Perodua Mulai Produksi Mobil Listrik Tahun Depan, Daihatsu Juga?

by  in  Berita & Daihatsu & International
Perodua Mulai Produksi Mobil Listrik Tahun Depan, Daihatsu Juga?
0  komentar

AutonetMagz.com – Perkembangan segmen mobil listrik di Asia Tenggara memang tengah meningkat beberapa tahun terakhir. Tentunya, peran pabrikan asal Tiongkok terbilang besar dalam pertumbuhan pasar BEV. Namun, bagaimana dengan merk-merk mobil yang sudah establish di Asia Tenggara? Termasuk beberapa pabrikan Jepang dan sejumlah anak perusahaannya? Ada sedikit bocoran menarik dari negara tetangga kita, Malaysia. Lebih tepatnya tentang Perodua.

Perodua Mulai 2025, Daihatsu Juga?

Mengutip informasi via Paultan, Tengku Datuk Seri Zafrul Abdul Aziz, Menteri Perdagangan dan Perindustrian Internasional Malaysia memberi bocoran menarik. Sesuai judul di atas, Zafrul menyatakan di akun X miliknya bahwa Perodua akan memulai produksi massal kendaraan listrik mereka di akhir tahun 2025. Yap, tahun depan. Kami merasa deja vu dengan pernyataan dari Bos Astra Daihatsu Motor (ADM), Sri Agung Handayani beberapa tahun lalu bahwa kemungkinan tren elektrifikasi Daihatsu baru dimulai di 2025. Hmmm, apakah keduanya berhubungan? Bisa jadi.

Yang jelas, Perodua sejatinya memang telah menyatakan ketertarikan mereka pada industri mobil listrik. Apalagi setelah mereka memamerkan Electric Motion Online (EMO) Concept di tahun lalu. Bagaimana dengan Daihatsu Indonesia? Mereka juga sudah sempat menebar teaser berupa sejumlah model konsep seperti Daihatsu Ayla EV Concept hingga Daihatsu Vizion F yang notabene adalah Granmax versi BEV. Kembali ke Perodua, Zafrul juga telah bertemu dengan para petinggi bahkan CEO Perodua untuk mengetahui perkembangan proyek BEV dan bagaiman cara membantu percepatannya.

Bakal Ada BEV Serukuran Myvi?

Perodua sendiri memainkan peran penting dalam industri otomotif di Malaysia. Bahkan, Perodua juga menjadi pemimpin dalam produksi BEV terjangkau di rencana NIMP 2030. Perodua juga diketahui akan bekerja sama dengan mitra perusahaan otomotif internasional dalam pengembangan BEV mereka. Siapa mitra mereka? Tentunya, Daihatsu. Jikalau nantinya Perodua meluncurkan sebuah BEV, maka ditengarai bentuknya tak akan jauh dari EMO Concept. Artinya, secara ukuran tidak akan jauh dengan Perodua Myvi yang merupakan salah satu produk terlaris Perodua di Malaysia.

Jadi, bagaimana menurut kalian, kawan?

Read Prev:
Read Next: