KIA KY : LMPV Baru Penantang Ertiga di India!

by  in Berita&International&Kia
KIA KY : LMPV Baru Penantang Ertiga di India!
0  komentar

AutonetMagz.com – Dalam beberapa waktu terakhir, pabrikan asal Korea Selatan nampak cukup aktif memberikan penetrasi di beberapa negara di Asia. Selain India, beberapa negara di Asia tenggara juga menjadi target mereka. Nah, pasca meluncurkan KIA Seltos dan KIA Sonet di India, dan Indonesia tentunya, kini KIA juga berencana menghadirkan sebuah produk baru. Bak puas dengan jajaran SUV-nya, kini KIA membidik pasar MPV, lebih tepatnya LMPV.

Mengutip informasi via Electric Vehicle Web, sebuah dokumen yang nampak seperti materi presentasi menjabarkan bahwa ada beberapa produk yang akan diperkenalkan di tahun 2021 ini. Beberapa produk itu antara lain adalah KIA K7 a.k.a KIA Cadenza, lalu KIA Sportage generasi terbaru, KIA Carnival, KIA CV (EV), KIA Sportage HEV, KIA K7 HEV, dan KIA KY. Nah, nama KIA KY sendiri cukup menarik, karena diberi catatan sebagai produk yang didedikasikan untuk pasar India. FYI, peforma penjualan KIA di India memang sedang mendapat sorotan pasca KIA Seltos dan KIA Sonet mencatatkan penjualan yang signifikan. Tentunya KIA harus memanfaatkan momen ini sebaik mungkin.

Kalau kalian perhatikan, memang KIA KY masuk di segmen SUV, namun di materi lain yang ikut bocor memperlihatkan bahwa pasar otomotif India akan mendapatkan sebuah New MPV (Mid-MPV) di bulan Januari 2022. Berhubung nama produk yang dijabarkan di materi sebelumnya adalah KIA KY, maka New MPV yang dimaksudkan bisa jadi adalah KIA KY. KIA sendiri nampak cukup percaya diri dengan menargetkan produksi KIA KY di angka 50 ribu unit per tahun dan ekspor di angka 25 ribu unit per tahunnya. Angka itu memang masih jauh di bawah KIA Seltos dan KIA Sonet, namun sudah cukup besar untuk brand yang baru punya 2 model.

KIA KY kabarnya akan diproduksi di Pabrik KIA di Anantapur, India. Untuk spesifikasi, beredar kabar bahwa KIA KY akan menggunakan mesin yang sama dengan KIA Seltos di India. Meisn yang dimaksud adalah mesin 1.500cc n.a MPI bertenaga 115 PS dan torsi 144 Nm, lalu juga mesin 1.400cc Turbo bertenaga 140 PS dan torsi 242 Nm, serta mesin 1.500cc CRDi Turbodiesel bertenaga 115 PS dan torsi 250 Nm. Selain itu, kabarnya KIA KY juga akan diberi sistem mild hybrid sehingga bisa memenuhi standar emisi di India. Bisa jadi, KIA KY akan menggunakan platform yang sama dengan LMPV yang kabarnya akan diproduksi di pabrik Hyundai di Indonesia. Yap, isunya mobil itu bernama Hyundai Staria.

Apalagi, momentum peluncuran KIA KY dan Hyundai Staria juga berdekatan, yaitu di akhir 2021 dan awal 2022. Bisa jadi, KIA KY dan Hyundai Staria akan meneruskan kolaborasi Seltos-Creta dan Sonet-Venue. Bagaimana menurut kalian?

Read Prev:
Read Next: