari Honda Aircraft Company, Michimasa Fujino mengatakan, “Sejak diperkenalkan pada tahun 2018, HondaJet Elite telah mencapai kinerja terbaik di kelasnya sekaligus menjadi yang paling efisien. Dengan Elite S, kami mengambil satu langkah maju dalam mengembangkan kemampuan pesawat. Sebagai hasil dari inovasi, desain dan rekayasa pada Elite S, kami sekali lagi menetapkan standar baru dalam penerbangan bisnis.”

Pihak dari Honda Aircraft Company sendiri belum menyampaikan kapan dan dimana saja pesawat ini akan mulai dipasarkan. Harga dari pesawat ini pun juga masih belum diketahui disaat penulisan artikel ini dibuat. Namun, jika melihat dari harga yang ditawarkan dari generasi sebelumnya, harga dari pesawat ini mungkin tidak akan “begitu jauh” diatas angka $4.9 juta (65,5 M Rupiah). Itu beberapa tahun lalu lho ya. Apa opinimu? Sampaikan di kolom komentar!

Read Prev:
Read Next: