Rapor Wholesales 2021 : Penjualan Toyota Vios Naik 400%

by  in  Berita & Merek Mobil & Nasional
Rapor Wholesales 2021 : Penjualan Toyota Vios Naik 400%
0  komentar

AutonetMagz.com – Berhubung kita masih di awal tahun, maka kali ini kami dari tim AutonetMagz ingin membedah satu per satu sejumlah model menarik dan juga peforma penjualan model tersebut di tahun 2021 kemarin. Nah, kami akan membandingkan penjualan di tahun 2021 kemarin dengan penjualan sebelum pandemi yaitu di tahun 2019 dan juga dengan tahun 2020 yang menjadi tahun pertama pandemi. Dan edisi Rapor Wholesales 2021 kali ini akan kami mulai dengan model yang cukup umum kita temui tapi kebanyakan sebagai unit armada taksi. Yap, sesuai judul, kita akan kupas penjualan wholesales dari Toyota Vios di tahun 2021. Cekidot.

Penjualan Toyota Vios Naik Signifikan!

Sejak diperkenalkan di awal tahun 2000-an, nama Toyota Vios sebenarnya hampir selalu ada di bawah bayang – bayang versi hatchback-nya, Toyota Yaris, kecuali di generasi pertama Toyota Vios dimana Toyota Yaris belum eksis di dalam negeri. Nah, eksistensi paling kuat dari Toyota Vios karena unitnya digunakan sebagai armada taksi, walaupun nama yang digunakan adalah Toyota Limo. Dalam beberapa tahun terakhir, Toyota Limo alias Toyota Vios versi trondol mulai kehilangan pangsa pasarnya. Unit armada taksi harus beradaptasi dengan kebutuhan konsumen yang terus berkembang, terutama pasca hadirnya taksi online. Alhasil, sejumlah perusahaan taksi menggeser unit sedan Toyota Limo dengan Toyota Transmover yang notabene adalah Toyota Avanza versi trondol. Praktis, pangsa pasar sedan kompak Toyota makin menurun, dan mencapai titik nadir di tahun 2020 silam. Sepanjang tahun 2020, Toyota Vios hanya terjual 309 unit saja, angka yang sangat minim untuk mobil yang dirakit lokal di Indonesia dan punya TKDN yang cukup tinggi. Bagaimana dengan Toyota Limo di 2020? Nol Unit, alias tidak ada pengiriman unit sama sekali. Btw, data yang kami gunakan adalah data wholesales dari GAIKINDO.

Mundur sedikit ke masa sebelum pandemi, yaitu di tahun 2018, Toyota Vios series masih bisa membukukan angka penjualan sebesar 502 unit. Masih angka yang kecil, padahal kala itu penjualan masih normal dan belum terkendala pandemi. Sedangkan Toyota Limo hanya terkirim 2 unit saja sepanjang 2019 silam. Jadi, bisa dibayangkan penjualan Toyota Vios di Indonesia konstan di bawah 1.000 unit per tahunnya. Lantas, bagaimana dengan tahun 2021 kemarin? Secara mengejutkan, penjualan Toyota Vios ternyata naik signifikan. Yap, Toyota Vios mencatatkan penjualan sebesar 1.243 unit. Kalau dibandingkan tahun 2020, maka peningkatan penjualan Toyota Vios mencapai 402%. Sebuah angka yang sangat signifikan. Kalau kita bandingkan dengan tahun 2019, peningkatan penjualan Toyota Vios mencapai 248%, masih angka yang siginifikan karena kondisi penjualan otomotif di tahun 2019 jelas lebih baik dibandingkan tahun 2020 ataupun 2021 kemarin. Apakah ini artinya Toyota Vios sudah mulai diminati oleh pasar? Tidak juga, karena sebenarnya ada sejumlah faktor X yang berpengaruh kuat terhadap fenomena ini. Dan semuanya terkait kebijakan Pemerintah serta pajak.

Peran Besar Relaksasi PPnBM-DTP

Yap, relaksasi PPnBM – DTP yang diberlakukan di tahun 2021 kemarin berpengaruh besar pada Toyota Vios, juga ke sejumlah model lain dari berbagai brand. FYI, Toyota menjadi merk mobil yang mengirimkan model terbanyak dalam program relaksasi PPnBM, namun diantara sejumlah model itu, Toyota Vios adalah model yang potongannya paling besar. Mengapa? Karena Toyota Vios dibebani PPnBM yang lebih tinggi dibandingkan model MPV maupun SUV serta hatchback. Nah, karena bebas asli PPnBM-nya tinggi, dan langsung diubah menjadi 0%, maka koreksi harga pun cukup tinggi. Dan kalian harus ingat, satu hal yang paling disukai oleh konsumen di Indonesia adalah potongan harga alias diskon. Melihat koreksi harga yang jumlahnya puluhan juta, konsumen di Indonesia nampaknya tertarik dengan Toyota Vios. Dan memang terbukti dengan wholesales-nya yang melonjak. Bahkan, di sejumlah diler yang sempat kami perhatikan, unit Toyota Vios juga dipajang sehingga konsumen yang berminat melihat unitnya bisa langsung berinteraksi. Tahun 2021 adalah tahun yang penting bagi segmen sedan, termasuk Toyota Vios. Apakah nantinya Toyota Vios bisa mempertahankan pangsa pasarnya? Kami agak ragu, namun tak ada yang tak mungkin.

Bagaimana menurut kalian, kawan?

Read Prev:
Read Next: