Toyota Yaris 2017 Pakai Platform TNGA-B, Rilis Dalam Hitungan Bulan

by  in International&Toyota
Toyota Yaris 2017 Pakai Platform TNGA-B, Rilis Dalam Hitungan Bulan
0  komentar

AutonetMagz.com – Saat membahas Toyota Yaris, ini adalah model yang di beberapa regional bentuknya beda-beda. Di Indonesia, Thailand dan China, bentuknya seperti yang bisa kita lihat di jalanan di luar jendela, lalu untuk di Timur Tengah, ada Toyota Yaris sedan yang bentuknya sama seperti Toyota Limo.. Maaf, maksudnya Toyota Vios di sini, lalu di Eropa, Yaris hatchback bentuknya seperti foto di atas, dan di Amerika Yaris muncul sebagai rebage dari Mazda 2 sedan.

Ngomog-ngomong Yaris, rupanya Toyota Yaris generasi terbaru akan muncul dalam hitungan bulan dari sekarang, demikian menurut Just Auto. Dengan kode 865A, Toyota Yaris 2017 akan memakai platform TNGA (Toyota New Global Architecture) tipe B, disingkat TNGA-B. FYI, Toyota Prius dan Toyota C-HR juga pakai platform TNGA, tapi entah sama dengan Yaris atau beda. Selain Yaris, Corolla baru konon juga akan pakai platform TNGA, tapi belum dipastikan kapan kehadirannya.

Toyota-Yaris-USA-Mazda2

Basis produksi Toyota Yaris baru tetap tidak berubah, yakni mengandalkan pabrik Toyota di Jepang, Thailand, China dan Prancis. Siklus hidup Toyota Yaris baru juga sudah ditentukan, yakni sampai tahun 2023. Agak cepat ya untuk sebuah Toyota? Soalnya ingat saat Yaris, Kijang Innova dan Fortuner tidak melakukan full model change meski usia modelnya sudah lebih dari 6 tahun? Pembaruannya selalu berupa facelift belaka.

Ah sudahlah, kembali ke cuap-cuap Toyota Yaris 2017 baru. Masih menurut sumber yang sama, Toyota hanya akan memberikan sedikit improvement di mesinnya. Artinya, basis mesinnya masih sama, hanya dioptimalkan saja. Yaris Amerika pakai mesin 1.500 cc 106 hp, Yaris Eropa dapat mesin 1.500 cc hybrid 100 hp, Yaris Thailand pakai mesin 1.200 cc 86 hp.

Toyota-Yaris-Facelift-Terbaru-Indonesia-2017

Mengenai Toyota Yaris di pasar Indonesia, kabar terbaru adalah mengenai TVC alias iklan Toyota Yaris Hykers yang didaftarkan dan diduga akan dijual ke konsumen, lalu berita soal Toyota Yaris facelift di China dengan kumis besar, seolah kumis lele bertransformasi jadi kumis Adam Suseno. Apa ekspektasimu soal Toyota Yaris baru? Ingin tetap dibedakan per regional atau jadi model global seperti Jazz, Swift, Mazda 2, Rio dan i20? Sampaikan di kolom komentar!

Read Prev:
Read Next: