All New Toyota Voxy Resmi Dirilis, Harga 558 Jutaan!

by  in  Berita & Merek Mobil & Mobil Baru
All New Toyota Voxy Resmi Dirilis, Harga 558 Jutaan!
0  komentar

AutonetMagz.com – Toyota Astra Motor (TAM) nampak cukup agresif di awal tahun 2022 ini dengan meluncurkan sejumlah model baru dan juga model refreshment. Dimulai dari duet Toyota Fortuner 1GD dan Toyota Land Cruiser 300, dan diikuti update pada Toyota Corolla Altis dan Toyota Innova. Nah, kini mereka kembali memberik kejutan dengan menghadirkan All New Toyota Voxy di pasar Indonesia. Dan uniknya, peluncurannya hanya berjarak 1 bulan dari world premiere di Jepang. Yuk kita bahas.

Desain Makin Agresif

TAM telah resmi memperkenalkan All New Toyota Voxy dengan taglineEscalate The Indulgence‘. Bahkan, mereka juga memberi jargon boxy MPV ini sebagai pleasant voyage. Lantas, apa saja hal menarik dari All New Toyota Voxy ini? Yuk kita bedah satu per satu. Dimulai dari desain, kini All New Toyota Voxy mengusung wajah depan baru yang jauh lebih bengis, bahkan kelewat bengis untuk sebuah MPV kotak. Lampu utamanya diposisikan di sisi dalam grille depan yang ukurannya super besar. Sedangkan LED DRL posisinya ada di sisi atas dengan bentuk agak menyipit. Seluruh lampu di sisi depan nampak sudah menggunakan LED. Untuk grille, bagian ini nampak dibuat bertingkat dua, dimana sisi atas hanya berbentuk 2 bilah garis horisontal tipis yang memadukan warna body dan elemen berwarna silver. Sedangkan sisi bawah grille berukuran besar dan menyatu dengan radiator grille.

Bagian ini nampak masif dan menguasai hampir 90% bumper depannya. Toyota memberikan pemanis di sisi depan dengan ornamen berwarna silver yang membingkai grille jumbo tersebut. Pindah ke sisi samping, All New Toyota Voxy masih mempertahankan beberapa ciri khasnya di desain lawas, seperti ornamen krom di sisi bawah garis jendelanya, pilar D ala floating roof, dan velg dual tone. Hanya saja, kini velg-nya naik 1 ukuran menjadi R17, dan sudah tak ada ornamen krom di handle pintunya. Pindah ke sisi belakang, bagian ini bisa dikatakan yang paling cantik dari All New Toyota Voxy. Sudah tak ada lagi ornamen krom memanjang di bawah kaca belakangnya, dan digantikan ornamen berwarna hitam dengan 2 garis krom tipis yang ditemani logo Toyota di tengah dan emblem Voxy di bawahnya. Ornamen ini terlihat pas dengan lampu belakang LED yang menggunakan warna dasar hitam pada cluster di dalamnya. Rear spoiler dan bumper belakangnya terlihat minimalis. Menguatkan kesan sporty namun juga elegan.

Kenyamanan Interior Ditingkatkan

Masuk ke interior, All New Toyota Voxy masih mengusung konsep serba gelap dengan memadukan dashboard gelap dan jok kulit berwarna gelap. Setir mobil ini telah menggunakan model baru dan terlihat ada cukup banyak tombol di bagian tersebut. Head unit-nya sudah menggunakan model baru dengan ukuran 9 inci, dan panel instrument-nya sudah dibekali layar berwarna ukutan 7 inci yang juga dilengkapi dengan HUD. Tuas transmisinya masih di sisi tengah dashboard dengan tombol EPB dan brake hold di samping kanannya. Oiya, jumlah power outlet model USB A di mobil ini juga cukup banyak, ada 6 buah. Satu hal lain yang menarik, cup holder untuk penumpang depan ada di dashboard dengan model open cafe seperti milik brand sebelah.

Di bangku baris kedua, All New Toyota Voxy kini memberikan update yang menarik yaitu jarak antar kursi tengah yang lebih lebar. Artinya, kini penumpang belakang bisa keluar masuk dengan lebih mudah dari sisi tengah. Oiya, ada juga rear seat entertainment berukuran 11,6 inci yang diposisikan di atas. Pelipatan bangku di mobil ini juga cukup mudah, dimana bangku baris ketiga terlipat ke samping dan memungkinkan bangkur baris kedua untuk dimundurkan ke belakang. Artinya, All New Toyota Voxy bisa difungsikan sebagai mode 4 seater dengan leg room yang melimpah. Selain itu, kursi tengah juga bisa diatur sehingga menyambung dengan bangku belakangnya. Sekilas mirip dengan milik Avanza dan Xenia serta Veloz.

Mesin Baru dan TSS 3.0

Bicara mesin, All New Toyota Voxy menggunakan mesin M20A-FKS baru, yap ini adalah mesin dynamic force yang secara umum merupakan mesin yang ditujukan untuk platform TNGA. Alhasil, tenaga All New Toyota Voxy naik menjadi 170PS pada 6.600 rpm dan torsinya jadi 202 Nm pada 4.900 rpm. Mesin tersebut dipadukan dengan transmisi CVT baru khas Toyota Group yaitu Direct-Shift CVT alias DCVT. Untuk dimensi, All New Toyota Voxy memiliki panjang 4.695mm, lebar 1.730mm, dan tinggi 1.855mm serta jarak sumbu roda 2.850mm. Secara umum, wheelbase-nya sama, namun mobil ini sedikit lebih pendek, namun lebih lebar dan tinggi. Oiya, ground clearance-nya turun menjadi 15cm, dimana generasi sebelumnya memiliki ground clearance 16,5cm. Untuk kaki – kaki, mobil ini menggunakan ban berukuran 205/55 R17.

Pindah ke urusan fitur, All New Toyota Voxy dibekali dengan teknologi T inTouch yang berfungsi untuk geofencing, memantau pergerakan mobil, termasuk juga untuk urusan maintenance hingga ERA. TSS juga dibekali di mobil ini, dimana TSS yang digunakan adalah versi 3.0 yang telah ditingkatkan kemampuannya. TSS di mobil ini berisikan fitur seperti dynamic radar cruise control, pre collision system, lane tracing assist, auto high beam dan blind spot monitoring. Oiya, spion samping mobil ini juga telah dibekali heater. Wireless charger juga sudah diberikan di mobil ini, sedangkan pintu sampingnya telah dibekali dengan kick sensor. Untuk pintu belakang, tombol power back door ada di dekat lampu belakang sebelah kiri, dan uniknya, bukaan pintu bisa disesuaikan dengan ruang yang tersedia. Jadi, pintu bisa terbuka penuh, separuh, ataupun kurang dari separuh.

All New Toyota Voxy dijual dengan 4 skema warna, dimana 2 warna diantaranya adalah warna premium. Harga resmi All New Toyota Voxy mencapai 558,2 jutaan Rupiah, OTR Jakarta. Jadi, apa tanggapan kalian, kawan?

Spesifikasi All New Toyota Voxy :

Read Prev:
Read Next: