Aha, Ini Dia Deskripsi Lengkap Fitur All New Toyota Fortuner 2016 Indonesia!

Aha, Ini Dia Deskripsi Lengkap Fitur All New Toyota Fortuner 2016 Indonesia!
0  komentar

review All New Toyota Fortuner 2016 Indonesia videoAutonetMagz.com – Menunggu peluncuran Toyota All New Fortuner di Indonesia rasanya tidak akan lama lagi, karena gosipnya PT Toyota Astra Motor akan segera merilisnya akhir Januari ini. Sembari menunggu, mungkin lebih enak kita menonton video penjelasan produk yang belum lama beredar di internet. Namanya saja penjelasan produk, pasti ada deskripsi fitur yang disematkan di penantang Ford Everest baru dan All New Mitsubishi Pajero Sport yang sudah kami review kemarin.

Ngomong-ngomong, saya sedikit bingung waktu pembukaan videonya, karena background musik video ini mirip dengan lagu Thirty Seconds to Mars – Kings and Queens. Ah, sudahlah, kita lanjut saja. Karena sudah tidak penting membahas wujud Fortuner, mari kita mulai dari fitur di eksterior. Pertama, lampu depannya, di mana untuk tipe SRZ dan VRZ memiliki Bi-LED headlamp yang menggabungkan fungsi lampu dekat dan lampu jauh dalam satu lampu LED. DRL LED? Ada dong.

Lampu LED Projector headlamp Toyota Fortuner baru 2016

Di video ini pula, dijelaskan bahwa lubang untuk mengalirkan udara ke intercooler sudah pindah ke bumper depan, tidak di kap mesin seperti Fortuner VNT lawas. Pelek 18 inci dengan two-tone yang manis dijelaskan hanya ada untuk tipe SRZ dan VRZ juga. Di bagian sampingnya, video ini meng-highlight desain garis jendela yang unik serta kesan floating roof di pilar C. Hiasan lain berupa antena sirip hiu dan roof rail pun hadir, tidak lupa dengan side step.

Toyota Fortuner baru 2016 All New Indonesia tampak samping side view

Nah, sektor buritan Fortuner dipercantik dengan sepasang lampu LED bertipe garis, meninggalkan lampu bermika bening pada Fortuner lama yang sengaja dibuat mirip dengan Toyota Altezza. Sekali lagi, varian SRZ dan VRZ dibuat spesial dengan adanya power back door alias pintu bagasi elektrik yang bisa dioperasikan via remote kunci. Kami rasa ini lebih berguna dari vacuum door di pintu bagasi Kijang Innova.

Lampu LED stripe dan Power back door fitur Fortuner baru 2016

Semua tipe Fortuner Indonesia sudah punya sensor parkir, tapi hanya tipe SRZ dan VRZ yang punya kamera parkir. Saat kita mau masuk ke kabin Fortuner, lampu welcome light di spion akan menyala untuk menyambut dan menerangi area sekitar mobil. Interior Fortuner baru digambarkan dengan dominasi warna cokelat tua, dan berita baiknya, tidak ada wood panel murahan seperti di Mitsubishi Pajero Sport.

Sensor parkir dan kamera parkir rear parking camera All New Toyota Fortuner 2016

Kami harap materialnya lembut dan mahal, karena di video sepertinya bahannya soft touch meski masih kelihatan ada beberapa material plastik. Kalaupun memang ada plastik, harapannya plastiknya yang bagus dan kokoh. Dari video juga, (mungkin) joknya sudah dilapis kulit dan semoga bukan fabric, karena memang sudah layak dan sepantasnya mobil sekelas Fortuner, Pajero Sport dan Everest diberikan jok kulit sebagai standar. Panel instrumennya sebelas-dua belas dengan Camry, Kijang Innova dan Hilux. Fitur dan interior kabin Toyota All New Fortuner baru 2016 versi Indonesia

Seperti Kijang Innova juga, ada cooler box untuk mendinginkan minuman. Jika umumnya lampu kabin mobil biasa berwarna kuning, Fortuner SRZ dan VRZ sudah punya lampu kabin LED bercahaya putih, yang memang lebih mewah dan baik dibanding lampu biasa. Head unit Fortuner serupa dengan Innova, tapi Fortuner punya fitur navigasi sementara Innova tidak punya. Sisanya, masih ada air gesture, miracast,mirrorlink dan lain-lain.

Audio head unit All New Toyota Fortuner baru 2016 headunit

Atap Fortuner didesain dengan bubble head lining untuk memberikan headroom ekstra. Apa ini paham desain baru? Tidak juga, karena metode desain ini sudah ada di Ford GT40, mobil balap berusia 40 tahun yang terkenal dengan Gurney Bubble di atapnya itu. Akses ke baris ketiga kini bertipe one touch tumble seperti pada Kijang Innova, dan pelipatan bangku baris ketiganya juga sama dengan Innova, yakni dengan cara dilipat ke samping. AC digital dengan fitur auto sudah ada dalam sajian bawaan Fortuner, dan penumpang belakang mendapat kontrol AC terpisah dari depan.

Posisi duduk dan fitur monitor video di kabin belakang Fortuner baru 2016

Fortuner punya rear seat entertainment berupa 1 monitor di plafon mobil, dan hal ini tidak ada di Kijang Innova. Di baris kedua juga kita dapat mencolokkan mobile charger ke power supply 12V untuk mengisi daya gadget. Sejauh ini, fitur yang ada di Innova tapi tidak ada di Fortuner adalah meja lipat dan ambient lighting. Oh ya, rear seat entertainment dikabarkan hanya ada untuk tipe SRZ dan VRZ.

Pengemudi Fortuner VRZ berhak atas jok pengemudi elektrik, termasuk setir dengan pengaturan tilt dan telescopic. Layaknya Kijang Innova, Fortuner sudah punya start-stop button, pilihan mode berkendara antara power mode dan eco mode. Transmisi matik Fortuner juga sudah 6 percepatan, lengkap dengan mode manual secara paddle shift maupun manual di tuas transmisinya.

Fitur baru di All New Toyota Fortuner 2016 stri telescopic steering

Mesinnya? Untuk yang diesel, dipastikan pakai mesin diesel GD baru yang ada juga di ruang mesin Innova diesel, 2.400 cc 4 silinder turbo diesel dengan tenaga 149 PS dan torsi hingga 36,7 kgm. Untuk mesin bensinnya, adalah mesin 2.700 cc 4 silinder lama yang dilengkapi teknologi Dual VVT-i. Fitur terakhir yang ditunjukkan dalam video tersebut adalah lampu follow me home.

Test driver Toyota All New Fortuner 2016 baru Indonesia

Kiranya sekelumit pemaparan fitur All New Toyota Fortuner 2016 tersebut bisa menjelaskan apa yang kita dapat jika ingin memiliki Fortuner baru, khususnya tipe VRZ dan SRZ. Atau mungkin, kita bisa membandingkannya dengan kompetitor sekelas seperti Ford Everest dan Mitsubishi Pajero Sport yang sudah kami review.

Bagaimana opinimu mengenai fitur All New Toyota Fortuner ini? Sampaikan di kolom komentar dan tonton video penjelasan fitur All New Toyota Fortuner 2016 di bawah ini agar lebih jelas.

Read Prev:
Read Next: