Apa, Ford Mustang V8 Ikut Lomba Irit Bensin?

by  in Ford&International
Apa, Ford Mustang V8 Ikut Lomba Irit Bensin?
0  komentar

AutonetMagz.com – Mesin berkapasitas besar dan bersilinder banyak biasanya jauh dari kata irit bensin, dan mesin V8 milik Ford Mustang bukan pengecualian. Jadi cukup bisa dibayangkan, untuk memenangkan sebuah kontes efisiensi BBM bertajuk MPG Marathon di Inggris, harus mengandalkan mesin yang efisiensinya tinggi. Nah, alih-alih mengandalkan Fiesta Ecoboost atau diesel TDCi, Ford UK malah mengandalkan Mustang V8.

Memang, mengandalkan Ford Mustang V8 untuk ikut kontes irit-iritan bensin sama saja seperti mengandalkan belalang untuk ikut kontes terbang, tapi apa kata MPG Marathon saat tahu mobil yang punya konsumsi BBM rata-rata sekitar 7-8 km/liter ini ikut lomba?  “Hal yang hebat tentang MPG Marathon adalah bahwa ia juga turut menjelaskan soal gaya mengemudi yang sama pentingnya dengan mobil yang irit jika bicara soal efisiensi,” kata event organizer, Jerry Ramsdale.

ford-mustang-convertible-open-top

Dengan memasukkan mobil seperti Mustang dan menunjukkan pada dunia berapa jauh para kru bisa memperbaiki angka konsumsi BBM di atas hasil konsumsi BBM resmi, Ford mendemonstrasikan bagaimana mobil yang dibuat untuk performa bisa irit bahan bakar jika dikendarai dengan cara yang bertanggung jawab dan eco-friendly,” tambahnya. Yap, mereka tidak peduli-peduli amat soal akselerasi 0-100 dalam 4,2 detik, mereka penasaran kalau mesin boros ini bisa diiritkan lagi atau tidak.

Yang akan mengendarai Ford Mustang itu adalah Andy Dawson, mantan kru reli Ford dan Andy Marriott, mantan juara MPG Marathon yang dulu mengandalkan Ford Fiesta ECOnetic 1.6 TDCi. “Sejak Ford Mustang setir kanan tiba di Inggris pada awal tahun, lebih dari 3.000 unit telah dikirimkan ke pemiliknya, dan sekitar dua pertiganya adalah yang bermesin V8 5.000 cc,” kata direktur penjualan Ford UK, Kevin Griffin. “Mustang telah naik ke puncak penjualan terlaris, tapi kami di sini untuk membuktikan konsumsi BBM Mustang kami.”

ford-mustang-convertible-rear

Bisa jadi ada harapan sebenarnya. Ingat di Top Gear, saat sebuah BMW M3 bermesin 4.000 cc V8 disuruh untuk membuntuti Toyota Prius selama beberapa putaran? Hasilnya malah konsumsi BBM M3 lebih irit daripada Prius. Clarkson waktu itu menyimpulkan, bukan soal apa yang dikendarai, tapi soal bagaimana kita mengendarai mobilnya. Apa opinimu? Sampaikan di kolom komentar!

Read Prev:
Read Next: