Toyota Yaris Dapat Gelar Car Of The Year 2021

by  in Berita&Toyota
Toyota Yaris Dapat Gelar Car Of The Year 2021
0  komentar

AutonetMagz.com – Setelah ramai menjadi perbincangan karena versi terganasnya yaitu GR Yaris akan segera mengaspal di Indonesia, city hatchback ini telah mendapatkan gelar European Car of the Year 2021. Namun bukanlah trim Gazoo Racing yang memenangi ajang tahunan ini, melainkan trim hybrid-nya yang sudah hadir pada akhir 2019 lalu. Well karena ada ‘European‘ dalam gelar tersebut, kalian tahu pastinya Yaris versi belahan dunia mana yang mendapatkannya.

Mobil ber-sasis Toyota New Global Architecture (TNGA) GA-B ini sukses meraih hati para juri yang terdiri dari sembilan media otomotif seantero Eropa. Bermesin M15-FXE (Inline-3, 1.490cc, hybrid, FWD) dengan output kombinasi hingga 116 hp, apa yang membuat Yaris versi pasar Jepang, Eropa, dan Australasian unggul dibandingkan dengan kompetitor lain? Simak penilaian yang diberikan oleh juri European Car of the Year ini.

Mengungguli Yang Lebih Mahal

Toyota Yaris (XP210) 2020 ini mendapatkan 266 poin dari 59 juri yang ada, beda 46 poin dengan Fiat 500 yang berada di posisi kedua. Dalam memperebutkan gelar prestigius ini, selain mobil Italia tersebut Yaris juga bertarung dengan Cupra Formentor (239 poin), Volkswagen ID.3 (224 poin), Skoda Octavia (199 poin), Land Rover Defender (164 poin), dan Citroen C4 (143 poin).

Sebelum kalian protes kalau kontendernya bukan dari segmen yang sama, Car of the Year ini adalah kelas umum, istilahnya free for all. Para juri menilai dari mulai aspek eksterior, interior, hingga performa, mana dari semua kandidat yang ditentukan menjadi yang paling worth to buy. Terbukti bahwa Toyota Yaris ini sukses mengalahkan ‘raksasa’ lain seperti BMW 4-series, Mercedes S-Class, bahkan Polestar 2.

Alasan Yaris Menjadi Juara

Berhasil mengalahkan mobil-mobil yang lebih mahal, organisasi Car of the Year menjelaskan kenapa Toyota Yaris pantas menjadi mobil terbaik di Eropa pada 2021 ini. Mereka mengakui bahwa Yaris terbaru memiliki desain, kualitas, fitur safety, kenyamanan, performa, hingga handling yang jauh lebih baik dibandingkan generasi sebelumnya. Toyota terbukti bisa mempertahankan aspek fun to drive dengan mesin hybrid yang irit dan reliable menurut pengakuan organisasi itu.

Melihat bahwa Yaris juga berhasil menjadi best selling car di Eropa, tampaknya masyarakat benua biru juga senang dengan adanya kehadiran hatchback fenomenal tersebut. Perlu diketahui juga bahwa ini bukan kali pertama Toyota Yaris menjadi mobil terbaik di Eropa, 21 tahun mobil ini juga telah menyabet gelar yang sama. Dengan begitu Toyota Yaris bisa menyamai Renault Clio dan Volkswagen Golf yang juga mendapatkan dua gelar European Car of the Year.

Dengan adanya gelar ini, diharapkan pabrikan lain termasuk yang memenangi penghargaan akan terus melakukan pengembangan terhadap seluruh modelnya agar bisa menciptakan mobil yang inovatif. Ayo PT Toyota Astra Motor, Yaris versi ini berhasil mendulang banyak kesuksesan loh, boleh banget dimasukkan ke dalam pasar Indonesia. Bagaimana menurutmu jika Toyota Yaris TNGA GA-B ini dijual di Tanah Air? Berikan komentar terbaikmu pada kolom di bawah.

Read Prev:
Read Next: