Ini Detail dan Teaser Hypercar Mercedes Benz Berteknologi F1

Ini Detail dan Teaser Hypercar Mercedes Benz Berteknologi F1
0  komentar

AutonetMagz.com – Saat Paris Motor Show 2016, Mercedes Benz akhirnya sedikit mengakui kalau mereka sedang mengembangkan hypercar baru yang akan mengambil banyak hal dari riset serta teknologi balap F1 mereka. Adalah Tobias Moers yang menyandang jabatan sebagai kepala divisi Mercedes-AMG. Teasernya pun mulai diungkap, serta ia menjanjikan beberapa detail yang bisa membuat the holy trinity generasi ketiga (LaFerrari, P1, 918) ketar-ketir.

Kami akan pakai mesin mobil F1 kami. Kami pakai juga teknologi F1 kami langsung. Semuanya harus kami adaptasikan,  tapi mesinnya akan tetap 1.600 cc V6,” katanya sembari menunjuk mesin F1 yang sudah disuntik turbo dan sistem hybrid. Menurut Autoblog, hypercar misterius ini akan pasang sistem aerodinamika aktif… Wait, yang ini bukan hal baru sih, supercar road legal kekinian juga nyaris semua punya aerodinamika aktif.

mesin-v6-turbo-hybrid-mercedes-benz-f1

Kalau begitu, bagaimana dengan info bahwa mesin 1.600 cc V6 turbo hybrid tersebut akan diperas tenaganya hingga kisaran 1.000 hp? Gila juga sebenarnya, mengingat Buggati dan Koenigsegg saja harus pakai mesin yang jauh lebih besar untuk bisa tembus 1.000 hp. Redline mesin gila ini diperkirakan di kisaran 10.000 hingga 11.000 rpm. Jika yang punya Mazda RX-8 bangga dengan mesinnya yang bisa di-gaspol hingga 9.500 rpm lebih, mobil misterius Mercedes Benz ini lebih tinggi lagi.

mercedes bens amg petronas f1 w07

Mengenai seberapa besar teknologi F1 akan di adaptasi oleh Mercedes Benz dari habitat aslinya, yakni sirkuit supaya bisa layak di jalan raya, Moers berkata,”Kita tidak sedang membicarakan ‘terinspirasi dari’, tapi mesinnya ya mesin itu. Seluruh bagian mesin, termasuk baterainya, adalah mesin paling efisien yang saya tahu dalam hal efisiensi termal.” Dia menambahkan, bahwa saat mesin ini masuk fase produksi untuk hypercar tersebut, efisiensi termalnya akan sedikit menurun dibanding saat mesin itu dibuat hanya untuk mobil F1 Mercedes Benz.

Namun ia yakin bahwa efisiensi termalnya akan tetap jadi yang terbaik meski sudah menurun sedikit dibanding versi F1 murni. Soal jumlah produksi, Moers bilang kalau utamanya tergantung minat dan ketertarikan konsumen, namun kisi-kisinya adalah,”Akan lebih dari 100 unit, tapi tidak sampai 500 unit.” AMG pun sekarang sedang mengukur seberapa besar minat konsumen, sekaligus mencatat pesanan bagi mereka yang minat serius dengan mobil gila ini.

mercedes benz amg vision gran turismo

Kami sedang menguji mobil ini di simulasi tes Nordschleife,” tutup Moers sembari menyatakan kalau mobil ini sangat menjanjikan. Well, penasaran juga sih, soalnya kalau melihat Mercedes Benz yang bisa bikin mesin 2.000 cc 4 silinder turbo terkuat di dunia saat ini, mereka memang sedang juara soal permesinan (terlepas waktu F1 Sepang kemarin mesin mereka kebakaran). Apa opinimu soal detail kecil mobil misterius Mercedes Benz ini? Sampaikan di kolom komentar!

Read Prev:
Read Next: