Toyota GR Yaris Siap Mengaspal di Indonesia, NJKB 453 Jutaan!

Toyota GR Yaris Siap Mengaspal di Indonesia, NJKB 453 Jutaan!
0  komentar

AutonetMagz.com – Diterbitkannya Permendagri no 1 tahun 2021 ini menjadi sebuah harapan yang sangat dinantikan oleh insan otomotif, apalagi untuk media seperti kami. Banyak sekali informasi dan bocoran mengenai calon produk baru di Indonesia, termasuk yang akan kita bahas kali ini. Yap, sesuai judul di atas, produk yang akan kami bahas kali ini adalah Toyota GR Yaris, sebuah hot hatch paling disorot sejak 2020. Dan kabar baiknya, mobil ini sudah otw ke pasar Indonesia. Cekidot.

NJKB Hampir Separuh Civic Type R

Dalam lampiran dokumen Permendagri no 1 tahun 2021, nama Toyota GR Yaris pun muncul. Dan di berkas tersebut, Toyota mencantumkan nama GR YARIS I.6T MT (GXPA16R-AGFGZW) dengan NJKB senilai 453 jutaan Rupiah. Sedangkan DP PKB dari mobil ini ada di angka 475,65 juta Rupiah. Nah, kehadiran Toyota GR Yaris ini menjadi sebuah angin segar bagi para pecinta mobil kentjang di Indonesia. Sebelumnya, Toyota GR Yaris juga sudah hadir di pasar Thailand an Malaysia. Harganya pun cukup membuat kita tercengan dengan banderol di atas 1 Milyar Rupiah. Dengan NJKB ini, nampaknya Toyota GR Yaris bisa memiliki harga yang lebih bersahabat kalau dibandingkan negara lain.

FYI, sebagai cocoklogi paling sederhana, kita bisa bandingkan NJKB Toyota GR Yaris dengan mobil hot lain seperti Honda Civic Type R. Honda Civic Type R memiliki NJKB senilai 814 jutaan Rupiah, atau nyaris 2 kali lipat dari NJKB Toyota GR Yaris. Maka, kemungkinan besar harga jual dari Toyota GR Yaris akan berada di bawah 1 Milyar Rupiah, tidak seperti kedua negara tetangga kita. Kok bisa? Hanya Toyota Astra Motor (TAM) yang tahu. Kasus serupa juga sudah pernah terjadi melalui Suzuki Jimny. Suzuki Jimny di Indonesia dibanderol jauh lebih murah kalau dibandingkan pasar Thailand. Jadi, bukannya tak mungkin TAM bisa memposisikan harga Toyota GR Yaris lebih murah dibandingkan negara lain.

Kado 50 tahun TAM?

Toyota GR Yaris sendiri merupakan produk yang dibangun dari basis TNGA-B seperti Toyota Yaris global yang berkode XP210. Bedanya, ada campuran teknologi dari platform TNGA-C di Toyota GR Yaris. Patut diingat bahwa Toyota Yaris XP210 tidak dipasarkan di Indonesia, atau mungkin belum. Karena pasar China dan Asia Tenggara memiliki sosok Toyota Yaris yang berbeda dengan pasar Jepang dan global. Toyota GR Yaris menggunakan mesin 1.600cc G16E-GTS Turbo dengan tenaga maksimal antara 261 hingga 272 PS dan torsi antara 360 hingga 370 Nm. Mesin itu dipadukan dengan transmisi manual 6 percepatan dan sistem gerak GR-Four 4 roda.

Jadi, bagaimana menurut kalian, kawan? Sudah tak sabar menanti Toyota GR Yaris? Apakah ini kado Toyota untuk 50 tahun eksistensinya di Indonesia?

Read Prev:
Read Next: