Toyota Yaris dan Mazda 2 Kini Jadi Saudara Kembar!

Toyota Yaris dan Mazda 2 Kini Jadi Saudara Kembar!
0  komentar

AutonetMagz.com – Toyota adalah merek mobil yang punya banyak bentuk kerjasama dengan merek mobil lain, baik yang masih dalam rangkulannya atau di luar pergaulannya. Sebut saja Avanza-Xenia, Supra-Z4 atau GR86-BRZ. Selain Toyota yang pinjam mobil merek lain untuk diganti logonya dan dijual sebagai sebuah Toyota, merek berlogo tiga elips ini juga pernah meminjamkan mobil mereka untuk diganti logonya.

Mazda 2 terbaru ini adalah bukti nyatanya. Ya, Mazda 2 terbaru kini telah diperkenalkan, dan sosoknya benar-benar sama persis dengan Toyota Yaris. Bukan Toyota Yaris versi Indonesia ya, karena Toyota Yaris Indonesia merupakan Yaris spek Asia Tenggara dan China yang berkode XP150, sementara Mazda 2 versi terbaru ini mengambil basis Toyota Yaris spek Eropa dan Jepang yang berkode XP210. Ada apa dengan Mazda dan Toyota?

Mazda dan Toyota Sudah Ada Kerjasama

Seperti yang bisa diduga, adanya mobil kembar mengindikasikan kemungkinan kerjasama antara dua merek atau lebih. Memang benar, Mazda dan Toyota sendiri sudah ada kontrak untuk bekerja sama dalam membuat produk. Jauh sebelum Mazda 2 me-rebadge Toyota Yaris, Toyota sendiri sudah me-rebadge Mazda 2 untuk dijual sebagai Toyota Yaris di Amerika. Kembali ke Mazda 2 terbaru ini, ia benar-benar tak beda dengan Toyota Yaris.

Mazda tidak mengubah desain body kit atau detail lainnya saat menjadikan Mazda 2 ini, benar-benar hanya mengganti emblem Toyota jadi Mazda. Untungnya, logo Mazda yang mengotak tidak kellihatan “maksa” dan bisa duduk manis di dudukan bumper asli yang berbentuk oval untuk logo Toyota. Pada bagian interior pun semuanya sama, Mazda hanya mengganti bagian tengah setir jadi logo Mazda dan memasang karpet interior bertuliskan “MAZDA 2”.

Pakai Hybrid Toyota, Konsumsi BBM Jadi Super Irit

Karena pakai basis Toyota Yaris, Mazda 2 kini jadi punya pilihan mesin hybrid. Teknologi hybrid Toyota yang ada di Mazda 2 mengandalkan mesin 1.500 cc 3 silinder bertenaga 91 hp yang dikawinkan dengan sebuah motor listrik 79 hp, kombinasi tenaga keduanya dicatat di angka 114 hp. Akselerasi 0-100 ada di angka 9,7 detik, tapi bukan itu yang penting saat membicarakan sebuah hybrid, melainkan betapa irit konsumsi bahan bakarnya.

Mazda 2 dan Toyota Yaris bermesin hybrid kini diklaim bisa sangat irit, yakni sekitar 23 km per liter hingga 25 km per liter. Mazda 2 SkyActiv sekarang pun juga irit, tapi teknologi hybrid memang sangat membantu buat hemat-hematan bensin. Mazda 2 hybrid pun bisa berjalan dengan tenaga listrik tanpa membakar setetes bensin pun, tapi terbatas untuk 1-2 kilometer saja. Apa Mazda 2 di Indonesia juga akan hadir sebagai kembaran Toyota Yaris spek Eropa dan Jepang? Sampaikan opinimu!

Read Prev:
Read Next: