SUV Ford Berbasis Mahindra XUV500 Rilis Tahun Depan

by  in Mobil Baru
SUV Ford Berbasis Mahindra XUV500 Rilis Tahun Depan
0  komentar

AutonetMagz.com – Di awal tahun 2018 silam, Ford pernah mengutarakan niat mereka untuk meminjam platform mobil milik Mahindra untuk membangun sebuah SUV baru di India. Dan kali ini, nampaknya niat dari Ford tersebut sudah mendekati realisasi. Sebuah kabar muncul dan menunjukkan bahwa proyek SUV antara Ford dan Mahindra sedang berjalan. Dan kabarnya, pertengahan tahun 2021 mendatang SUV ini bisa dirilis resmi oleh pihak Ford.

Mahindra XUV500

Mengutip informasi via GaadiWaadi, ada beberapa detail yang bisa kita ketahui saat ini. Pertama, SUV baru Ford tersebut nantinya akan menggunakan platform yang sama dengan Mahindra XUV500, tetapi versi terbaru. FYI, untuk saat ini pihak Mahindra masih menjual Mahindra XUV500 versi lawas, dan kami pun sempat mencobanya kala ke India beberapa waktu lalu. Sedangkan generasi terbarunya yang berkode W601 sedang diuji. Jikalau melihat segmentasi dari Mahindra XUV500, maka SUV baru Ford tersebut akan masuk ke C-Segment yang memiliki dimensi yang seharusnya setara dengan Nissan X-Trail, Wuling Almaz dan kawan – kawannya.

Nah, selain menggunakan platform dari Mahindra, nantinya SUV baru Ford juga akan menggunakan mesin milik Mahindra. Mesin yang akan digunakan adalah mesin 2.000cc Diesel yang sudah memenuhi standar BS-VI sesuai regulasi di India. Mesin ini kabarnya memiliki tenaga mencapai 180 hp, dan akan digunakan oleh beberapa produk Mahindra lainnya seperti Mahindra Thar dan Mahindra Scorpio SUV. Jadi, apakah SUV baru Ford ini akan menjadi kembaran XUV500? Tidak juga, karena kan ada pembeda diantara keduanya, seperti contohnya setting suspensi digarap oleh Ford yang diklaim menghadirkan handling lebih baik.

Pabrik Mahindra Chakan, Pune

Selain itu, tentunya secara desain eksterior dan interior akan berbeda dibandingkan dengan XUV500. Untuk produksinya, nantinya SUV baru Ford akan diproduksi di pabrik Mahindra di Chakan, Pune. Kami pun pernah mengunjungi pabrik tersebut, dan pabrik Mahindra di Chakan memang menjadi rumah bagi XUV500. SUV baru Ford ini kabarnya akan hadir di pertengahan tahun depan dan menantang rival lain seperti KIA Seltos, Hyundai Creta, dan MG Hector. Untuk harga jualnya, kabarnya SUV ini akan dibanderol antara 13,5 hingga 20 lakh. Artinya, antara 275 jutaan hingga 400 jutaan Rupiah.

Bagaimana pendapat kalian, kawan?

Read Prev:
Read Next: