Walau Pandemi, Penjualan Perodua Tetap Di Atas Target!

Walau Pandemi, Penjualan Perodua Tetap Di Atas Target!
0  komentar

AutonetMagz.com – Kalau melihat pasar otomotif di Indonesia, tentu kalian sudah memperkirakan kalau penjualan di segmen roda 2 dan roda 4 turun dibandingkan dengan tahun sebelumnya. Kebanyakan pabrikan otomotif di Indonesia mematok target secara marketshare, bukan lagi capaian angka. Nah, menariknya, pabrikan otomotif asal Malaysia yaitu Perodua malah mendapatkan hasil positif di tahun 2020 kemarin. Perodua berhasil mencatatkan surplus hingga 10 ribu unit dibandingkan target tahunannya.

Mengutip informasi via PaulTan, Perodua mampu mencatatkan penjualan sebesar 220.154 unit di tahun 2020 kemarin. Angka ini surplus 10 ribu unit dari total target penjualan tahunan di angka 210 ribu unit. Tentunya ini menjadi sebuah capaian positif bagi Perodua, apalagi tahun 2020 bukanlah tahun yang mudah untuk industri otomotif. Salah satu faktor yang menjadi kunci Perodua untuk meraih capaian ini adalah adanya pembebasan pajak penjualan dari Pemerintah Malaysia yang berlaku hingga akhir bulan Juni 2021 ini. Pembebasan pajak penjualan itu menjadi senjata Pemerintah Malaysia untuk menggerakkan kembali pasar otomotif di Negeri Jiran.

Kami berterima kasih pada seluruh masyarakat Malaysia yang memilih Perodua, dan kepada Pemerintah yang memperpanjang pembebasan pajak penjualan untuk mempertahankan momentum penjualan yang kini dinikmati oleh industri otomotif”, ujar Presiden dan CEO Perodua, Datuk Zainal Abidin Ahmad. Capaian ini juga patut disyukuri karena sebenarnya Perodua juga sempat menghentikan produksi mobil mereka antara bulan Maret 2020 hingga Mei 2020 silam. Angka 220 ribu dirasa sudah sangat masuk akal walaupun sebenarnya tahun 2019 silam Perodua mampu mencatatkan penjualan di angka 240 ribuan unit dan memimpin 40% marketshare di pasar otomotif Malaysia.

Kami melihat ke depan pada tahun yang lebih baik dimana ada indikasi positif bahwa pandemi COVID-19 akan ditaklukan dengan munculnya vaksin”, tambah Datuk Zainal Abidin. Sejauh ini, Perodua menjual 5 macam kendaraan di Malaysia, yaitu Perodua Axia (Saudara Daihatsu Ayla dan Toyota Agya), Perodua Bezza, Perodua Myvi (Daihatsu Sirion), Perodua Alza, dan Perodua Aruz (Daihatsu Terios). Kabarnya, tahun ini Perodua akan menambah 1 model dalam line up mereka yaitu Perodua D55L yang merupakan saudara dari Toyota Raize dan Daihatsu Rocky. Oiya, kedua SUV itu juga sudah diuji jalan di Indonesia, dan nampaknya akan muncul di tahun ini juga.

Bagaimana menurut kalian, kawan?

Read Prev:
Read Next: