Toyota Bakal CKD Voxy di Indonesia, Buat Ekspor ke Thailand?

by  in  Berita & International & Merek Mobil
Toyota Bakal CKD Voxy di Indonesia, Buat Ekspor ke Thailand?
0  komentar

AutonetMagz.com – Di Indonesia saat ini, kalau kalian ingin membeli Boxy MPV berukuran medium, maka opsinya hanya ada 2 yaitu Nissan Serena dan Toyota Voxy. Keduanya pun sama-sama berstatus CBU asal Jepang yang membuat stok keduanya kadang tak menentu. Nah, kini beredar kabar yang cukup menarik mengenai Toyota Voxy, dimana Toyota Indonesia kabarnya bakal merakit lokal Voxy di Indonesia. Hmmm, kira-kira kenapa ya? Yuk kita bahas.

Deja Vu Toyota NAV1 di Masa Lalu

Sebelum lebih jauh membahas mengenai rumor CKD dari All New Toyota Voxy, kita flashback sedikit mengenai MPV Boxy Toyota di Indonesia. Kami tak menyinggung sosok Toyota Alphard ataupun Vellfire yang memang sudah sukses semenjak masuk ke Indonesia. Kalian masih ingat Toyota NAV1? Sebuah Toyota Noah yang dirakit lokal di Indonesia dan nasibnya berakhir suram. Kala itu, Toyota nampaknya ingin mengambil kue dari segmen boxy MPV medium yang dikuasai oleh Nissan Serena dan Mazda Biante

Sayangnya, langkah Toyota kala itu kurang pas karena memasukkan Toyota Noah gen lawas ke Indonesia.Gagalnya Toyota NAV1 di Indonesia membuat Toyota belajar banyak dan mereka pun memboyong Toyota Voxy di tahun 2017 silam ke Indonesia. Berhubung pada waktu itu dua raja di segmen ini sudah terlihat usang, maka sosok Toyota Voxy yang CBU Jepang pun langsung laris manis. Bahkan, indennya pun cukup panjang kala itu. Hal yang sama juga terjadi pada All New Toyota Voxy di tahun 2022 kemarin, dimana mobil ini diluncurkan di Indonesia hanya selang 1 bulan dari rilis di Jepang.

Inden All New Toyota Voxy di Indonesia pun langsung mengular karena konsumen juga suntuk dengan opsi dari Nissan yang tak kunjung diberikan penyegaran. Jadi, bisa dikatakan All New Toyota Voxy adalah bukti Toyota yang telah gagal dan bisa bangkit lagi dengan strategi yang lebih pas.

All New Toyota Voxy Bakal Dirakit Lokal

Oke, cukup cerita motivasionalnya. Kabar terbaru yang kami kutip via Headlightmag, menyebutkan bahwa Toyota Motor Corporation akan mengekspor komponen untuk All New Toyota Voxy ke Indonesia. Yang artinya, All New Toyota Voxy akan dirakit lokal di Indonesia dan akan bertugas untuk memenuhi kebutuhan MPV kotak ini di Asia Tenggara. Secara kemampuan, sebenarnya Toyota Motor Manufacturing Indonesia (TMMIN) lebih dari mampu untuk memproduksi All New Toyota Voxy di Indonesia. Kok bisa? Mudah saja, mereka bisa memproduksi All New Toyota Innova Zenix yang secara basis sama-sama menggunakan TNGA-C.

Bahkan, banyak kemiripan antara All New Toyota Voxy dengan Innova Zenix. Selain itu, All New Toyota Voxy juga menggunakan mesin yang sama dengan Innova Zenix, yang membuat peluang TMMIN memproduksi mobil ini makin besar. Selain itu, dengan diproduksinya All New Toyota Voxy, maka ada beberapa keuntungan yang akan dirasakan Toyota Indonesia. Pertama, backorder All New Toyota Voxy yang cukup banyak itu akan bisa dipangkas. Kedua, Toyota bisa menambah komoditas ekspor mereka dengan menjual All New Toyota Voxy ke pasar internasional.

Ketiga, utilitas pabrik TMMIN di Indonesia juga bisa bertambah. Jadi, sebenarnya merakit lokal All New Toyota Voxy di Indonesia punya banyak peluang. Hanya saja, ada juga tantangannya terutama volume produknya. Bagaimana menurut kalian, kawan?

Gallery All New Toyota Voxy

Read Prev:
Read Next: