Diduga Pakai Software Ilegal, Porsche dan Audi Segera Diinvestigasi

Diduga Pakai Software Ilegal, Porsche dan Audi Segera Diinvestigasi
0  komentar

AutonetMagz.com – Kasihan VW Group, padahal mereka belum pulih benar pasca isu dieselgate yang mereka buat sendiri menimpa mereka, sampai-sampai mereka harus keluar dana banyak hanya untuk merevisi mobil yang mengandung software ilegal pengecoh uji emisi demi menumbuhkan kembali kepercayaan konsumennya yang merasa dirugikan di beberapa negara. Tadinya, kami kira hal ini hanya VW saja yang kena di VW Group, tapi mungkin tidak demikian.

Sekarang, giliran Porsche dan Audi yang sedang menjalani proses pemeriksaan atau investigasi oleh lembaga transportasi Jerman, KBA. Seperti dilaporkan oleh Wirtschaftswoche, Porsche diperiksa Jumat kemarin atas dugaan adanya software ilegal pengecoh emisi yang bisa tahu saat mobil sedang dites emisi di lab. Caranya, software tersebut diklaim membaca pergerakan setir untuk mencari tahu apakah mobil sedang diuji di lab atau tidak.

Porsche sendiri menampik rumor ini melalui Reuters, mereka mengatakan tidak ada software sejenis itu di mobil mereka. Bagaimana dengan Audi? Well, kabar dari KBA yang menyampaikan kalau beberapa unit Audi A7 dan A8 spek Eropa memakai software ilegal penipu emisi, di mana software akan mereduksi emisi yang dihasilkan kalau setir diputar tidak lebih dari 15 derajat. Ada kemungkinan, software yang dipakai Audi dan Porsche sejenis, tapi entahlah.

Audi sudah melakukan penarikan kembali sekitar 24.000 A7 dan A8, kebanyakan model tahun 2010 hingga 2013. Audi bilang, ada faktor yang membuat mesin bisa membuang emisi NOx jauh di ambang batas yang diizinkan. Faktor yang dituduh adalah software yang ada di girboksnya, tapi entah model yang terkena hanya spek Eropa saja atau global.

Perkara ini akan diatasi oleh Audi dengan cara perbaikan software yang tidak makan waktu lama, paling lambat 30 menit sudah selesai. Kasihan VW Group, sudah keluar 20 M Dollar Amerika di Amerika Utara buat menyelesaikan kasus ini, lalu 6 petingginya terancam tuntutan kriminal, sekarang ditambah dugaan yang mengarah kepada Audi dan Porsche. Apa opinimu? Sampaikan di kolom komentar!

Read Prev:
Read Next: