Rio Haryanto Amankan Posisi Kedua Klasemen di GP2 Series Spanyol

by  in  Berita & International & Motorsports
Rio Haryanto Amankan Posisi Kedua Klasemen di GP2 Series Spanyol
0  komentar
Rio-Haryanto-GP2-Spanyol

AutonetMagz.com – Rio Haryanto, pembalap muda Indonesia yang bertalenta emas pulang dari Barcelona dengan mempertahankan posisi kedua klasemen di balap mobil GP2 Series. Pembalap ang didukung Pertamina tersebut menambah 4 poin berharga dari sprint race berlangsung selama 26 lap (120,904 km) di Circuit de Barcelona-Catalunya, Barcelona, Spanyol.

Sesaat sebelum start, rekan setim Rio di Campos Racing, Arthur Pic, salah menempati grid dan formation lap terpaksa harus diulang. Ketika lomba dimulai, Rio harus pun merelakan dua posisi menuju tikungan pertama. Rene Binder dan Andre Negrao kemudian terlibat dalam insiden yang memaksa kondisi Virtual Safety Car.

starting-grid-gp2-spanyol

Rio lalu bersaing ketat melawan Alexander Rossi. Ia sempat berada di depan Rossi sebelum pembalap asal Amerika Serikat itu kembali menyalip. Rossi lanjut melewati Norman Nato di depannya, namun Nato kemudian menghambat laju Rio.

Rio memanfaatkan Drag Reduction System untuk menyalip Nato dan dibuntuti oleh Artem Markelov. Rio awalnya berhasil menahan serangan pembalap Rusia tersebut yang juga terbantu oleh DRS. Sayang, di putaran berikutnya Markelov mencuri posisi lima dari sisi dalam menuju tikungan pertama.
balapan-gp2-spanyol
Tingkat degradasi ban lagi-lagi menjadi faktor penentu. Saat bersaing ketat dengan Markelov, roda Rio sempat terkunci saat pengereman dan membuat usia ban lebih pendek. Alex Lynn akhirnya memenangkan sprint race di depan Stoffel Vandoorne dan Pierre Gasly, sedangkan Rio harus puas di urutan keenam.

Secara keseluruhan, Rio membawa pulang 16 poin dari ronde kedua musim ini. Rio pun masih menjaga posisi kedua klasemen dengan 49 poin. Vandoorne memimpin dengan 86 poin sedangkan Rossi mengintai dengan 46 poin. Ronde berikutnya akan digelar di sirkuit jalan raya Monte Carlo, Monako, 21-23 Mei.
Mobil-GP2-Campos-Racing-Samping

“Saya tidak mendapat start yang baik dan turun dari posisi lima ke tujuh. Saya kemudian coba mengejar ke depan dan sempat naik kembali ke posisi lima. Namun, di tujuh lap terakhir saya disalip oleh Markelov meski sudah menahan serangannya. Saya pun agak kesulitan dengan ban yang mulai aus di empat lap terakhir, ” demikian kata Rio Haryanto

Secara keseluruhan, saya merasa performa hari ini kurang bagus tapi syukur alhamdulilah masih bisa mendapat poin. Kami tetap perlu bekerja keras di babak kualifikasi dan balapan pada event berikutnya,” tambahnya lagi. Tidak apa-apa Rio, terus berjuang ya, kami penggemar balap Indonesia ada untuk mendukungmu!

Read Prev:
Read Next: