Kurumaku : Senjata Honda Lawan Virus di Era Pandemi!

by  in Berita&Hi-Tech&Honda
Kurumaku : Senjata Honda Lawan Virus di Era Pandemi!
0  komentar

AutonetMagz.com – Perlu kita pahami bahwa pandemi COVID-19 yang sudah berusia lebih dari 1 tahun di Bumi ini membuat banyak kebiasaan publik berubah. Dahulu orang berbondong- bondong beralih ke kendaraan umum yang bersifat massal, namun munculnya pandemi membuat mereka kembali menggunakan mobil pribadi. Namun, apakah menggunakan mobil pribadi dipastikan aman dari penyebaran virus? Honda nampaknya masih ragu.

Dan keraguan Honda tersebut ditanggapi dengan positif melalui sebuah inovasi yang baru saja diperkenalkan oleh merk berlogo H tegak itu. Inovasi yang dimaksud adalah Kurumaku, sebuah produk baru Honda yang akan menjadi tandem bagi filter udara kabin di mobil lansiran mereka. Jadi, Kurumaku akan dipasangkan bersamaan dengan filter udara kabin. Lantas, bagaimana cara kerjanya? Honda menyebutkan bahwa Kurumaku mampu ‘menangkap’ droplet virus dengan permukaaanya yang spesial. Selain itu, Kurumaku juga mampu menghancurkan virus tersebut dalam prosesnya. Kok bisa? Jadi, Kurumaku menggunakan teknologi konversi kimia Zinc Phosphate.

FYI, teknologi yang sama sebenarnya sudah digunakan juga di segmen otomotif, namun gunanya untuk melindungi komponen mobil dari karat. Tentunya penerapan teknologi ini menjadikan Honda berbeda dengan beberapa brand lainnya. Sebelumnya, Geely dan beberapa pabrikan asal China lain sudah melakukan inovasi dengan memberikan filter udara berstandar CN95 ataupun memasangkan air purifier untuk menjaga kualitas udara dalam kabin. Bedanya, Kurumaku diklaim mampu membunuh virus, bukan sekedar menyaringnya saja. Bahkan, Honda cukup percaya diri dengan menyebut bahwa Kurumaku mampu membunuh 99,8% virus di dalam udara kabin dalam 15 menit saja.

Sedangkan virus yang berada di permukaan diklaim akan mati dalam waktu 24 jam. Menarik? Tentu saja, apalagi di era pandemi ini. Btw, Kurumaku bukanlah komponen yang sekali beli, karena produk ini sifatnya disposable dan harus diganti setiap 15 ribu kilometer. Harganya mencapai 6.400 yen atau setara 862 ribu Rupiah. Di akhir tahun 2020 lalu, kami juga sempat mengajukan pertanyaan pada Honda Prospect Motor (HPM) mengenai inovasi mereka terhadap teknologi yang mampu menjaga udara di kabin mobil. Namun, kala itu pihak HPM nampak masih belum mau membocorkan teknologi tersebut. Dan hadirnya Kurumaku memberikan jawaban yang jelas pada kami.

Akankah Kurumaku dipasarkan di Indonesia? Masih belum jelas, karena sejauh ini Kurumaku masih dijual untuk Honda N-Box saja yang merupakan kei car. Jadi, bagaimana menurut kalian?

Read Prev:
Read Next: