Toyota Luncurkan Generasi Terbaru dari Alphard – Vellfire, Pakai Platform TNGA-K

by  in  Berita & International & Merek Mobil
Toyota Luncurkan Generasi Terbaru dari Alphard – Vellfire, Pakai Platform TNGA-K
0  komentar

AutonetMagz.com – Tahukah anda, Toyota Alphard atau Vellfire merupakan suatu simbol kemapanan bagi masyarakat Indonesia. Rasanya belum “kaya” kalau belum punya Toyota Alphard atau Vellfire. Generasi pertamanya masuk dari jalur Importir umum dan inilah produk dagangan IU terlaris di masanya. Sehingga mulai generasi kedua, TAM menghadirkan mobil ini secara resmi. Mobil ini cocok bagi mereka yang menginginkan mobil mewah yang nyaman namun tetap bisa membawa orang banyak sesuai dengan budaya guyub sini.

Vellfire (atas) & Alphard (bawah)

Eksterior dan Interior

Kedua mobil ini berdiri diatas platform GA-K dari Toyota New Global Architecture (TNGA). Dengan dimensi Panjang 4.995 mm, lebar 1.850 mm, tinggi 1.945 mm, dan wheelbase 3.000 mm. Pada bagian depan terdapat fender yang lebih berlekuk dan aksen “Z” di bawah jendela. Di bagian depan, terdapat gril besar dengan pola unik untuk membedakan si kembar. Alphard memiliki unit LED DRL di bawah lampu depan, sedangkan Vellfire yang tampak lebih sporty dengan intake bumper yang lebih besar. Di bagian belakang, perbedaan keduanya hanya sebatas grafis lampu belakang LED dan bagian bawah bumper belakang Alphard lebih simpel. Intinya, perbedaan keduanya lebih sulit dikenali dibandingkan generasi sebelumnya.

Interiornya masih dalam format 3-row 6-seater. Dasbornya memiliki kluster instrumen digital 12,3 inci, head-up display berwarna, sistem infotainment 14 inci. Pencahayaan interior kontrol AC, dan ventilasi AC belakang yang tadinya dipasang di atap, di generasi terbaru ini dipindahkan dari samping ke tengah atap yang disebut Toyota sebagai “Super-Long Overhead Console”. Meskipun memiliki dimensi yang mirip, ruang kakinya bertambah 5 mm pada baris kedua dan 10 mm pada baris ketiga.

Pilihan Mesin

Untuk urusan dapur pacu, Alphard menggunakan bensin 2.5 liter 2AR-FE empat silinder naturally aspirated yang menghasilkan 180 hp (182 PS) dengan torsi 235 Nm pada 4,100 rpm. Disalurkan melalui transmisi CVT-i dengan pilihan FWD atau AWD. Sementara Vellfire mendapatkan mesin bensin turbocharged 2.4 liter T24A-FTS bertenaga 275 hp (279 PS) dan torsi 430 Nm. Tenaga disalurkan ke depan atau ke keempat roda melalui transmisi otomatis 8-speed.

Bagian Depan Alphard

Kedua MPV bongsor tersebut juga tersedia dalam bentuk elektrifikasi. Dengan Toyota Hybrid System menggabungkan mesin bensin 2.5 liter dengan satu (FWD) atau dua (E-Four). Motor listrik pada varian E-Four akan menambahkan motor listrik 4NM di bagian belakang, dengan tenaga 54 PS (54 hp/40 kW) dan torsi 121 Nm. Motor listrik hibrida dihubungkan ke logam nikel 5 Ah baterai hidrida (NiMH). Sehingga menghasilkan tenaga total 247 hp (250 PS) dengan torsi 270 Nm. Di masa mendatang, Toyota berencana untuk menambahkan versi Plug-in Hybrid.

Harga Mulai Rp 500 Jutaan

Toyota Alphard dan Vellfire generasi terbaru ini sudah tersedia untuk dipesan di Jepang. Kalian pasti sudah penasara dengan Harganya. Harganya berkisar antara ¥5,400,000-8,720,000 (Rp 569 jutaan – Rp 918 jutaan) untuk Alphard dan ¥6,550,000-8,920,000 (Rp 655 jutaan – Rp 940 jutaan) untuk Vellfire. Berapa harganya bila dijajakan disini? ya kalian tau sendiri lah ya. Bagaimana tanggapan kalian tentang generasi baru dari duet kembar MPV bongsor Toyota ini? sampaikan di kolom komentar.

Read Prev:
Read Next: