Demi Mempermudah Proses Daur Ulang Komponen Mobil, Ford Pelajari Kaki Tokek?

by  in Berita&Ford&Hi-Tech
Demi Mempermudah Proses Daur Ulang Komponen Mobil, Ford Pelajari Kaki Tokek?
0  komentar
tokek

AutonetMagz.com – Eits, ini tidak bercanda ya. Mungkin anda bertanya, apa korelasinya tokek dengan mobil? Jadi begini, anda tahu tokek kan? Kadal yang kadang suka ngumpet di balik tembok rumah, dan bagi orang Jawa reptil ini punya beberapa hal unik yang berkaitan dengan mitos, paling utamanya sih soal bunyi tokek yang katanya bisa mendatangkan rezeki. Tapi sekarang kita tidak perlu bahas mitos, kita bahas sains.

Semua tahu kan kalau tokek –atau mungkin cicak juga – bisa merayap di tembok maupun langit-langit? Seekor tokek bisa berjalan gampang di tembok atau langit-langit tanpa meninggalkan lendir atau residu apapun pada tiap jejak langkahnya. Selain itu, kaki tokek diklaim mampu menahan beban hingga 135 kilogram. Bagian kaki tokek inilah yang menarik bagi Ford dalam pencarian teknologi untuk proses daur ulang mobil.

kaki tokek

Memang, kendaraan masa kini sudah ada yang mudah didaur ulang, BMW i3 contohnya. Akan tetapi, material adhesif masih menjadi gangguan besar dalam proses daur ulang mobil. Lem yang dipakai untuk menempelkan busa ke plastik atau metal itu susah sekali untuk dihilangkan, sehingga bagian yang ada lem itu jadi rongsokan yang tidak bisa didaur ulang.

Bekerja sama dengan Procter & Gamble, Ford mempelajari kaki tokek supaya bisa mendapat rahasianya soal perekat yang kuat namun ramah lingkungan serta gampang didaur ulang. “Memecahkan masalah ini akan membantu pengurangan ongkos produksi dan pelestarian lingkungan,” kata Debbie Mielewski, pimpinan senior teknis Ford soal plastik dan kelangsungan lingkungan hidup.

ford-shelby-gt350r-3d

Artinya kita bisa meningkatkan potensi daur ulang l busa dan plastik, dan mengurangi jejak barang sampah di lingkungan kita,” tambahnya. Ford berharap rahasia kaki tokek bisa mereka pecahkan dan bermanfaat dalam proses manufaktur mobil. Belum diketahui kapan penelitian ini bakal selesai, jadi kita tunggu saja hasilnya.

Untung yang dipelajari kakinya ya, bukan bunyinya. Bayangkan, kalau misalnya nanti yang dipelajari bunyi tokek, bakal ada mitos baru seperti ini : “Kalau kamu dengar geberan mesin Ford atau suara klakson mobil Ford dalam jumlah ganjil, kamu bakal dapat rezeki nomplok.” Ada-ada saja. Bagaimana pendapatmu soal penelitian ini? Sampaikan di kolom komentar!

Photo courtesy : NatGeo, mnmcdn

Read Prev:
Read Next: