Mobil Listrik Ford Akan Gunakan Platform VW!

by  in Berita&Ford&International
Mobil Listrik Ford Akan Gunakan Platform VW!
0  komentar

AutonetMagz.com – Kita sudah sama – sama tahu bahwa pabrikan asal Amerika Serikat, yaitu Ford dan juga Volkswagen telah bersepakat untuk bahu membahu membangun mobil komersial bersama. Nah, namun ternyata nota kerjasama antara keduanya tidak berhenti di segmen komersial saja, namun juga mencakup segmen mobil listrik, hingga mobil otonom. Nah, yang terbaru, Ford dikabarkan bakal memiliki akses untuk menggunakan platform milik VW untuk mobil lansiran mereka.

Mengutip dari laman Reuters, baru – baru ini telah tercapai kesepakatan antara Ford dan juga VW mengenai penggunaan platform lansiran VW untuk mobil – mobil listrik yang bakal dikembangkan oleh Ford. Nah, platform ini sendiri mengacu pada MEB platform (Modularer E-Antriebs-Baukasten) milik VW yang memang menjadi basis dari mobil – mobil listrik milik VW. Sejauh ini, belum ada detail lebih lanjut mengenai informasi ini, namun kabarnya petinggi dari VW bakal buka suara terkait kesepakatan ini dalam minggu ini. Ford sendiri bak mendapatkan durian runtuh dengan kesepakatan akan akses ini.

Bagaimana tidak, dengan akses ke MEB platform, maka pihak Ford akan dengan leluasa membangun mobil listrik dengan harga yang lebih terjangkau. Kok bisa? Karena pihak Ford tidak perlu mengeluarkan biaya besar untuk riset dan pengembangan platform mereka sendiri, toh tinggal pakai dan disesuaikan. Pihak VW sebagai sang empunya platform ini juga sudah mengklaim bahwa MEB platform milik mereka sangat fleksibel. Bahkan, saking fleksibelnya, platform ini bisa digunakan untuk membangun sebuah hatchback listrik, crossover listrik, hingga van komersial listrik.

Pihak VW sendiri juga memiliki agenda penting dengan MEB platform pada tahun 2019 ini, yaitu memperkenalkan produk pertama yang dibangun dari platform tersebut. Dan produk tersebut adalah VW ID 3 yang menggunakan motor listrik bertenaga 170 PS dan kabarnya akan dipasarkan dengan banderol di angka 30.000 Euro atau setara 475 jutaan Rupiah. Nah, selain flaksibel untuk segmen mobil yang jamak, MEB Platform juga memiliki fleksibilitas yang baik untuk beberapa jenis kapasitas baterai. VW mengklaim bahwa platform ini mampu mengakomodir beberapa variasi range, mulai dari 330 km, hingga 550 km.

Jadi, kita nantikan saja bagaimana nanti pihak VW dan Ford bakal mengumumkan kesepakatan mereka terkait penggunaan bersama MEB platform ini. Yang jelas, akan sangat menarik jika nantinya Ford memiliki keleluasaan untuk membangun mobil listrik. Bagaimana menurut kalian?

Read Prev:
Read Next: