First Impression Review Honda Accord Facelift 2016 Indonesia

First Impression Review Honda Accord Facelift 2016 Indonesia
0  komentar
honda accord facelift indonesia iims 2016

AutonetMagz.com – Menjadi pabrikan dengan amunisi terbanyak di IIMS 2016, Honda benar-benar tahu bagaimana cara membuat kolom berita penuh dengan bahasan mengenai dirinya. Selain All New Civic Turbo dan Brio yang diberikan ubahan ringan, sedan flagship mereka, Accord juga diberikan penyegaran ringan berupa facelift.

Sedan pesaing Camry, Mazda 6, Teana dst. ini sekarang dibanderol dengan harga 635 jutaan, sudah dalam kondisi on the road Jakarta dengan status CBU Thailand, sama seperti Civic. Lalu, apa saja yang didapatkan konsumen sedan di kelas ini jika memilih Accord dan bukan pesaing-pesaingnya? Simak First Impression Review berikut ini!

Eksterior

Namanya juga facelift, jadi jika bentuk dasarnya masih sama, ya wajar saja. Tapi kami suka cara Honda mengaplikasikan muka Acura ke mobil-mobil baru mereka, terutama yang harganya tinggi. Khususnya di bagian lampu depan LED-nya, karena hanya Honda dan Acura yang punya desain lampu LED unik seperti itu. Mungkin ke depannya semua mobil Honda bakal seperti ini, mengingat tampilan yang khas akan membentuk jati diri mobil dari merek apapun.

honda accord facelift indonesia iims 2016 headlamp

Tapi di Accord ini, tidak hanya lampu utamanya yang LED, malah lampu kabutnya juga sudah LED lho. Coba sesekali amati saat lampu utama, DRL LED dan lampu kabutnya menyala di malam yang berkabut, sinarnya akan kelihatan amat sangat cantik. Belum projector memang, tapi ini sudah sangat cantik. Di bagian depan, ada sensor parkir yang bisa dimatikan atau dinyalakan dari dalam kabin.

honda accord facelift indonesia iims 2016 side mirror camera

Di sisi samping, barulah ketahuan kalau paket Honda Sensing tetap dipertahankan di mobil ini. Ada kamera di spion yang membantu memperluas visibilitas pengemudi ke arah samping, alias mengecilkan blind spot. Fungsi seperti ini jelas meningkatkan nilai keselamatan, dan ini tidak ada di sedan lain, meski di bagian depan mobil ini kami tidak menemukan kamera apapun (entah buat all around view 360 derajat atau adaptive cruise control), tapi ini sudah lumayan.

honda accord facelift indonesia iims 2016 side

Pelek Honda Accord facelift ini ukurannya sangat bongsor, yakni 18 inci. Alhasil, tongkrongannya sangat pas dengan bodi Accord yang besar dan tegas. Bannya juga cukup bergengsi, yakni Michelin Pilot Sport 3 dengan ukuran 235/45 R18. Tentu saja rem cakram plus ABS+EBD+BA pada keempat roda sudah wajib di mobil sekelas ini. Porsi chrome di lis jendela dan handle pintu juga pas, tidak berlebihan dan tidak norak sama sekali.

honda accord facelift indonesia iims 2016 rear

Hal yang sama juga terjadi di belakang, yakni hiasan chromenya pas, ada di bumper dan bagasi. Di sini, kita bisa menjumpai 4 titik sensor parkir dan sebuah kamera parkir, standar di sedan sebesar ini. Sama seperti Civic, lampu belakangnya bertipe LED bar, dan karena ini bukan Accord V6, lubang knalpotnya hanya ada di 1 sisi saja. FYI, sudah tidak dijual lagi Accord bermesin V6, karena minim peminat.

Interior

Di sini juga menjadi nilai jual penting bagi Accord baru, karena desain interiornya mewah dan benar-benar menunjukkan kelasnya. Materialnya apa? Hmm… Saat kami meraba dan menekan dashboardnya, entah kenapa ini seperti dashboard plastik yang seluruhnya dilapisi bahan kulit. Serius, rasanya beda dengan material soft pad pada Civic. Jika ada kesempatan, nanti bandingkanlah sendiri bahan dashboard Civic dan Accord, nanti anda akan mengerti apa maksud saya. Di lain sisi, finishing dan bulit quality-nya mantap. Kenapa Honda yang murah tidak sebagus ini ya kualitasnya?

honda accord facelift indonesia iims 2016 interior

Dengan dilabur warna black dan beige serta pemakaian panel kayu yang bagus, atmosfer mewah yang ingin diangkat bisa tersampaikan kepada siapa pun yang ada di kabinnya. Di setir Accord ada banyak tombol untuk paddle shift, cruise control, MID, audio steering switch control, telepon dan voice command. Tilt & telescopic steering pastinya ada, dibarengi dengan jok elektrik untuk dua jok depan, tapi hanya jok pengemudi yang lumbar support-nya bisa diatur-atur.

honda accord facelift indonesia iims 2016 driver electric seat

Ada kemiripan antara panel instrumen Accord dan Mercedes Benz C-Class W204, terutama kalau melihat spidometernya yang punya layar MID bundar di tengah. Ada aura Mercedes Benz anyar lainnya, dengan tudung panel instrumen yang memanjang hingga ke layar informasi utama mobil di tengah, tapi tentu saja layar milik Accord tidak sebagus Mercy. Headlamp dan wiper Accord juga sudah punya mode auto.

honda accord facelift indonesia iims 2016 instrument panel

Head unit Accord ini tampilannya sama dengan head unit milik Civic Turbo Amerika, khususnya di trim EX-T dan Touring. Apa jangan-jangan ini memang milik Civic ya? Ah sudahlah, sekarang fasilitasnya sudah termasuk navigasi, wi-fi tethering, dan mirroring dengan smartphone, di samping koneksi bluetooth, HDMI, AUX dan USB. Lanjut ke bawahnya, ada AC digital plus dual zone otomatis climate control dan beberapa tempat penyimpanan di dekat tuas transmisinya.

honda accord facelift indonesia iims 2016 head unit

Seperti Ford Everest, Accord punya active noise cancellation yang bisa membuat kabin lebih kedap terhadap suara-suara luar yang tidak diharapkan masuk ke kabin. Sebagai standar, sudah ada mode ECO, 6 airbags,Honda Lane Watch, stability control, tracion control dan hill start assist, emergency stop signal, jok ISOFIX dan lain-lain. Satu hal kecil yang menggelitik : tombol spion dan power window identik dengan milik LCGC Honda, andai saja bisa dipermewah sedikit.

honda accord facelift indonesia iims 2016 transmission

Pengemudi akan menjumpai tombol start merah di sisi kiri, namun tanpa lighting unik seperti Civic Turbo. Kompartemen penyimpanannya cukup banyak, mulai dari kantong di pintu, glovebox penumpang, sejumlah storage di sekitar tuas transmisi, center console box besar yang penutupnya bisa jadi armrest dan masih banyak lagi. Di dekat tuas transmisi, ada tombol untuk pengoperasian blind belakang jika penumpang belakang butuh sedikit privasi.

honda accord facelift indonesia iims 2016 rear seat

Bahan jok kulit di semua baris rasanya sangat mewah, apalagi kalau sudah duduk di belakang, rasanya nyaman sekali. Bodi besar menjamin headroom dan legroom lega, dan sandaran kursi lebih rebah daripada Civic Turbo yang masih agak tegak. Armrest belakang Accord dipasangi tombol untuk mengatur head unit, tapi tidak ada untuk mengatur AC belakang. Jika armrestnya diturunkan, akan terlihat sekat penutup yang bisa dibuka jika kita mau mengambil sesuatu di bagasi.

honda accord facelift indonesia iims 2016 rear armrest

Seluruh kaca belakang dilengkapi blind, baik itu kaca samping maupun belakang seperti yang saya sebutkan tadi. Dibanding rival, tidak ada pengaturan yang lengkap di armrest seperti pada Camry, tapi ada tombol di samping kursi penumpang depan yang bisa dipakai oleh penumpang belakang untuk mengatur posisi jok depan biar mendapat ruangan lebih. FYI, Accord generasi berikutnya konon akan pakai mesin turbo.

honda accord facelift indonesia iims 2016 trunk

Bagasi Accord sangat lega, bisa untuk menampung beberapa travel bag yang anda pakai jika mau bepergian. Karena jok belakangnya terpisah 60:40, pelipatannya jadi lebih praktis dan juga mudah. Di balik bagasinya ini, ada ban serep full size dengan pelek alloy yang modelnya sama seperti keempat ban lainnya. Peralatan darurat juga tersimpan dengan baik di sekitarnya.

Mesin

Masih mempercayakan mesin 2.400 cc 4 silinder yang kini dioptimalkan dengan teknologi EarthDream dari Honda, kini mesin Accord bisa menghasilkan 176 PS dan 225 Nm. Bagus juga, dan dia tidak ikut-ikutan tren CVT yang menjangkiti beberapa Honda anyar, karena sama seperti CR-V, honda masih mengandalkan transmisi torque converter 5 percepatan yang juga sudah dimaksimalkan via teknologi EarthDream yang sama. Bagaimana rasanya? Entahlah, kami belum menjajalnya.

honda accord facelift indonesia iims 2016 engine

Kesimpulan

Di segmen sedan seperti ini, memang beberapa kunci untuk bertahan adalah penampilan, tingkat kelengkapan fasilitas dan perhatian kepada kenyamanan ruang belakang. Accord baru ini sudah menunaikan mayoritas poin itu, karena tampilannya kini makin ganteng, fiturnya juga luar biasa komplit, terutama di depan, fasilitas blind di kabin belakang yang bagus, fitur safety komplit dan ruangan lega. Jempol bagi Accord untuk aspek-aspek barusan.

honda accord facelift indonesia iims 2016 photo

Kekurangan dari Accord sendiri cukup terlihat, misalnya material dasbor yang sangat bisa dibuat lebih baik, absennya port charger 12V dan kontrol AC di belakang dan harganya yang cukup tinggi, yakni 635 jutaan. Apa ini cukup untuk bersaing dengan Camry, Teana, Mazda 6 dan lain-lain? Tinggal waktu yang akan menjawab.

Apa opinimu mengenai Accord baru ini? Sampaikan di kolom komentar!

Read Prev:
Read Next:
  • Nakazato Kira

    Kelemahan lainnya ada satu lagi, yaitu instrumennya menurut saya terkesan biasa, mungkin bagusan kalau ada efek iluminasi di intrumennya

  • Sonic

    Andaikan baris 2 ditambah chargeran, headrest monitor, ac triple zone, sunroof + panoramic, makin ngeri kayanya. hehehe.

  • IlMantul

    Leh uga…
    Tapi Entah kenapa masih naksir sama generasi sebelumnya (all new full size accord) apalagi yang V6 😀

  • Aryo Wicaksono

    grille accord facelift kayak civic FB dan tampilan instrumen agak tua, tapi jarang banget mobil baru zaman sekarang masih pake setir “four spokes” yang berkelas, mesin K24, dan transmisi konvensional yang nyaman, ditambah lagi dengan Honda sensing yang nggak ikutan disunat. top banget, dah.

    • Ismail Fikri

      jonpis mah ama yg 400 juta keatas ga pelit2 amat :v

  • Adamgus

    Mau tanya deh, sebagai saingannya camry yg mobilnya pejabat2 yg biasanya ngeutamain kenyamanan, penggunaan ban ukuran 235/45 R18 terlalu tipis ga sih? Cenderung keras kah?
    Lebar sih memang, traksinya lebih baik.

    Kalo bmw mungkin gue maklum.

    • Rockmeo

      Sepertinya tergantung selera dan desain dari pabrikan itu sendiri
      Kayak contoh honda lebih mengutamakan fun to drive ny dibandingkan kenyamanan baris kedua jadi bisa diliat fitur untuk driver lebih banyak dibanding untuk penumpang
      Beda sama camry yang lebih memanjakan penumpang belakangnya
      Gt aj menurut ane

    • Aryo Wicaksono

      “… bigger wheels, low-profile tyres and sports suspension. You would imagine, therefore, that you were in for a bone-shaking ride. But you’re not. At the BBC’s underground car park in White City there are speed bumps of such severity that in most cars I weave about through the bays rather than drive over them. Even at 1 mph they hurt. But with the Accord they weren’t there. I didn’t feel them at all. It was as if I was trying to park a hovercraft.” – Jeremy Clarkson

      Kata Pakde biar pakai roda besar dan ban tipis tetap nyaman, tuh, karena keempat roda accord masih pakai “double wishbone”, jadi tidak masalah.

  • Mas Bejo Wakwaw (penerus Bejo)

    Seriusan gk ada pengaturan jok depan samping dari belakang secara elektrik?? Padahal yg dulu ada. Liat aja review om fitra part 1 dulu atau video presentasinya. Wkkwkwkw. BTW cakep lah, tambahin sunroof aja dah bagus plus port charge di belakang. Mantep dah

    • Hillarius Satrio

      astaga… tadi baru liat mobilnya lagi, ternyata ada… sori2 saya salah

      • Mas Bejo Wakwaw (penerus Bejo)

        Cepetan diedit, nanti pada salah sangka semua deh

        • Hillarius Satrio

          udah kok, thanks udah ngingetin

          • Mas Bejo Wakwaw (penerus Bejo)

            Yg kesimpulannya gk sekalian bang??? “misalnya minus pengataruan jok depan di bagian samping yang bisa di ……….”

          • Hillarius Satrio

            udah juga.. sori2

          • Mas Bejo Wakwaw (penerus Bejo)

            Ok

      • Aryo Wicaksono

        wah, bahaya nih, Bang Hilsat.

        • Hillarius Satrio

          iya, sori2, lagi kurang konsen…

          • Aryo Wicaksono

            Tenang, Bang. Asal diperbaiki nggak apa-apa.

          • alfian

            makanya bang banyak minum aqua biar lebih fokus

          • Aryo Wicaksono

            edan, bisa jadi iklan aqua. wkwkwk

          • alfian

            hahahah

  • Levi

    Memang Accord ini pantas jd market leadernya big sedan indonesia ?

    Ayo Camry, mana responmu ?

    • ekkyfir

      Camry seharus nya taun ini ganti model…. Tp taun lalu baru fl, well kita tunggu waktu nya aja

      • Levi

        Setuju, jd penasaran nantinya gmn Camry terbaru

        • ekkyfir

          Iya, tp yg bikin penasaran, di taun brp model nya baru nya keluar

    • Jenson

      Sama si market leader camry beda 40 jutaan. Camry yg tipe tertinggi non hybrid 2.5 V harganya masih dibawah 600jt. Apakah worthed ? Yg sy notice keunggulannya di sensor lane watch sm blind spot, sama tirai privasi dibaris belakang

      Oh iya berhubung skrg style headlampnya honda kaya gitu semua. Apakah model LED kaya gini yg non projector lebih bagus daya pancarnya dibanding yg projector ? Soalnya yg dulu civic accord pre fl kan udah projector semua. Apa emg honda milih kompromi style over function

      • Levi

        Lho, skrg market leadernya Camry atau Accord ? Kl di Sby banyakan accord ktimbang camry ?

        Selisih harganya banyak, tp Camry menang di comfort, badak dan kabinnya luas bgt, cmn Accord lbh gengsi rasanya

        • SRF

          Dipadang jarang ane liat all new camry plat item, rata2 plat merah. Malah banyakan accord pre-fl yang plat item. Tapi kalo diliat dari angka penjualan memang banyakan camry sih.

          • Levi

            Hmmm tp jujur aja ane gak suka liat modelbya New Camry, agak terlalu aneh

          • Rockmeo

            Ane malah lebih suka camry sekarang tapi yg versi hybrid y lebih pas dibandingkan sebelum FL

          • gaps

            Model Camry paling oke yg sblom generasi sekarang. Lupa kodenya. Kalo ga salah XV50 ya..asli keren kalo yg itu
            Yg sekarang mau dibikin garis tajem di desainnya cm fail..haha

  • ekkyfir

    Makin bagus penampilan nya, interior nya jg lumayan, lebih bagus drpd sblm fl
    Overall well lah, good job honda, niat buat mobil yg mahal, yg murah kaga ?

  • ju

    interior biasa aja. engine bay semrawut bener !

    • aiueo

      Setuju, bener” amburadul engine baynya

  • dsainbar

    harga segitu tambah dikit dapet seri 3 baru

  • Shark Owner

    Lah kok kurang lengkap nih pembahasannya fiturnya apa yg dikurangi dari VTi-L ES PFL yg berharga lebih mahal (655jt) terus juga mestinya desain velg diganti tuh kayak versi USDM, ini sama plek kayak PFL belum kekinian modelnya he..he.. terus seinget ane di PFL pengaturan jok penumpang depan dari tombol samping biar bisa diatur dari belakang kayak Camry mulai XV40 udah ada deh, malah disunat berarti? Karena kata temen door trim juga jadi kayak versi VTi yg PFL.

    • Hillarius Satrio

      karna dikuranginnya buanyak banget, jadi agak hoream kalo nyebut semuanya

  • putra

    Fitur yang pantas untuk harga segitu.

  • nusantara nusantara

    powernya mirip civic turbo, next gen ganti mesin, harga jual medium sedan, kelas big sedan, galau yg mau beli

  • geox

    baik accord camry jg skrng menurun kok pembelinya dibanding model2 sebelumnya…dikarenakan harga sdh nembus 600jtan…liatvaja dijalan2 gak terlalu byk pemakai camry maupun accord baru…konsumen byk lari kw suv kyk pajero fortuner crv…

    rata2 kalau belu mobil diatas 600 jt oasti konsumen menengah ke atas..ujung2nya pasti beli bmw mercedez benz or harrier yg lebih jelas prestige nya

    • 4×4

      salah satunya juga suv lebih bisa d bawa kmanamana drpd sedan ngeliat faktor jalan yg ga gitu rata, banjir dll

  • Jimmy de Santa

    Sayangnya velgnya gak ngikutin versi Amerika palang 5 ala2 mercy.
    Padahal kalau ngikutin penampilannya bisa nyaingin camry yang keliatan sporty.
    Kalau pake velg ini, kayak gak facelift (karena sama dg yg sebelumnya) dan keliatan tua banget kayak bos2 gadun.
    Paling gak harusnya velg two tone color.

  • farid

    tetap aja mazda 6 lebih value for money menurut saya,apalagi mazda 6 lebih ke sport sedan dibanding camry dan accord yg bisa dibilang sebagai sedan eksekutif.tapi kalau pengen sedan 600jutaan mending gak usah sedan medium brand mainstream kaya gini,lebih prefer kalau pilih mobil premium entry level macam BMW seri 3 atau mercy C-class,udah jelas dapat prestigenya.soal after sales tentu yg menang brand mainstream karena jaringan dealernya lebih luas

    • ariana

      beda kelas
      beda kali gan headroom sama legroomnya…. dimensinya jauh kan

      • gaps

        Mazda6 satu kelas bro sm ini,cm pendekatan Mazda lebih ke driver-oriented. Kalo Accord di tengah2, Camry lebih memanjakan penumpang belakang..

  • aiueo

    Plusnya cuma headlamp ala ala acura
    Mending tunggu teana facelift, mirip maxima jadinya

  • Fikri R

    Di bagian kelebihan tertulis, “fiturnya juga luar biasa komplit”. Tapi di bagian kekurangan tertulis, “absennya port charger 12V dan kontrol AC di belakang”. Jadi kesimpulannya Accord 2016 punya fitur yang kompetitif atau tidak ya?

    • ariana

      luar biasa komplit itu di banding rivalnya gan, ya tetap ada kurangnya

  • Rossidin

    Panoramic sunroof harusnya ada plus kursi pijit pijit wkkw

  • dhimaspr

    Menang banyak nih, Honda…punya Civic & Accord ter-kece. Tapi, Bung HillSat, kayaknya fitur Honda Sensing yg gk disunat cuma blind spot camera aja deh. Adaptive cruise control, collision mitigation & lane keeping assist, pada absen di facelift saat ini…

    Krn waktu ke IIMS kmrn, liat si logo “H” di grille tidak berlapis kaca / lensa lagi. Begitu pula konfirmasi dari salesnya. Pdhl bisa jadi nilai jual lebih buat sikut Mazda6…

  • Indra

    Untuk Head unitnya yg dipakai Accord ini udah ada peningkatan dibanding yg lama, sudah pake 7 inci seperti standarnya HU Honda yg dipakai di Jazz, City, HR-V, Civic, dll. Maksudnya yg HU full Spec di mobil Honda di Indonesia cuma Accord dan Odyssey, yg lainnya disunat jadi HU aftermarket atau pake Android.

  • Levi

    Entah kenapa headlamp itu sprti mata yg kena katarak

    CMIIW

  • Ismail Fikri

    aishh mantab, gw kira Accord Fl gabakal ada reviewnya, good job Autonet!

  • aditya prihandy

    sayang velgnya belom two tone color. hu nya udah ada GPSnya?

  • Abc

    Interiornya lumayan bagus ya accord, tp ya klo kenyamanan sy pilih camry, suspensi belakangnya enak bgt klo ngelibas polisi tidur hehe

  • Farhanmasyara

    Kak buat video first impression nya ayo

  • maklum saza ini dari Thailand.. coba kalo lokal.. seperti apa.. wkwkwk

  • The Graduates

    Tinggal camry nih, si astra masih pelit gak tuh ngasih airbag cuma 2 biji, gk ada stability control lagi. Yg versi hybrid cuma 4 doang tuh airboobsnya