Chevrolet Spark GT Gagal Total di Latin NCAP, Skor 0 Bintang

by  in  Chevrolet & International & Mobil Baru
Chevrolet Spark GT Gagal Total di Latin NCAP, Skor 0 Bintang
0  komentar

AutonetMagz.com – Sepertinya hasil 0 bintang untuk tes tabrak dari New Car Assessment Program (NCAP) sangat mudah diraih oleh mobil yang tidak punya airbag sama sekali. Mudah untuk menyebutkan daftarnya, misalnya Datsun GO, Renault Kwid, KIA Morning, Hyundai EON, Hyundai i10 dan yang paling baru, Honda Mobilio India yang ada versi tanpa airbag. Untuk yang 2 airbag, Honda Mobilio dapat 3 bintang dari Global NCAP, dan itu cukup okelah meski bisa lebih baik lagi.

Memang, model seperti Datsun GO dan Renault Kwid sudah tobat dan memasang airbag, dan itu bisa menaikkan skor mereka sedikit. Garis bawahi, se-di-kit. Kini, tambah satu lagi mobil yang menorehkan hasil buruk di tes NCAP, yakni Chevrolet Spark rakitan India yang dapat 0 bintang di tes tabrak Latin NCAP. Berarti, sama dengan Hyundai Grand i10 rakitan India yang gatot alias gagal total di Latin NCAP karena sama-sama dapat bintang 0.

chevrolet-spark-iihs-crash-test-good

Bagaimana spek Chevrolet Spark yang diuji Latin NCAP? Sama seperti mobil-mobil yang sudah disebutkan di kalimat kedua paragraf pertama, ia tidak punya airbag. Untuk skor perlindungan orang dewasa dan anak-anak, semuanya bintang 0 di Spark tanpa airbag ini. Miris, soalnya di tes tabrak IIHS, Chevrolet Spark dapat rating “Good”. Jelas sih, karena beda spek fitur safety, kelihatan kok mana yang lebih mementingkan aspek keselamatan dilihat dari hasilnya.

Ini adalah hasil yang mengecewakan untuk General Motors, khususnya pada model yang punya potensi proteksi tinggi, seperti yang diraih saat varian basic Spark yang punya 6 airbags dapat 4 bintang di Euro NCAP tahun 2009. Fakta bahwa harga Chevrolet Spark GT spek Eropa yang punya airbags sama dengan spek Amerika Latin yang tidak punya airbags tidak bisa diterima begitu saja,” kata Alexandro Furas, Sekjen Latin NCAP.

chevrolet-spark-interior

Lihat? Harga Chevrolet Spark GT di Eropa dan Amerika Latin sama, tapi versi Eropa punya airbags, versi Amerika Latin tidak punya. Sudah ketahuan mana market yang lebih dewasa dan minta mobilnya punya perangkat keselamatan yang bagus. Sekalian reminder, ini juga bukan berarti buatan India jelek. Soal perlindungan keselamatan di mobil, mau buatan manapun, baik dari India, Indonesia, Malaysia, Jepang, Rusia, Amerika, Jerman, Turki, Prancis, Inggris, Italia, Korea bahkan Meksiko sekalipun, kalau memang bagus, ya bagus, dan kalau memang jelek, ya jelek.

General Motors pun sedang mengalami skandal di Amerika Selatan karena hasil tes tabrak yang tidak bagus. Mereka telah dihubungi oleh Global NCAP awal tahun ini melalui surat yang dikirimkan ke CEO GM, Mary Barra, meminta perbaikan keselamatan di produk mereka. GM akhirnya mengatakan bahwa pihaknya akan menyediakan 5 M Dollar AS untuk memperbaiki mobil yang dijualnya di seluruh Amerika Latin, dengan memasang 2 airbag dan sabuk pengaman 3 titik di semua baris.

chevrolet spark activ

Lalu, apa kabar Chevrolet Indonesia? Well, sejauh ini untuk mobil jualan mereka yang utama, yakni Trax dan Captiva tidak mengecewakan soal fitur safety, dan semoga hasil tes tabraknya juga bagus, terutama untuk Chevrolet Spark Indonesia. Apa opinimu? Sampaikan di kolom komentar!

Read Prev:
Read Next: