Bye-Bye Jazz, Honda Indonesia Kini Jagokan City Hatchback RS!

by  in Berita&Honda&Mobil Baru
Bye-Bye Jazz, Honda Indonesia Kini Jagokan City Hatchback RS!
0  komentar

AutonetMagz.com – Pertama kali Honda Jazz diperkenalkan di Indonesia melalui generasi pertamanya yang berkode GD, Honda berusaha memikat kawula muda tanah air. Melalui banyak acara seperti Honda Jazz One Make Race (OMR), Jazz Tuning Contest, bahkan hingga adu irit mesin i-DSI generasi pertamanya. Jazz generasi pertama memang hanya ada mesin 1.500 cc i-DSI untuk beberapa tahun awal, namun versi VTEC hadir menyusul.

Setelah generasi pertama pensiun, hadirlah Honda Jazz generasi kedua berkode GE yang konon disebut sebagai Jazz paling proper oleh penyuka Jazz di antara 3 generasi Jazz yang ada di Indonesia. Setelah kemarin Jazz GK melanjutkan kiprah Jazz di Indonesia, sekarang Honda Jazz resmi pamit dari pasar Indonesia dan Honda Prospect Motor sebagai agen pemegang merek Honda di Indonesia memperkenalkan Honda City hatchback untuk melanjutkan perjuangan Jazz.

Hanya Ada Varian RS

Kalau mau jujur-jujuran, ini bukan pertama kalinya Honda City hadir dalam bentuk hatchback. Dulu Honda City pernah diperkenalkan sebagai mobil perkotaan dengan bentuk hatchback, dan salah satu hal istimewa Honda City lawas adalah kehadiran motor lipat di bagasinya. Nama motor itu adalah Honda Motocompo, jadi Honda City jadul itu benar-benar “Beli mobil langsung bonus motor tanpa diundi”. Tapi jangan harap di bagasi Honda City hatchback RS baru ada motor lipat ya.

Honda City yang diperkenalkan saat ini hanya ada varian RS saja. Lampu depan tetap pakai teknologi full LED, bahkan lampu kabutnya saja LED. Lampu belakang tidak semuanya LED, hanya bagian lampu merahnya saja. Pelek standar Honda City RS berukuran 16 inci, dan apalah artinya sebuah varian RS Honda tanpa body kit yang komplit dari depan sampai belakang. Spion dicat warna hitam, namun rem belakang masih menggunakan tromol.

Fitur macam smart entry tentu sudah biasa, namun Honda kini memperkenalkan remote engine start yang bisa menyalakan mesin dan AC mobil dari jarak beberapa meter di luar mobil. Betul, itu fitur yang sama dengan Accord Turbo, Civic Turbo dan CR-V Turbo baru. Soal proporsi, kami tetap melihat bahwa overhang depan Honda City hatchback RS masih agak kepanjangan.

Bukan Salam Satu Dashboard

Untung saja Honda City hatchback RS ini tidak memakai paham “salam satu dashboard”. Interiornya beda dengan Honda-Honda populer lain di Indonesia macam Brio, Civic Turbo, Jazz dan lain-lain. Meski demikian, terlihat jelas bahwa setir dan panel AC digitalnya adalah turunan dari Honda Accord Turbo, namun karena kami senang dengan panel AC Accord Turbo karena terasa mewah, kami tak masalah panel itu dipinjam Honda City.

Pada setir Honda City hatchback RS ada tombol buat mengatur multimedia, telepon bluetooth dan juga cruise control. Di baliknya ada panel instrumen berupa 2 lingkaran untuk takometer dan spidometer dan bonus lampu LED merah di sisi kiri-kanannya, namun layar MID-nya masih monokrom model Nokia 3310 lama atau kalkulator Casio. Tombol start-stop engine pastinya sudah standar, dan joknya memakai bahan kombinasi beludru, kain dan kulit.

Fitur head unit standarnya sudah termasuk display kamera parkir dan bisa terhubung ke smartphone. Ada 1 power outlet di baris depan dan 2 power outlet di baris belakang, sehingga penumpangnya tidak usah rebutan colokan selama bawa adaptornya. Sama seperti Honda Jazz, jok belakang Honda City hatchback RS juga sangat praktis berkat fasilitas Ultra Seat yang membuat kursinya bisa dilipat sesuka hati untuk menunjang berbagai kebutuhan, bahkan kaum rebahan juga bisa rebahan santai lho.

Bukan Mesin Turbo, Tapi…

Meskipun Honda City generasi baru ini pakai mesin turbo di Thailand, bukan berarti kita juga akan dapat mesin yang sama. Alih-alih, Honda City hatchback RS spek Indonesia pakai mesin 1.500 cc 4 silinder DOHC non turbo dengan tenaga 121 PS dan torsi 145 Nm. Pilihan transmisinya ada CVT atau manual 6 percepatan, dan Honda mengklaim kalau torsinya bisa dicapai di putara mesin lebih rendah dan konsumsi bensinnya lebih baik 3 persen.

Untuk fitur keselamatan, tentu ABS dan EBD sudah biasa, dan City hatchback menawarkan standar yang baik dengan adanya 6 airbags, stability control dan hill start assist. Dengan kemunculan Honda City RS, Honda Jazz resmi pensiun dan sisanya di dealer hanya tinggal 300 unit saja. Pengiriman Honda City RS akan dimulai di bulan April 2021, begitu juga dengan pengumuman harganya. Menurutmu bagaimana, mending Jazz atau City? Sampaikan di kolom komentar!

Read Prev:
Read Next:

Hillarius Satrio Seorang pehobi otomotif yang masih mengunyah bangku kuliah. Sangat menyukai mobil yang bisa lari kencang, khususnya mobil sport Jepang. Sekarang juga sedang menggeluti dunia desain mobil, diawali dengan dunia modifikasi digital atau bisa disebut "Digimods" dan berlanjut ke membuat mobil di aplikasi 3 Dimensi. | twitter: @hillsatrio