Produsen iPhone Akan Merancang Motor Listrik

0  komentar

AutonetMagz.com – Indonesia adalah pasar yang empuk untuk berjualan smartphone, dan Apple iPhone adalah salah satu yang cukup banyak laku di Tanah air. Lho – lho, ini kan media otomotif, ngapain bahas smartphone? Sabar dulu, kami tidak akan membahas iPhone generasi terbaru kok, namun informasi ini erat kaitannya dengan ponsel pintar milik Apple tersebut. Adalah Foxconn, sebuah perusahaan multinasional, bermarkas di Taiwan yang dikenal sebagai pihak outsource yang memproduksi iPhone dan iPad bagi Apple.

Foxconn yang mahir dalam dunia elektronik, seperti teknologi papan sirkuit dan komponen elektrikal lainnya dikabarkan akan merancang sebuah motor. Tentunya sang motor tak akan jauh – jauh dari bidang ahli Foxconn terkait elektrikal. Ya, motor listriklah yang akan dibangun oleh Foxconn untuk brand motor Evoke. Ada yang sudah familiar dengan brand ini? Jadi Evoke adalah sebuah merek motor listrik yang berdomisili di China sana, namun perusahaan ini didirikan oleh para ekspatriat dari Eropa, Kanada, dan Amerika yang tinggal di Beijing. Jadi produk China rasa kebarat – baratan.

Evoke sendiri telah menelurkan sebuah Motor listrik bernama Evoke Urban S yang akan di outsource ke Foxconn. Jika peminat memesan sang motor listrik ini sekarang, baru bulan Juli unitnya akan hadir. Mahar sebesar 200 Dollar Amerika atau setara 2,6 juta rupiah sebagai down payment, sedangkan harga total sang motor adalah senilai 125,4 juta rupiah. Harga yang cukup tinggi ya untuk motor buatan China, namun ingat ini motor listrik. Zero DS yang pernah kami review saja punya harga 230 juta dua tahun lalu.

Nah, mari kita dalami motor ini dulu. Evoke Urban S akan mendapatkan pembaharuan tahun ini, dan bisa jadi unit yang akan di produksi oleh Foxconn adalah unit yang terbaru. Urban S akan membawa baterai Samsung SDI yang bertenaga 9 kWh yang kini mampu menempuh jarak 199,9 km di dalam kota dan 119 km di jalan bebas hambatan. Angka tersebuh jauh meningkat dari generasi yang sudah ada saat ini yang hanya mampu menempu 133,5 km di perkotaan dan di jalan bebas hambatan sejauh 80,4 km saja.

Urban S akan menggendong motor listrik bertenaga 25,4 hp dan torsi wow yaitu 116,6 Nm yang sukses mencapai kecepatan maksimal 130 km/jam. Akselerasi 0-50 km/jam ditempuh dalam 2,5 detik saja, tapi 50 km/jam ya bukan 100 km/jam. Bobot sang motor listrik tak bisa dikatakan enteng, 180kg adalah berat yang harus di tanggung pengendara Urban S. Motor ini juga bebas dari penggunaan rantai, jadi penggunanya tak perlu memikirkan kapan harus mengganti atau merawat rantai motor.

Anda juga tak akan menemukan tuas rem di kaki layaknya motor bermodel sport naked lain, persneling dan kopling juga tidak ada di motor listrik ini. Tuas rem semuanya beroperasi di tangan, jadi anda akan mengemudikan motor ini layaknya skutik, namun berbodi besar, dan berat. Kaki – kaki sang motor pun terbilang oke, dengan 110/70 di depan dan 140/70 di belakang. Duadisc brake diterapkan di ban depan, sedangkan single disc brake di belakang.

Dan salah satu yang menarik adalah adanya navigasi GPS yang memiliki layar 5 inci untuk memandu pengendara mencari lokasi tujuan, tapi bentuknya kok mirip instrumen CBR 150 K45 Lokal ya. Secara desain, tidak ada yang spesial dengan Urban S, lampu depannya desainnya bisa dikatakan cukupan, sedang dari jok ke belakang kita sekali lagi kita seakan melihat aura CBR 150 K45 Lokal yang dijual di Indonesia, baik split seat, behel, hingga lampunya.

Tidak bisa kita pungkiri, pergerakan teknologi mengarah pada kendaraan berbasis listrik, dan di pasar roda dua, sudah ada Zero yang kta kenal, dan sebentar lagi anak – anak muda Tanah air akan memproduksi GESITSyang dimotori Garansindo bersama dengan mahasiswa kampus perjuangan, ITS Surabaya. Jadi, kerjasama Foxconn dan Evoke adalah sebuah langkah yang bisa dikatakan cukup baik. Memproduksi motor listrik lebih banyak, dan mungkin akan lebih murah. Bagaimana pendapat kalian, sob? Sampaikan di kolom komentar ya.

Read Prev:
Read Next: