Ford Ranger Raptor Diluncurkan dengan Mesin Twin-Turbo V6 Bertenaga 288 HP

Ford Ranger Raptor Diluncurkan dengan Mesin Twin-Turbo V6 Bertenaga 288 HP
0  komentar

Autonetmagz.com – Ford memperkenalkan Ford Ranger Raptor di Eropa pada Agustus 2018 dan sekarang sudah saatnya double cabin bertenaga tersebut brganti model ke generasi berikutnya. Desas-desus itu benar karena double-cabin berukuran sedang mendapatkan mesin EcoBoost V6 3.0 liter yang lebih besar. Memang mesin itu tidak menghasilkan sampai 400 hp seperti pada Ford Explorer ST, tetapi masih menjadi yang salah satu terbesar untuk segmen ini.

Perbedaan di Mesin dan Suspensi

Mesin twin-turbo tersebut telah disetel menjadi 288 hp dan 491 Nm, yang berarti torsinya turun sebesar 9 Nm dibandingkan dengan generasi sebelumnya (500 Nm). Namun demikian, tenaganya naik drastis mengingat Ford Ranger Raptor lama dengan mesin EcoBlue-nya “hanya” memiliki tenaga 210 hp. Seperti pada generasi sebelumnya, output disalurkan ke jalan melalui transmisi otomatis 10-speed. Ford Ranger Raptor dengan pilihan mesin diesel masih akan ditawarkan. Pada mesinnya terdapat teknologi anti-lag yang diadaptasi dari Ford GT dan Ford Focus ST. Anti-lag membuat sepasang turbo berputar hingga tiga detik setelah melepaskan kaki dari pedal akselerator.

Seperti yang Anda harapkan, Ford Raptor mendapatkan suspensi yang lebih kokoh untuk kemampuan jelajah yang lebih baik. Terdapat lower control arms aluminium yang lebih besar dengan sistem Watt’s link di bagian belakang. Ford memasang shocks FOX 2,5 inci untuk meredam guncangan dibandingkan dengan generasi sebelumnya. Sehingga travel suspensi menjadi lebih jauh dibandingkan dengan Ford Ranger standar.

Ford Ranger Raptor 2023 untuk pasar Eropa mendapatkan sistem penggerak empat roda permanen dengan tow speed transfer case yang dikontrol secara elektronik. Ada locking diffreential di bagian depan dan belakang bersama dengan tujuh mode berkendara yang dapat dipilih: Normal, Sport, Slippery, Rock Crawl, Sand, Mud/Ruts, dan Baja. Ia juga mendapatkan sistem off-road Trail Control, yang bekerja pada kecepatan hingga 20 mph (32 km/jam).

Eksterior dan Interior

Pada bagian eksterior, terdapat Fender tebal dan velg 17 inci yang dibungkus ban all terrain. Pada bagian belakang dilengkapi knalpot sporty dengan flap yang dapat disesuaikan untuk memodifikasi suara yang dihasilkan dengan cepat. Lampu depan dengan matriks LED adalah perlengkapan standar, berikurt air intake dan side step aluminium.

Di interiornya terdapat sport seats yang terinspirasi dari jet tempur, sementara aksen warna Code Orange mempercantik suasana kabin. Paddle shift magnesium juga tersedia eksklusif untuk Raptor, yang juga mendapat sistem audio Bang & Olfusen 10-speaker. Terdapat juga kluster instrumen digital 12,4 inci yang disertai dengan layar sentuh vertikal dengan SYNC 4 dan dukungan nirkabel untuk Android Auto dan Apple CarPlay.

Ford akan memulai pengiriman pelanggan Ranger Raptor EcoBoost di Eropa pada akhir musim panas, sementara versi diesel menyusul tahun depan. Belum ada kabar tentang ketersediaan di AS, tetapi sebuah laporan baru-baru ini menunjukkan bahwa produksi di pabrik Michigan akan dimulai pada Mei 2023. Bagaimana menurut kalian? Sampaikan di kolom komentar.

Read Prev:
Read Next: