Jualan Tembus 331 Ribu, Toyota Masih Kuasai Pasar Mobil Indonesia

by  in  Berita & Merek Mobil & Nasional
Jualan Tembus 331 Ribu, Toyota Masih Kuasai Pasar Mobil Indonesia
0  komentar

AutonetMagz.com – Secara mengejutkan, pasar otomotif di Indonesia pada tahun 2022 kemarin berhasil membukukan angka yang positif. Untuk segmen kendaraan roda 4 ke atas, GAIKINDO mencatatkan penjualan lebih dari 1 juta unit, yang artinya kondisi saat ini sudah semakin mendekati kondisi sebelum pandemi COVID-19. Dan Toyota lagi-lagi menjadi kampiun dengan menduduki posisi pertama dalam hal penjualan. Mereka berhasil membukan penjualan lebih dari 331 ribu unit dalam 1 tahun. Yuk kita bahas.

Dominasi Sepertiga Pasar Nasional

Sepanjang tahun 2022 kemarin, Toyota Astra Motor (TAM) berhasil membukukan penjualan secara wholesales di angka 331.410 unit. Dengan capaian tersebut, Toyota mendominasi marketshare sebesar 31,6% di pasar otomotif Indonesia. “Kami bersyukur hingga saat ini masih bisa berjalan selaras dengan market serta mempertahankan tren positif pertumbuhan penjualan di sepanjang tahun 2022 mencapai lebih dari 331.000 unit. Kami berharap, tren ini akan terus berjalan kearah yang positif sehingga Toyota dapat turut berkontribusi meningkatkan perekonomian, sekaligus memenuhi kebutuhan mobilitas pelanggan yang beragam,” ujar Vice President PT Toyota-Astra Motor (TAM), Henry Tanoto.

Avanza Jadi Raja, MPV Tetap Dominan

Model apa yang paling laris? Tentunya kalian sudah bisa menebaknya. Yap, Toyota Avanza. Toyota Avanza mampu membukukan penjualan sebanyak 60.619 unit, yang mana meningkat 49% dibandingkan periode yang sama pada tahun 2021 yang hanya sebesar 40.777 unit. Sayangnya, walaupun penjualan Toyota Avanza terbilang tinggi, namun capaian tersebut tak cukup untuk membuat Toyota Avanza bercokol di posisi pucuk penjualan mobil nasional. Salah satu alasannya adalah dipisahkannya penjualan Toyota Avanza dengan Toyota Veloz. Beda cerita jikalau keduanya digabung, dimana capaian penjualan Toyota Avanza dan Veloz ada di angka 92.641 unit alias hampir 1/10 penjualan nasional.

“Penjualan Toyota tahun ini masih didominasi oleh model-model MPV yang menyumbang lebih dari 50% total penjualan 2022 sebanyak 191.010 unit, naik 21% dari tahun 2021. Angka penjualan Toyota sepanjang 2022 cukup merefleksikan kultur masyarakat Indonesia yang mengarah kesana ya. Dimana kemampuan akomodasi barang dan orang dari model MPV yang optimal menjadi favorit masyarakat Indonesia. Kendaraan elektrifikasi juga mengalami peningkatan yang cukup signifikan tahun ini, apalagi dengan kehadiran Kijang Innova Zenix Hybrid. Hasil ini tentu akan menjadi basis bagi Toyota dalam melakukan pengembangan teknologi yang selaras dengan kebutuhan mobilitas masyarakat serta lebih ramah lingkungan,”  kata Marketing Director PT Toyota-Astra Motor, Anton Jimmi Suwandy.

Zenix Muncul, Elektrifikasi Toyota Naik

Di posisi kedua ada MPV legendaris Toyota yaitu Toyota Kijang Innova yang berhasil membukukan penjualan nasional sebesar 46.933 unit. Gabungan penjualan mobil-mobil MPV Toyota selama tahun 2022 kemarin mencapai 52% dari total penjualan Toyota. Artinya, segmen MPV masih menjadi segmen terpenting Toyota di Indonesia. Selain mobil-mobil konvensional, Toyota juga mencatatkan pertumbuhan yang cukup positif di segmen elektrifikasi. FYI, elektrifikasi tidak melulu masalah mobil listrik murni ya gaes. Tapi juga mobil-mobil hybrid. Dan sepanjang 2022 kemarin, kendaraan elektrifikasi Toyota mencatatkan penjualan sebanyak 4.463 unit. Angka ini naik signifikan sebanyak 130% dari tahun 2021 yang tak mencapai 2.000 unit.

Hadirnya varian hybrid dari Toyota Kijang Innova Zenix memberikan dampak yang positif terhadap capaian penjualan kendaraan elektrifikasi Toyota. Nah, bagaimana tanggapan kalian, kawan? Ada yang beli Toyota tahun lalu?

Read Prev:
Read Next: