Volkswagen Luncurkan Tiguan Generasi Ketiga! Ada Opsi PHEV!

by  in  Berita & International & Merek Mobil
Volkswagen Luncurkan Tiguan Generasi Ketiga! Ada Opsi PHEV!
0  komentar

AutonetMagz.com – Anda baru memesan VW Tiguan Facelift di GIIAS bulan lalu? Sabar ya, sebab di Eropa, Volkswagen baru saja meluncurkan generasi terbaru dari VW Tiguan. Dibandingkan dengan generasi sebelumnya, perubahan di generasi ketiga ini secara sekilas memang tidak seradikal dari generasi pertama ke generasi kedua. Berdiri diatas platform MQB, mobil ini lebih panjang 3 cm dari versi sebelumnya (non-allspace), sedangkan tinggi, lebar, dan wheelbase ukurannya hampir sama.

Eksterior dan Interior

Secara keseluruhan, profilnya lebih warm dan berotot yang membuatnya semakin mirip dengan VW Touareg. Pada bagian depan terdapat lampu HD matrix LED yang menyatu dengan gril glass-covered dari kiri ke kanan. Beralih ke bawah, terdapat tiga bilah krom horizontal pada Tiguan regular (hijau), sementara model R-Line (merah) mendapatkan jaring berpola diamond, garnish chrome di bagian bawah, dan air curtain dengan aksen piano black. Di bagian belakang, terdapat strip LED horizontal baru dan aksen trim hitam yang lebih besar di bumper.

Beralih ke Interior, VW menggunakan dasbor baru dengan Kokpit Digital infotainment modular MIB4 generasi keempat. Terdiri dari cluster instrumen digital 10,25 inci dan layar sentuh infotainment 15 inci dengan grafis baru. Joknya dilengkapi ergoActive Plus dengan pneumatic four-way lumbar adjustment dan pneumatic 10-chamber pressure massage. Selain itu, terdapat Driving Experience Control di konsol tengah dengan pengontrol putar yang memiliki layar OLED. Ini dapat digunakan untuk mengontrol mode berkendara, volume radio, atau warna ambient lightning. Tuas persneling kini telah diganti dengan switch yang berada di samping kemudi. Pengemudi hanya perlu memutar saklar maju ke “D” untuk mengemudi dan mundur ke “R” untuk mundur, dengan rem parkir diaktifkan dengan menekan sisi saklar.

Kini Tersedia PHEV

Untuk generasi baru ini,tersedia dua pilihan PHEV, keduanya menggerakkan roda depan melalui DCT 8-speed dan ditenagai oleh kombinasi mesin bensin empat silinder 1,5 liter turbocharged dan motor listrik 114 hp (85 kW). Untuk mesin bensinnya sendiri keduanya menggunakan unit 1,5 liter turbocharged, yang satu menghasilkan output gabungan 201 hp, sementara yang satunya menghasilkan tenaga gabungan yang lebih besar yaitu 268 hp.

Mesin mild hybrid juga tersedia untuk unit diesel 2.0 liter dan 2 pilihan mesin bensin 1.5 liter. Keduanya eTSi dilengkapi turbo geometri variabel, cylinder deactivation, dan bantuan 48 volt 15 kW (20 hp), memberikan output total 129 hp pada versi 1.5 dan 148 hp pada versi 2.0. Seperti versi PHEV, penggeraknya hanya FWD, namun pada versi mild-hybrid menggunakan DCT 7-speed. Selain itu, masih ada pilihan mesin bensin 2.0 liter EA888 seperti Golf GTI bertenaga 201 hp (150 kW) dan satu lagi dengan tenaga 262 hp.

VW Tiguan generasi terbaru ini akan mulai dijual awal tahun depan di Eropa. UNytuk perkiran hargaya sendiri sekitar £32,000~$37,000 (Rp 524- 606 jutaan). Bagimana menurut kalian? sampaikan di kolom komentar!

Read Prev:
Read Next: