Volkswagen T-Roc, SUV Mungil VW Yang Ganas

Volkswagen T-Roc, SUV Mungil VW Yang Ganas
0  komentar

AutonetMagz.com – Akhirnya generasi pertama dari keluarga T Volkswagen terbaru hadir juga dalam diri Volkswagen T-Roc. Ya, VW sendiri memang sangat akrab dengan huruf depan T pada produk – produknya seperti VW Touareg, VW Tiguan dan VW Touran. Namun sejak beberapa tahun terakhir, beberapa model konsep dari VW mengalami perubahan nomenklatur dan menghasilkan VW T-Roc, VW T-Cross, dan yang terakhir VW T-Track yang sempat bernama VW Taigun.
 Kembali ke VW T-Roc, mobil ini mengambil basis dari  small hatchback mereka, VW Polo. Sehingga bisa dikatakan secara kelas, mobil ini adalah lawan dari Honda HR-V, Nissan Qashqai, Toyota C-HR, Hyundai Kona, Chevrolet trax dan KIA Stonic. VW T-Roc memiliki dimensi yang lumayan dengan ukuran panjang 4,2 meter, lebar 1,8 meter dan tinggi 1,5 meter. Mobil ini sendiri hanya lebih pendek 0,2 meter dari VW tiguan, sedangkan lebih lebar 11cm dan juga lebih rendah 13cm dari saudara tuanya tersebut. Sehingga bisa dikatakan perawakan dari VW T-Roc tak jauh berbeda dibandingkan dengan VW Tiguan, lebih kecil sedikit saja.

Walaupun mengambil basis dari VW Polo, namun jarak sumbu roda dari VW T-Roc nyatanya lebih panjang 55mm dibandingkan VW polo. VW T-Roc sendiri mengusung sejumlah mesin yang sudah familiar dengan lini produk VW di pasar Eropa. Pertama adalah mesin 1.000cc TSI yang memiliki konfigurasi tiga silinder Turbo yang mampu memproduksi tenaga maksimal 115 hp dan torsi 200 Nm, cocok kalau digunakan melawan Honda HR-V di tanah air. Kedua ada mesin 1.500cc TSI yang memproduksi tenaga 150 hp dengan torsi mencapai 250 Nm. Dan tak berhenti sampai disana, Volkswagen nampaknya mau bermain – main dengan VW T-Roc ini dengan menambah dua varian mesin khusus.

Varian mesin khusus inilah yang sempat kami singgung di judul dengan kata ‘Ganas’. Mengapa tidak, sebuah Sub-Compact SUV dengan mesin yang dibekali Special Combustion Cycle ditanamkan pada VW T-Roc sehingga tenaganya menjadi 190 hp sedangkan varian lain bermesin diesel TDI yang torsinya mencapai angka 400 Nm, angka ini setara dengan Hyundai Tucson Diesel CRDi yang ada di tanah air. Untuk transmisi sendiri, VW T-Roc disediakan varian transmisi manual dan varian otomatis DSG 7 percepatan serta beberapa varian berpenggerak AWD di beberapa pilihan mesin.

Selesai dengan urusan teknis mesinnya, kita beralih ke desain dari VW T-Roc ini. Secara umum, tampilan VW T-Roc mengesankan sebuah CUV yang sporty, dengan grille yang lebar dan lampu utama yang pipih yang mengingatkan pada model VW Tiguan terbaru. Untuk pencahayaan, VW T-Roc juga sudah dilengkapi dengan LED DRL. Beberapa detail lain yang khas pada CUV juga hadir seperti front spoiler, muscular wheel arches, plastic body cladding dan beberapa ornamen krom serta yang menarik adalah pengaplikasian dual tone color dari pilar A yang menyambung ke atap hingga ke belakang. Di sisi belakang, VW T-Roc dibekali dengan tailgate mounted spoiler, dan bumper belakang yang sporty.

Masuk ke sisi dalam, interior dari VW T-Roc tak jauh dari kesan sporty dan dinamis, ya yang mengarah ke jiwa muda begitu. Yang mencolok adalah penggunaan warna yang seirama dengan warna eksterior di sisi dalamnya. Ada pula sejumlah perangkat digital yang tertanam di interior VW T-Roc seperti instrument cluster digital dan juga Composition Color Infotainment System. Untuk setir, VW T-Roc menggunakan model three-spoke yang sudah familiar dengan lini produk VW lainnya. Untuk kapasitas bagasi dari VW T-Roc terhitung lega dengan ukuran 1.290 liter. Ada beberapa opsi lainnya yang diterapkan di VW T-Roc seperti variasi warna dan opsi kursi Sport Comfort.

Untuk fitur keamanan, VW T-Roc hadir dengan beberapa standar seperti Automatic Post-Collision Braking, City Emergency Braking, Lane Assist, dan Front Assist with Pedestrian Monitoring. Lalu untuk fitur keselamatan yang sifatnya opsional, ada Adaptive Cruise Control, Rear Traffic Alert, Park Assist, dan Traffic Jam Assist. VW T-Roc sendiri belum akan dijual dalam bulan ini, melainkan pada bulan November 2017 mendatang di Jerman dengan harga mulai dari 20.000 Euro atau sekitar 314 jutaan Rupiah. Bagaimana nih menurut kalian mobil ini? Menarik lho kalau suatu hari dibawa ke tanah air, iya kan? Sampaikan komentarmu kawan di bawah ya.

Read Prev:
Read Next: