BMW Janjikan Z4 dan Supra Akan Terasa Beda Satu Sama Lain

by  in BMW&International&Toyota
BMW Janjikan Z4 dan Supra Akan Terasa Beda Satu Sama Lain
0  komentar

AutonetMagz.com – Membuat mobil dengan satu sasis atau platform yang sama untuk berbagai model punya keuntungan yang sangat disukai produsen. Hemat waktu dan hemat biaya adalah yang paling jelas. Contoh mobil yang seperti ini ada di Toyota (Innova-Fortuner-Hilux), Honda (Jazz-HRV-City), Suzuki (Swift-Ertiga-Ciaz), BMW Group (Cooper-Active Tourer-Gran Tourer-X1) dan VW AG (VW Golf-Skoda Superb-Skoda Octavia-SEAT Leon-Audi A3).

Masih banyak contoh lain seperti dari Renault-Nissan, tapi itu sudah cukup mewakili. Apa berarti berbagi sasis menjadi solusi sempurna? Tidak juga, sebab dengan berbagi sasis, antara satu mobil dan mobil lain yang sasisnya sama bisa jadi rasa berkendaranya juga sama. Ingat, sasis adalah tulang punggung suatu mobil. Jika ada banyak mobil yang rasa berkendaranya mirip atau bahkan sama persis, apa uniknya satu mobil dibanding yang lain?

Ini juga menjadi perhatian tersendiri kala teknisi BMW dan Toyota berkolaborasi. Ya, di sini kita berbicara mengenai BMW Z4 baru dan Toyota Supra baru. Antara Z4 dan Supra akan memakai platform yang sama, dan di sini muncul pertanyaan,”Bagaimana kalau Z4 dan Supra rasanya nanti sama saja?” Kalau mobil biasa sih masa bodoh, tapi ini mobil sport. Identitas yang tercermin dari bagaimana masing-masing mobil saat dikendarai bakal jadi karakter mereka, jadi tidak boleh sama.

CEO BMW Group Australia, Marc Werner menjanjikan kepada CarAdvice bahwa antara BMW Z4 dan Toyota Supra akan memiliki sifat atau karakteristik yang berbeda, sehingga Z4 tak akan terasa seperti “Glorified Toyota” atau Toyota Supra terasa seperti “Poor Man’s BMW.” “Soal desain, masing-masing akan unik. Tidak hanya dari sisi desain tapi bagaimana rasa dan handling-nya saat dikendarai. Ini akan menjadi produk BMW yang unik, seperti yang Anda harapkan.

Urusan BMW Z4, kita sudah boleh mengintip dari sosok BMW Z4 Concept yang mejeng beberapa bulan lalu. Untuk tipe termurah, Z4 akan dipasang mesin 2.000 cc 4 silinder turbo bertenaga 194 hp, sementara untuk BMW Z4 M40i akan pakai mesin 6 silinder B58 milik BMW. Lalu Toyota Supra? Sempat tersiar kabar kalau ia akan pakai mesin 6 silinder BMW, tapi isu lain malah mengatakan pakai mesin V6 Lexus. Yang pasti, Supra baru dipastikan hybrid. Apa opinimu? Sampaikan di kolom komentar!

Read Prev:
Read Next: