Karena Masalah Tertentu, Toyota Recall Lima Produknya! Mobil Anda Termasuk?

by  in  Berita & Merek Mobil & Nasional
Karena Masalah Tertentu, Toyota Recall Lima Produknya! Mobil Anda Termasuk?
0  komentar

AutonetMagz.com – PT Toyota-Astra Motor (TAM) melakukan aktivitas recall atau penarikan kembali produk yang sudah berada di tangan konsumen. Maka dari itu, Toyota Menghimbau untuk pemilik Toyota Sienta, Avanza, Veloz, Vios, dan Yaris Cross dengan tahun produksi tertentu untuk dicek dan diperbaiki komponennya di bengkel resmi Toyota terdekat. Seluruh proses pemeriksaan, pengerjaan, dan penggantian komponen hingga selesai tidak dipungut biaya sama sekali alias gratis.

Toyota Sienta

Untuk Toyota Sienta, berlaku pada tahun produksi Juni 2016 – April 2020. Ada masalah pada Front Garnish Pillar Clip yang berada di pilar depan (pilar A). Ada potensi kebocoran air pada pilar depan karena daya tahan sealer atau penyegel yang kurang maksimal. Ketika hujan deras, Front Garnish Pillar beresiko akan mengalami kebocoran sehingga air dapat mengalir dari pilar depan ke dalam kotak sambungan listrik yang terletak di ruang kaki pengemudi. 

Kalau sampai terjadi kondisi ini, konektor pada kotak sambungan listrik dapat mengalami korsleting. Hal itu menyebabkan gangguan pengoperasian sistem kelistrikan seperti kunci pintu, sistem navigasi, bahkan pintu geser elektrik dapat terbuka secara tiba-tiba saat berkendara di kecepatan berapapun. Hal itu tentunya akan meningkatkan risiko kecelakaan. Durasi pengerjaannya sendiri sekitar 2 – 3 jam di luar menunggu antrian dan proses administrasi.

Toyota Avanza & Veloz

Lalu untuk Toyota Avanza dan Veloz tahun produksi November 2022 ada masalah pada Front Door Side Impact Beam yang kurang sempurna pemasangannya. Sehingga berisiko tidak berfungsi sebagaimana mestinya dan kurang memberikan perlindungan yang optimal saat terkena benturan dari samping. Kondisi ini kemungkinan akan membuat kekuatan pengelasan menjadi tidak mencukupi ketika menghadapi situasi darurat.

Jika mobil dijalankan terus-menerus dalam kondisi ini, bagian las dari Front Door Side Impact Beam dapat lepas saat terjadi benturan dari samping. Sehingga Front Door Side Impact Beam berpotensi tidak berfungsi sebagaimana mestinya. Yang mana hal itu dapat menyebabkan cidera serius saat terjadi kecelakaan. Durasi pengerjaannya sendiri sekitar 3 – 4 jam di luar menunggu antrian dan proses administrasi.

Toyota Avanza, Veloz, Vios, Yaris Cross

Lalu ada masalah pada Front Shock Absorber Nut yang melibatkan banyak mobil. Adapun mobil yang terlibat ialah  Toyota Veloz tahun produksi Oktober 2021 – Agustus 2023, Toyota Avanza tahun produksi November 2021 – September 2023, Toyota Vios tahun produksi Juni 2022 – Agustus 2023, dan Toyota Yaris Cross tahun produksi Mei – September 2023. Disini, torsi pengencangan mur mungkin tidak mencukupi untuk menjaga kekuatannya.

Akibatnya kalau kendaraan dioperasikan terus-menerus dalam kondisi ini, mur dapat menjadi kendor sehingga menimbulkan kebisingan yang tidak normal dan mengganggu penumpang. Dalam situasi terburuk, mur dapat terlepas sehingga mengakibatkan hilangnya kestabilan kendaraan. Tentunya sangat berbahaya jika shock absorber depan bisa terlepas dari dudukannya dan mengakibatkan kecelakaan saat mobil melaju kencang. Durasi pengerjaannya sekitar 0,5 jam atau 30 menit.

Read Prev:
Read Next: