Toyota Gazoo Racing Indonesia Berhasill Raih Gelar Juara Nasional Group M (AWD) di Kejurnas Sprint Rally 2023

by  in  Berita & Merek Mobil & Motorsports
Toyota Gazoo Racing Indonesia Berhasill Raih Gelar Juara Nasional Group M (AWD) di Kejurnas Sprint Rally 2023
0  komentar

AutonetMagz.com – Setelah meraih tiga kali podium pertama secara berturut-turut (hattrick) pada kejurnas Sprint Rally 2023, tim Toyota Gazoo Racing Indonesia (TGRI) akhirnya mampu meraih back-to-back gelar juara nasional Group M (AWD) Kejurnas Sprint Rally. Ryan Nirwan dan navigator Adi Indiarto berhasil memaksimalkan performa GR Yaris AP4 dengan mencatat waktu tercepat pada 3 dari 4 Special Stage (SS) yang dilombakan.

Bagaimana Hasilnya?

Kejurnas Sprint Rally 2023 Seri ke-6 ini diadakan sekalugus merayakan HUT Kabupaten Indramayu. Disana terdapat track yang cukup menantang, dengan karakter medium speed yang cukup menguras konsentrasi. Sebanyak 4 Special Stage (SS) di jalan aspal (tarmac) sepanjang 3,6 km merupakan lintasan balap baru yang belum pernah dilombakan sebelumnya. Alhasil, pembalap harus dapat beradaptasi secepat dan seefektif mungkin dengan rentang waktu yang terbatas.

Ryan dan Adi berkompetisi di kelas M (sedan all-wheel-drive) kategori A dengan GR Yaris AP4 (Asia-Pacific 4WD). Mereka berhasil mencatat waktu tercepat kedua 03:28.6 di SS 1 dan menebusnya di SS 2 dengan catatan waktu tercepat pertama 03:22.6, Sabtu (28/10). Setelah jeda balap, mereka kembali mencatatkan waktu tercepat pertama 03:21.8 di SS 3 dan 03:20.6 di SS 4, Minggu (29/10). Dengan catatan waktu total 13:33.6, pembalap TGRI berhasil meraih podium pertama dengan selisih waktu 02.7 detik.

Berita dari Tim Global

Berita menggembirakan datang dari tim global Toyota Gazoo Racing (TGR), pasangan pembalap Kalle Rovanperä dan co-driver Jonne Halttunen berhasil meraih gelar Juara Dunia Pembalap World Rally Championship (WRC) 2023. Mereka menempati podium kedua di ajang Central European Rally 2023. Mengandalkan GR Yaris Rally1 Hybrid, outstanding performance tersebut menambah gelar Juara Dunia Manufaktur WRC 2023 yang telah dipastikan di Chille Rally sebelumnya.

Alhasil, tim dan pembalap TGR global kembali mengukir rekor sejarah baru di ajang WRC. Gelar ini merupakan gelar juara dunia kedua bagi Kalle Rovanperä dan Jonne Halttunen. Selain itu, prestasi tersebut juga sekaligus gelar juara dunia ke-5 untuk pembalap TGR dengan 3 pembalap berbeda. Sementara perolehan Juara Dunia Manufaktur WRC 2023 merupakan gelar juara dunia ketiga berturut-turut untuk tim rally TGR.

Read Prev:
Read Next: